Latest News

Pengertian Server Pulsa Dan Cara Kerjanya

Pengertian dan Cara Kerja Server Pulsa - Server Pulsa ialah suatu Server yang dipergunakan untuk melaksanakan transaksi pulsa elektrik. Pada perkembangannya, server pulsa di Indonesia  tidak hanya melayani penjualan pulsa untuk komunikasi, tetapi juga melayani pembelian Voucher Token PLN dan  pembelian Voucher Game Online.

Pengertian Server Pulsa

Berbicara perihal bisnis pulsa, maka banyak orang yang sudah tahu mengenai bisnis ini. Bisnis ini banyak ditekuni oleh masyarakat Indonesia alasannya ialah akomodasi dan tidak membutuhkan modal dengan jumlah besar. Hanya denagn modal Rp 50.000 saja kita sudah sanggup menjual pulsa.

Bisnis pulsa elektrik ini berkembang semenjak dikeluarkannya aneka macam jenis voucher elektronik dimana voucher ini jauh lebih gampang pengunaannya dan lebih simpel dalam mengisi  pulsa elektrik.
Banyak outlet-outlet yang menggunakan chip-chip khusus menyerupai contohnya MKIOS ( Telkomsel). MTRONIK ( Indosat), DOMPUL ( XL) dll dalam melayani pembelian pulsa elektrik kepada pelanggannya, Tetapi alasannya ialah jumlah provider di Indonesia  banyak macamnya, maka dipastikan butuh  sebuah chip khusus sesuai dengan jumlah provider yang ada, misal saja kalau ada 10 maka diharapkan 10 chip khusus ini.

Jika tidak mau kerepotan maka kau juga harus membeli handphone sejumlah chip khusus yang akan dipergunakan, kalau mengikuti pola di atas.  Satu handphone untuk satu chip. Kamu punya 10 chip, maka handphone yang diharapkan untuk bertransaksi pulsa juga harus berjumlah 10 buah.

Membayangkan yang demikian, ah..betapa repotnya, selain tidak praktis, penggunaan chip untuk masing-masing provider ini juga membutuhkan yang besar. Bagaimana tidak, untuk menyediakan semua jenis pulsa elektrik pada satu outlet pulsa saja, maka kau harus menyediakan banyak handphone dan melaksanakan order stok ke masing-masing provider, tentu menyita waktu dan tenaga
Disinilah keberadaan server pulsa berperan  yaitu menyederhanakan semua proses pengisian pulsa elektrik ke pelanggan dengan melalui perintah mudah dengan satu nomor handphone, bahkan nmor HP kita sendiri
Sangat gampang sekali kan. Jadi, server pulsa lah yang melaksanakan order stok dari provider dan menyiapkan segala peralatan untuk menunjang transaksi pulsa elektrik, sehingga server pulsa terang memperlihatkan kemudahan, kenyamanan dan kepraktisan yang tidak ingin repot.
Hanya  dengan 1 deposit maka kita sudah sanggup melaksanakan pengisian pulsa elektrik ke semua provider yang ada di Indonesia.
Jadi kesimpulannya, fungsi server pulsa ialah menyederhanakan proses pengisian pulsa elektrik. Berikut citra cara kerja server pulsa.


Server Pulsa – Peralatan

Peralatan yang diharapkan untuk menjalakan Server Pulsa ialah server dengan kualitas yang tinggi alasannya ialah akan melayani  transaksi 24 jam Non Stop.
Maka dari itu, kami   menyediakan paket server pulsa dengan spesifikasi terbaru, alasannya ialah kami melaksanakan upgrading perangkat keras server setiap 1 Tahun sekali yang dilakukan pada Bulan April. Upgrading ini ditujukan biar server kami selalu dalam keadaan optimal untuk melayani puluhan ribu transaksi pulsa elektrik tiap harinya. 
Ironisnya, banyak juga server pulsa yang sengaja “asal-asalan” dalam melayani pelanggannya dngan hanya menggunakan CPU biasa yang digunakan di rumah-rumah, hanya menggunakan spesifikasi komputer yang dibawah Standar.
Bahkan masih ada juga yang menggunakan CPU dengan prosessor jasus pentium III untuk melayani transaksi, jadi cermat  dalam menentukan server pulsa yang baik untuk  memulai bisnis pulsa ini.

Disamping perangkat keras, tentu server pulsa juga membutuhkan adanya  perangkat lunak. Perangkat lunak yang paling utama ialah software server tersebut, alah satunya adah software ROKET PULSA.

Server Pulsa – Business Process


Dari goresan pena tersebut diatas sedikit banyak kita sanggup mengetahui apa itu server pulsa, kegunaan dari server pulsa dan peralatan serta software yang digunakan. 
Mari kita lanjut  dengan proses-proses apa saja yang terjadi pada seperangkat soerver pulsa sehingga transkaksi pulsa kau sanggup berjalan dengan baik dan lancar.

1. Input Server Pulsa
Server pulsa sanggup bergerak atas perintah kita, dan perlu diketahui server pulsa tidak akan melaksanakan acara apapun tanpa ada perintah yang dikirimkan oleh reseller yang sudah terdaftar didalam databasenya. Perintah-perintah yang dikirimkan menyerupai cek saldo, cek harga dll. ialah merupakan sebuah Input bagi server untuk mulai melaksanakan pekerjaan selanjutnya.
Input ini diterima oleh device SMS Center server. Perintah ini ialah sebuah keyword yang sudah ditentukan dari pengelola server , contohnya kalau ingin melaksanakan cek saldo maka  perintahnya  mengetik: S.PIN , maka artinya S ialah keyword bagi server untuk melaksanakan pekerjaan cek saldo.
Contoh kedua ialah transaksi dengan format contohnya : S5.081285001987.1234 , dari format tersebut server akan membaca bahwa kalau baris pertama ialah instruksi produk maka keyword tersebut ialah sebuah perintah untuk melaksanakan transaksi pulsa elektrik. 

2. Proses Server Pulsa

Setelah server pulsa kita mendapatkan input atau perintah, maka yang dilakukan server selanjutnya ialah segera mengerjakan perintah tadi sesuai dengan keyword yang dikirimkan. Misalnya  keyword Cek Saldo yaitu S, maka apabila server mendapatkan keyword S, secara otomatis server  akan membaca Sisa Saldo  kita pada database server dan mengirimkan laporan dalam bentuk yang sudah ditetapkan oleh pengelola server.
Lain halnya dengan transaksi alasannya ialah proses ini memang lebih panjang dari proses cek saldo.
Jika pelanggan mengirimkan format transaksi maka yang pertama dilakukan oleh server ialah mengecek dan memotong saldo sesuai dengan harga pulsa elektrik yang  dieksekusi. Setelah Saldo mencukupi, maka server akan meneruskan perintah pengisian pulsa tadi untuk memasukkannya ke dalam tabel transaksi, kemudian sehabis masuk ke tabel transaksi tersebut, maka transaksi tersebut akan diproses oleh Modul-modul yang ditentukan oleh pengelola Server.
Modul yang terdapat didalam server banyak jenisnya pola kalau ingin melaksanakan transaksi MKIOS dan DOMPUL maka modul yang akan digunakan ialah Modul Dial, tetapi kalau ingin melaksanakan transaksi MTRONIK maka yang dipergunakan ialah Modul STK, 
Modul-modul ini terlebih dahulu telah disetting sedemikian rupa untuk menjalankan perintah transaksi pengisian pulsa elektrik. Lalu sehabis Modul bekerja maka modul tersebut akan memperlihatkan sebuah respon, apakah transaksi sukses ataukah transaksi ini Gagal? Setelah respon status diterima dari Modul maka server pun secara otomatis akan mengirimkan laporannya kepada kita.

3. Output Server Pulsa

Setelah proses input dan proses transaksi dilakukan, maka langkah berikutnya server akan memproses laporan/reply/balasan kepada reseller yang bersangkutan. pekerjaan ini dilakukan oleh sebuah device yang berjulukan SMS Sender, yaitu sebuah device yang melaksanakan pengiriman laporan melalui SMS kepada biro dalam bentuk format yang sudah ditetapkan oleh pengelola. 
Tetapi lain halnya kalau kita mengirimkan format transaksi ke YM Center melalui yahoo messenger, maka yang melaksanakan pengiriman ialah YM Sender sehingga terjadi sinkronisasi antara center dan sender pada server pulsa.
Demikian artikel mengenai pengertian dan cara kerja server pulsa all operator.

0 Response to "Pengertian Server Pulsa Dan Cara Kerjanya"

Total Pageviews