Latest News

Pengertian Meta Tag Seo: Title, Description & Verification

Apa yang dimaksud dengan Title Tag, Description, Verification, OpenID, OpenGraph, dll yang tersemat di template blog SEO?

Pengertian, arti dan makna kata "Meta" yakni elemen atau tag dalam pemrograman HTML atau XHTML yang bertugas/berfungsi sebagai pemberi warta metadata dari halaman web.

Elemen meta, umumnya diletakkan di bawah isyarat pembuka <head> di dalam HTML tersebut. Di bawah ini merupakan salah satu Meta Tag yang sering dipakai oleh para blogger:

 yakni elemen atau tag dalam pemrograman HTML atau XHTML yang bertugas Pengertian Meta Tag SEO: Title, Description & Verification

Secara umum, ada begitu banyak Meta Tag yang tersemat di dalam HTML template blogger, dan bahkan fungsinya berbeda-beda. Beberapa diantaranya Meta Tag untuk kata kunci, robot, deskripsi, OpenGraph, OpenID, dan lain-lain.

Pengertian Meta Tag SEO: Title, Description & Verification


1. Meta Tag Keyword


Dilansir dari Wikipedia, Meta Tag Keyword yakni salah satu jenis Meta yang berfungsi menjelaskan isi dari halaman situs tersebut melalui beberapa kata (frasa).

Menurut aku pribadi, Meta Tag kata kunci merupakan Meta yang berfokus pada penargetan kata kunci kepada mesin pencari; yang menjelaskan blog tersebut wacana apa dan berisi konten apa.

<meta content='SEO, Tutorial, Blogger, Blogspot, Templates, Howto, Tips, Trick' name='keywords'/>

Google, melalui pengembangan algoritma Search Engine mereka, membuktikan bahwa Meta Tag Keyword tidak Berfungsi Lagi bagi SEO On Page Google.

Aneh tapi nyata; mesin pencari Bing, Yahoo, Yandex, dll masih mengakibatkan Meta Tag Keyword sebagai salah satu faktor ranking artikel dan blog di mesin pencari mereka.

2. Meta Tag Charset


Meta Tag Charset merupakan spesifikasi karakter Encoding di dokumen HTML.

<meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/>

Di atas merupakan pola bentuk Meta Tag Charset. Umumnya, letak isyarat ini berada sempurna di bawah isyarat <head>.

3. Meta Tag Description


Description merupakan salah satu jenis Meta Tag yang masih "dianggap" oleh mesin pencari mana pun, termasuk Google.

<meta content='500 karakter/huruf' name='description'/>

Di atas yakni salah satu pola Meta Tag dari deskripsi blog. Jika sahabat tertarik dan ingin menggunakannya, silakan pasang di blog masing-masing; sempurna di bawah isyarat <head> atau di atas isyarat </head>.

4. Meta Tag Verification


Meta Tag Verification yakni Meta Tag otorisasi situs; artinya mengaitkan, menghubungkan, atau mendeklarasikan kepemilikan dan publikasi situs kepada mesin pencari.

Praktisnya, fungsi utama dari Meta Tag Verification yakni mengidentifikasi, merekam, dan memunculkan tiap-tiap laman situs yang terdaftar ke Search Engine.

<meta content='KtCx-v7GZzT90lc4avIPw4' name='google-site-verification'/>
<meta content='004C6769C3A1D2BDB238' name='msvalidate.01'/>
<meta content='a55d06c8ce' name='yandex-verification'/>

Di atas yakni beberapa pola Meta Tag Verification. Jika sahabat tertarik, ingin memakai atau memasangkannya di blog, ikuti tutorial cara daftar blog ke Google, Bing, dan Yandex.

5. Meta Tag Title


Pengertian Meta Tag Title yakni Meta Tag yang menyatakan identitas suatu blog wacana apa secara ringkas dan jelas.

Title Tag terdiri dari nama situs dan judul artikel. Pada template blogger biasa, tampilannya kurang lebih sebagai berikut:

<title><data:blog.pageTitle/>Deskripsi Blog</title>
    <title>Deskripsi Blog<data:blog.title/></title>
<title><data:blog.pageName/>Deskripsi Blog</title>

Sedangkan pada template blogger yang sudah SEO Ready, biasanya Meta Tag Title sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga manis untuk kualitas dan kekuatan SEO situs.

6. Meta Tag Open Graph


Open Graph merupakan Meta Tag bab dari Facebook. Fungsinya sebagai Analytics, memunculkan dan memoderasi komentar blog yang memakai widget Facebook Comments.

<meta content='118916478748534' property='fb:app_id'/>
<meta content='198572440681749' property='fb:admins'/>

Di atas yakni beberapa pola tampilan Meta Tag kepemilikan aku yang aku daftarkan ke Facebook Comments. Silakan baca artikel ini: Cara Membuat OpenGraph Facebook.

<meta content='Tips SEO Killer, Template Blogger SEO Friendly &amp; Responsive Gratis Free Download, Berita SEO Algoritma Google, Tutorial SEO Blogspot untuk Pemula.' property='og:description'/>

Sedangkan di atas yakni Meta Tag deskripsi. Sebenarnya, ada begitu banyak jenis Meta Tag dari Facebook.

Apabila sahabat tertarik, apalagi sahabat merupakan seorang blogger yang sedang mencari template blogger Premium, maka SEO Kraken yakni pilihan utama.

Di dalam SEO Kraken Blogger Theme sudah tersemat banyak sekali isyarat Meta Tag yang menunjang kualitas dan kekuatan SEO sebagaimana mestinya.

7. Meta Tag Robots


Meta Tag Robots yakni suatu Tag yang bertugas mengizinkan mengindeks (indexing) atau tidak mengindeks (noindex) Crawler terhadap suatu laman.

Umumnya, Arsip Blog merupakan bab laman yang sengaja memang tidak di indeks oleh Robots alasannya yakni berkaitan dengan SEO Optimized.

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'>
   <meta content='noindex,nofollow' name='robots'/>
</b:if>

Di atas merupakan salah satu pola dari Meta Tag Robots yang memerintahkan supaya Crawler mesin pencari tidak mengindeks halaman arsip.

Mungkin itu saja pembahasan kali ini wacana Meta Tag SEO yang terdiri dari Title Tag, Description, Verification, OpenID, OpenGraph, dan lainnya.*

0 Response to "Pengertian Meta Tag Seo: Title, Description & Verification"

Total Pageviews