Latest News

Spesifikasi Komputer Untuk Server Pulsa Tahan 24 Jam 7 Hari Seminggu

Di tengah desakan ekonomi yang kerap kali dikeluhkan oleh masyarakat Indonesia belakangan ini, sejatinya jikalau kita lebih jeli lagi, ternyata ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan menghasilkan uang. Salah satu peluang bisnis pulsa elektrik yang bisa dilirik yaitu dengan membangun server pulsa semua provider. Bisnis ini pun akan bersinggungan dengan perangkat yang berjulukan komputer. Karena itu, pada kesempatan ini akan diulas lebih dalam mengenai spesifikasi komputer untuk server pulsa elektrik. Akan tetpi, kami akan memulai dengan sekilas sejarah dan bagaimana perkembangan bisnis server pulsa elektrik.
 Di tengah desakan ekonomi yang kerap kali dikeluhkan oleh masyarakat Indonesia belakangan Spesifikasi Komputer Untuk Server Pulsa Tahan 24 Jam 7 Hari Seminggu

Latar Belakang Adanya Server Pulsa

Bisnis pulsa elektrik ini dimulai sejak voucher pulsa elektronik diperkenalkan di tengah masyarakat. Perkembangannya un cukup pesat, lantaran penggunaan voucher elektrik cukup mudah dan pulsa pun menjadi kebutuhan penting bagi pengguna handphone. Sehingga, bisnis semacam ini pun diperkirakan terus berkembang sekaligus mendatangkan laba bagi para penjual. Apalagi, untuk memulai sebuah bisnis penjualan pulsa elektrik tidaklah membutuhkan modal dana besar, pengalaman kerja yang memadai, dan tentunya sangat minim risiko. Bermodal dibawah 100 ribu rupiah pun rasanya setiap orang bisa menjalankannya.

Akan tetapi, pada awal kemunculannya, banyak outlet pulsa yang membutuhkan lebih dari satu unit HP untuk bisa melayani pembelian pulsa. Sebab, pada ketika itu transaksi pengisian harus dilakukan dengan memakai chip dari masing-masing provider yang ada, sebut saja MKIOS (untuk Telkomsel), M-Tronik (untuk Indosat), DOMPUL (untuk XL). Bayangkan, semakin banyak jumlah provider yang  ada, maka sebanyak itu juga chip yang diharapkan dalam bertransaksi.

Chip-chip khusus ini harus dipasang pada HP  penjual pulsa. Kaprikornus jikalau penjual akan menyediakan pulsa dari beberapa provider atau bahkan seluruh provider, maka ia harus menyediakan handphone lebih dari 1 unit. Bayangkan, repotnya menghandle transaksi dari beberapa handphone yang berbeda-beda.

Seiring perjalanan waktu, maka ketidakpraktisan tersebut terjawab dengan adanya sebuah sistem server pulsa. Server pulsa memudahkan proses transaksi saldo antara penjual ke pembeli sehinggap berlangsung lebih praktis, gampang dan cepat. Hanya dengan 1 saldo deposit saja, maka penjual bisa mengisi pulsa elektrik kepada pelanggan dari provider manapun di seluruh Indonesia.

Nah, dalam menjalankan bisnis server pulsa elektrik all operator ini, tentunya perangkat utama yang diharapkan yaitu seperangkat komputer. Pertanyaanya, menyerupai apa spesifikasi komputer yang manis untuk server pulsa elektrik? Berikut gambarannya.

Komputer Untuk Server Pulsa


Pada prinsipnya, spesifikasi komputer server pulsa elektrik tidak ada patokan tertentu. Ini bisa diartikan bahwa semua komputer sejatinya bisa dimanfaatkan untuk server pulsa. Hanya saja, tiap-tiap jenis atau spesifikasi komputer tentu saja akan menunjukkan pengalaman pemakaian yang berbeda-beda pula. Semakin tinggi spesifikasi komputer tersebut, maka akan semakin baik kinerjanya.

Secara umum, komputer yang dipakai untuk server pulsa elektrik sanggup berupa komputer build up ataupun komputer rakitan. Namun berdasarkan beberapa pengalaman pengguna, komputer build up lebih memuaskan jikalau dibandingkan komputer rakitan.

Komputer build up yaitu seperangkat komputer buatan pabrik yang setiap detail komponen pada motherboard-nya dibentuk dalam satu paket oleh pabrik tersebut atau perusaahan pembuatnya. Dengan kata lain, semua perangkat keras atau suku cadang yang dipakai komputer tersebut bermerk sama. Contohnya, komputer dengan brand ASUS, maka otomatis semua perangkat keras yang digunakannya juga bermerk Asus. Begitu juga dengan brand-brand lain.

Berbeda dengan komputer rakitan. Sesuai dengan namanya, komputer rakitan yaitu seperangkat komputer yang dirakit oleh seseorang berdasarkan kebutuhan atau keinginanya. Komputer rakitan ini memang lebih fleksibel, lantaran memungkinkan sang perakit bebas memilih sendiri tinggi rendahnya spesifikasi komputer yang diinginkannya, baik itu mengenai besar kapasitas hardisk sampai kapasitas RAM. Ini bukanlh pekerjaan mudah. Hanya orang-orang yang berpengalaman saja yang bisa melakukannya. Meskipun komputer rakitan ini lebih menguntungkan, namun dari segi kualitas rata-rata masih dibawah komputer build up.

Motherboard Untuk Komputer Server Pulsa Elektrik

Pada serpihan motherboard, komputer untuk server pulsa elektrik minimal dilengkapi  3 slot PCI express. Kemudian banyak pertanyaan bermunculan, mengapa harus demikian?

Hal ini sejatinya akan mempunyai kegunaan untuk menghubungkan modem-modem  dengan komputer tersebut. Tak kalah pentingnya, prosesor yang dipakai minimal yaitu Quad Core atau Dual Core, baik itu AMD maupun Intel. Sebab, komputer yang difungsikan  server pulsa elektrik akan bekerja selama 24 jam. Tanpa prosesor yang mumpuni, maka sudah niscaya perangkat berisiko game over.

Agar kecepatan kinerja  server ini lebih memuaskan, maka komputer idealnya dilengkapi dengan dengan RAM berkapasitas 2 GB. Lalu, apa yang terjadi bila kapasitas RAM komputer kurang dari 2 GB? Begini analoginya, kapasitas RAM yang kurang dari 2 GB tentu akan mensugesti kecepatan kinerja komputer itu sendiri, dengan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi berupa transfer delay yang menjengkelkan. Tetapi, semuanya itu kembali lagi pada daya beli masing-masing individu. Komputer dengan spesifikasi yang  lebih komplit dan RAM berkapsaitas besar tentu lebih mahal ketimbang yang tidak.
Informasi tambahan, kestabilan suhu komputer juga wajib  dijaga. Namanya mesin yang bekerja non stop, dipastikan suhu komputer pun akan meningkat. Mesin yang panas terus menerus juga berisiko menimbulkan kerusakan yang jauh lebih cepat. Khusus untuk laptop/notebook yang dijadikan sebagai server pulsa elektrik, sebaiknya dilengkapi dengan cooling pad.

Salah satu teladan spesifikasi komputer  menyerupai yang disebutkan di atas yaitu denga brand Hewlett-Packard ( HP) Compaq DC7900 Ultra Slim Core 2 Duo 2.93 Ghz PC. Dari sekian banyak spesifikasi komputer yang ada, maka Hewlett Packard Compaq inilah yang paling sering direkomendasikan oleh teman-teman server untuk server pulsa elektrik. Ketahanannya pun telah teruji untuk pemakaian rutin selama 24 jam penuh.

Modem Internet

Selain perangkat komputer, bisnis server penjualan pulsa elektrik ini juga perlu didukung dengan modem. Modem bersifat tidak mutlak ada jikalau rumah atau kawasan perjuangan Anda telah tersedia jaringan internet nirkabel semacam Wi-Fi. Tapi, untuk berjaga-jaga sebagai cadangan jikalau koneksi internet di rumah sedang down, tidak ada salahnya untuk tetap mempunyai modem sebagai perangkat cadangan. Toh, harga modem ketika ini  terbilang jauh lebih murah dibandingkan dulu. Jenisnya pun banyak dan beragam. Ada modem GSM, ada pula CDMA. Saran kami, sebaiknya pilih modem GSM lantaran kecepatannya lebih stabil dibanding kebanyakan modem CDMA.

Modem Transaksi

Satu lagi yang tidak  boleh dilewatkan yaitu modem untuk transaksi. Modem transaksi ini  tidak sama dengan modem internet. Keduanya mempunyai perbedaan fungsi  dan tidak sanggup menggantikan satu sama lain. Bagian yang terpenting dari modem transaksi yaitu terletak pada SMS Center dan SMS Sender. Bagi siapa pun  yang berkeinginan untuk membuatkan bisnis pulsa elektrik ini, maka setidaknya punya 3 modem yang bisa difungsikan sebagai SMS center dan SMS sender.

Ada banyak jenis modem transaksi yang bisa  dipilih sesuai dengan ketersediaan budget masing-masing. Satu dari sekian banyak modem transaksi terbaik yang pernah ada yaitu modempool. Modem ini populer lantaran stabil dan tahan banting dalam hal kemampuannya menjalankan kiprah sebagai SMS Center/Sender maupun untuk meletakkan chip stok puls.

Demikian ulasan artikel seputar spesifikasi komputer untuk server pulsa elektrik. Semoga bermanfaat untuk para pembaca utamanya yang berniat erius ingin berbisnis dalam pulsa elektrik.

0 Response to "Spesifikasi Komputer Untuk Server Pulsa Tahan 24 Jam 7 Hari Seminggu"

Total Pageviews