Latest News

Tip Cara Merawat Dan Memelihara Burung Cendet

Burung Cendet / Burung Pentet merupakan salah satu burung predator yang mempunyai bunyi variasi isian yang sangat baik. Banyak Kicaumania yang menganggap perawatan burung jenis ini susah. Sebenarnya, menyerupai ditulis Om Irvan Sadewa di SmartMasterin.Com, merawat burung ini sama mudahnya dengan merawat burung berkicau jenis lain. Burung Cendet yaitu burung cerdas dari keluarga Turdidae.

Cendet termasuk burung favorit untuk para penghobi yang bahagia dengan burung yang bisa menirukan aneka macam bunyi burung lain. Dulu sekitar awal 1990-an, menyerupai ditulis Anang Dewanto dan Maloedyyn Sitanggang di Merawat & Melatih Burung Kicauan, cendet merupakan burung yang belum banyak diminati. Bahkan harganya tidak lebih dari harga burung kutilang. Namun, dalam perkembangannya, orang mengetahui bahwa selain mempunyai bentuk fisik yang indah, ternyata burung ini mempunyai bunyi yang menarik dan sanggup memaster bunyi burung lainnya. Karena itu, berbondong-bondonglah orang berusaha mendapat burung ini dan mencari kualitas yang terbaik.

Tipe bunyi Cendet yang ngerol, cenderung mendominasi bunyi ocehan burung lainnya kalau kita gantang di dalam rumah bersama-sama. Dibanding burung lain, Cendet yang bisa mempunyai lagu variatif (tergantung referensi pemasterannya) ini, mempunyai warna bunyi yang merdu. Meski bisa sangat keras, tetapi tidak memekakkan telinga. Beda dengan warna bunyi burung-burung kicauan lainnya.


Karakter dasar Burung Cendet

Ganas apabila lapar. Burung ini akan berlaku berangasan apabila lapar.
Petarung yang mempunyai teritorial. Apabila mendengar bunyi burung lain atau melihat burung sejenis, maka semangat tempurnya eksklusif berkobar.

Birahi yang cenderung gampang naik. Burung ini sangat gampang naik birahinya, banyak penyebab yang sanggup menciptakan naiknya birahi pada burung jenis ini. Stelan EF (Extra Fooding) yang over, penjemuran yang berlebih atau melihat burung Cendet lain, sanggup dengan cepat menaikkan tingkat birahinya.
Mudah jinak. Karena kemampuan beradaptasinya yang tinggi, maka burung ini gampang jinak kepada manusia.


Ciri Jantan dan Betina Burung Cendet

Untuk membedakan jenis kelamin burung cendet sanggup dilakukan dengan cara mengamati kepingan samping kiri dan kanan burung . Jika di kepingan pipinya ada warna hitam yang mencolok sekali, mengatakan bahwa cendet tersebut berkelamin jantan. Untuk betina, warna hitamnya terlihat semu. Dilihat dari bentuk kepalanya, cendet betina biasanya mempunyai kepala agak menggelembung. Sementara itu, jantannya mempunyai bentuk kepala yang agak ceper mendatar. Untuk lebih niscaya sanggup dilihat di kepingan supit burung. Burung cendet jantan mempunyai supit kecil panjang ditandai dengan motif bulu berupa garis tidak beraturan di kepingan supitnya. Pada betina, bentuk supitnya besar dengan motif bulu garis teratur menyerupai kembang.

Silahkan anda kunjungi artikel yang lainnya mengenai Burung Cendet dibawah ini :

0 Response to "Tip Cara Merawat Dan Memelihara Burung Cendet"

Total Pageviews