Latest News

Cak Nun Matematika Termasuk Pelajaran Agama

Cak Nun Matematika Termasuk Pelajaran Agama Cak Nun Matematika Termasuk Pelajaran Agama

Fathoni, NU Online | Senin, 10 April 2017 04:01
Kudus, NU Online

Emha Ainun Nadjib, budayawan asal Jombang melontarkan pertanyaan kepada Nea, siswi SMPN 1 Dawe, Kudus. Pertanyaan yang disampaikannya terkait mata pelajaran (Mapel) yang tergolong pelajaran agama.

“Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Baca Tulis Quran (BTA).” Begitu jawaban Nea siswi kelas 9 tersebut.

Mendengarkan jawaban Nea, budayawan yang kerap disapa Cak Nun itu menjelaskan bahwa semua Mapel tergolong pelajaran agama. Bahkan dia menyebut Matematika juga bab pelajaran agama dan ilmu paling suci.
“4 dikali 5 balasannya 20, dalam kondisi apapun,” katanya dalam Sinau Bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng yang berlangsung di SMPN 1 Dawe, Kudus dalam rangka Reuni Perak 25 Tahun Alumni SMPN 1 Dawe Tahun 1991, Jumat (7/4) lalu.

Menurut Cak Nun di dalam kondisi hujan angin sekali pun atau politik dan sosial yang tidak stabil perkalian itu tidak berubah. Suami dari Novia Kolopaking itu mencontohkan apabila ada orang disuap dengan uang banyak juga tidak akan ada yang mau mengubah jumlah perkalian tersebut.

“Itulah salah satu bentuk kesucian,” terangnya.

Begitu juga lagu, lanjutnya, musik dan lagu tergolong religi atau tidak tergantung nada lagu melainkan bathin hingga kepada Allah atau tidak. (Syaiful Mustaqim/Fathoni)

Sumber: NU online

0 Response to "Cak Nun Matematika Termasuk Pelajaran Agama"

Total Pageviews