Latest News

Mengapa Domain Blogspot Indonesia Berubah ? Inilah Penjelasannya

 Sejak hari kamis kemudian tepatnya tanggal  MENGAPA DOMAIN BLOGSPOT INDONESIA BERUBAH ? INILAH PENJELASANNYA
domain blogspot.com berkembang menjadi blogspot.co.id

Domain blogspot.com Indonesia berkembang menjadi blogspot.co.id Sejak hari kamis kemudian tepatnya tanggal 3 September 2015 alamat domain blogspot.com di Indonesia berkembang menjadi blogspot.co.id.

Tidak tahu persis jam berapa pihak Google mulai mengalihkan domain tersebut, Kira-kira siang menjelang sore harilah dikala saya buka blog ternyata sudah berubah.

Awalnya memang sempat kaget juga melihat perubahan ini yang secara tiba-tiba, Dan saya pun mencoba untuk membuka blog yang lain yang ternyata juga telah berubah.

Kemudian teringat postingan terdahulu di blog ini ihwal pembagian blogspot barulah saya menyadari bahwa hal tersebut sudah diberlakukan terhadap blog di Indonesia juga.

Sekitar tahun 2013 saya sudah pernah menulis artikel pembagian blogspot berdasarkan negara yang dimulai dari 15 negara dan perubahan akan diterapkan oleh Google secara bertahap. Saat itu Indonesia masih belum terbagi dan gres mulai hari kamis kemarin blogspot.com Indonesia berkembang menjadi blogspot.co.id.

Saya kira bagi Publisher Adsense sering kali melihat alamat menyerupai blogspot.co.uk , blogspot.sg. blogspot.in dan lain-lain (di dalam dashboard Google Adsense ) yang telah terlebih dahulu diterapkan pengalihannya.


Alasan Google merubah blogspot.com menjadi blogspot.co.id



Saya kira alasannya cukup sederhana, Google mendukung kebebasan mengeluarkan pendapat dan ingin gampang mengatur konten yang kontroversial !

Google akan lebih gampang melaksanakan penyeleksian terhadap problem blog kalau ada problem yang terkait aturan lokal dan apabila ada pelaporan ihwal pelanggaran aturan di suatu negara ihwal konten maka akan lebih memudahkan pihak Google untuk melaksanakan kebijakannya yaitu menghapus atau tidak menampilkan konten tersebut di negara itu sendiri.

Konten tersebut tidak akan sanggup diakses di negara tersebut, Tetapi kalau diakses dari negara lain tetap akan tampil menyerupai biasa.


Adakah Cara Mengatasi Perubahan Blogspot.com Menjadi Blogspot.co.id ?



Jawabannya yaitu ada !!

Anda cukup menambahkan ncr ( no country redirect ) di belakang URL, Misalnya http://namablog.blogspot.com/ncr  tekan enter maka domain Anda tidak akan dialihkan secara otomatis oleh Google. ( hanya sementara loh ). Dan akan kembali ke semula dikala clear cache dilakukan.

Cara lain yang lebih permanen yaitu menanamkan instruksi ncr tersebut ke dalam template blog , Caranya :
  • Buka Template >> Edit HTML
  • Cari instruksi <head>
  • Copy instruksi di bawah ini dan letakkan di bawah instruksi <head>
<script type="text/javascript">
var blog = document.location.hostname.split(".");
if(blog[blog.length-1]!="com")
{var ncr="http://"+blog[0]+".blogspot.com/ncr";
window.location.replace(ncr+document.location.pathname);}
</script> 
atau yang satu ini

<script type='text/javascript'> var str= window.location.href.toString(); if ((str.indexOf('.com/'))=='-1') { var str1=str.substring(str.lastIndexOf(".blogspot.")); if (str1.indexOf('/')=='-1') { var str2=str1; } else { var str2=str1.substring(0,str1.indexOf('/')+1); } window.location.href =window.location.href.toString().replace(str2,'.blogspot.com/ncr/'); } </script>
  • Save Template

Nah, Silahkan dicoba script di atas, Tetapi bila blog Anda merupakan blog publisher Adsense saya tidak menyarankan Anda memakai tehnik pengalihan alasannya yaitu kuatir akan melanggar TOS Adsense. Ini hanya rasa khawatir eksklusif saya saja alasannya yaitu belum melaksanakan percobaan, Apabila Anda telah melaksanakan percobaan dan beropini lain silahkan dishare ya.

Pemberitahuan secara resmi dari pihak Google ihwal pencegahan redirect menyerupai di atas tidak diberitakan secara jelas. Hanya ....... berdasarkan pihak Google keutamaan melaksanakan redirect tidak bertujuan mengelabui pengunjung atau mesin pencari contohnya melaksanakan redirect halaman konten yang tidak relavan.


Pengaruh perubahan blogspot.com menjadi blogspot.co.id



Pengalihan suatu domain tentu memperlihatkan imbas terhadap suatu blog, Antara lain yaitu :

1. Alexa Rank dan MOZ

Perubahan yang sangat terasa yaitu kembalinya ke angka 0 pada nilai Alexa Rank dan MOZ rank ( PA dan DA ). Adanya proses pengalihan ini menjadikan domain tersebut dianggap sebagai domain yang gres sehinga perlu adanya penyesuaian. Tetapi tidaklah perlu khawatir alasannya yaitu lambat laun akan kembali ke angka sebelumnya.

2. Penyesuaian Adsense

Untuk mendapat hasil valid dari URL blogspot.co.id tentu Anda harus memasukkan domain gres tersebut ke kolom claimed Adsense  biar sanggup diakui sebagai salah satu alamat blog Anda. Jika tidak maka jangan heran bila pendapatan Adsense tidak akan dibayarkan.

3. Akankah terjadi Duplikat Content ?

Masalah duplikat konten masih menjadi perdebatan, Menurut Saya tidak akan terjadi duplikat konten alasannya yaitu proses pengalihan tidak akan dianggap mesin pencari menuju dua alamat (link) yang berbeda,

Sama halnya bila mengganti domain blogspot.com menjadi domain .COM atau custom domain TLD lainnya tidak terjadi duplikat content.

4. Akankah Kehilangan Pengunjung ?

Jawabannya ialah tidak, Proses pengalihan ini bersifat otomatis mengalihkan alamat usang ke alamat gres sehingga tidak mempengaruhi trafik blog.

Bila ada pengunjung yang mengetikkan alamat blogspot.com maka akan otomatis dialihkan ke blogspot.co.id , Kaprikornus Anda tidak perlu khawatir dengan hal ini alasannya yaitu pihak Google sudah lebih dulu mengantisipasinya.

Ok, Saya kira cukup sekian artikel domain blogspot.com Indonesia berkembang menjadi blogspot.co.id, Semoga sanggup memperlihatkan manfaat.


0 Response to "Mengapa Domain Blogspot Indonesia Berubah ? Inilah Penjelasannya"

Total Pageviews