Latest News

Efek Perubahan Blogspot .Com Menjadi Blogspot .Co.Id

Penjelasan Efek, Dampak atau Pengaruh serta Alasan Kenapa URL domain Blogspot .Com Berubah menjadi Blogspot .Co.ID?

Apa alasan, penyebab, dampak serta imbas ancaman atau jelek bagi blog atau situs atas pergantiannya domain [namablog].blogspot.com menjadi [namablog].blogspot.co.id?

Tepat pada hari ini, kamis (siang), 3 September 2015, Google kembali melaksanakan perubahan terhadap mesin pencarinya. Perubahan tersebut yaitu berubahnya alamat domain Blogspot.Com (Internasional) menjadi Blogspot.Co.ID (Indonesia).

Dari banyak sekali info dan informasi yang beredar, semua tayangan iklan Google AdSense di blog yang masih memakai domain gratisan (Blogspot) akan hilang, tidak muncul, atau tidak tampil.

 Dampak atau Pengaruh serta Alasan Kenapa URL domain Blogspot  EFEK perubahan Blogspot .Com menjadi Blogspot .Co.ID

Beberapa di antaranya menyebutkan bahwa peringkat situs di Alexa Rank menjadi membengkak, terjadinya Duplicate Content, dan hilangnya jejak sejarah umur suatu blog yang terekam di arsip Google.

Penjelasan Kenapa Blogspot .Com menjadi Blogspot .Co.ID


Pada laman Redirect Blogspot to Country Specific URLs, dijelaskan bahwa pergantian akhiran Domain ini sebagai bentuk pendekatan Google terhadap konten lisan bebas dan kontroversial.

Pada dasarnya, apabila sebuah konten melanggar aturan setempat, baik yang dilaporkan atau menurut laporan Googlebot, maka konten tersebut tidak akan terbaca di negara tersebut.

Dikenal sebagai Redirect URLs, yakni pengalihan sebuah URLs mengikuti sebuah negara. Jika USA maka akhirannya .Com (dot-kom), Indonesia .Co.ID (dot-ko dot-aidi), Jepang .Co.JP (dot-ko dot-jepe), dll.

Berikut ini beberapa fakta dari perubahan [namablog].blogspot.com ke [namablog].blogspot.id yang bersumber pribadi dari laman resmi Google.

EFEK Perubahan URL Domain Blogspot .Com menjadi Blogspot .Co.ID


1. Custom Domain, -- Top Level Domain


Jika teman memakai Custom Domain atau Top Level Domain, maka tidak akan ada imbas atau imbas yang akan didapatkan dari peralihan akhiran alamat domain blog ini.

Seperti yang kita tahu, ketika ini TLD mendukung untuk Country Indonesia, .ID atau dot-Ai-Di. Sebaik-baiknya domain TLD untuk Indonesia yaitu "NamaBlog.ID", selanjutnya "NamaBlog.Com." alasannya yaitu "NamaBlog.ID" akan diutamakan di halaman pertama Google.

2. Domain Blogspot


Perlu ditekankan, tidak ada perbedaan sama sekali dari pengalihan URL domain negara ini.

Sobat ingin menulis, mengedit atau mengedit Theme atau template blogger? Tetap akan dilakukan di situs resminya: https://www.blogger.com/.

3. EFEK dari sisi SEO


Jika di lihat dari segi SEO, di bulan-bulan pertama semenjak pengalihan atau Redirect URLs Country ini, efeknya begitu terasa.

Jika di bandingkan dengan tahun 2015 dengan ketika ini (tahun 2015), malah Redirect URLs Country ini efeknya manis buat SEO On Page Google.

4. Duplicate Content


Entah bagaimana ceritanya, Duplicate Content masih terjadi meski pun sudah di tahun 2018.

Namun teman tidak perlu khawatir alasannya yaitu Google telah membuktikan bahwa Duplicate Content bukanlah masalah. Google menyadari hal ini dan mereka tahu apa yang harus dilakukannya.

5. Otorisasi Situs yang Membingungkan


Otorisasi situs yaitu registrasi URL situs ke Google AdSense, -- semoga semua perhitungan menyerupai CPC, RPM, dan lain-lain sanggup di anggap valid oleh AdSense.

Masalahnya, situs yang memakai metablogging sebagai konten utamanya, biasanya akan mendapat kunjungan trafik dari banyak sekali negara menyerupai Jepang, Thailand, Malaysia, dll.

Sebagai contoh, situs ini misalnya: https://super-sip.blogspot.com//

Ketika dikunjungi dari negara Jepang, maka URL-nya akan Redirect secara otomatis menjadi:

https://tipsseokiller.blogspot.co.jp/

Jika terjadi klik pada iklan AdSense sedangkan URL-nya yang beralamatkan:

https://tipsseokiller.blogspot.co.jp/

... tidak di Otorisasi Situs-kan, maka klik tidak akan di anggap SAH oleh AdSense.

Disinilah rumitnya. Jadi, ada 2 hal yang sanggup teman lakukan pada ketika ini:

  1. Mendaftarkan alamat blog menurut URL dari banyak sekali negara-negara semoga setiap perhitungan AdSense di anggap SAH
  2. Custom Domain, meningkatkan level domain dari Blogspot (gratis) menjadi .Com (dot-kom), .Co.ID (dot-ko dot-aidi), .Org (dot-org) dan TLD-TLD lainnya.

6. Penurunan Organic Traffic yang Drastis


Ketika pengalihan atau Redirect URLs ini terjadi, semua situs yang masih memakai domain gratis Blogspot.Com, akan mengalami penurun trafik organik secara drastis.

Memang lho efeknya tidak begitu lama, alasannya yaitu nyatanya, lambat tapi pasti, Organic Traffic kembali stabil menyerupai sediakala.

7. Alexa Rank yang Membesar


Karena penurunan trafik situs yang cukup drastis, menciptakan Alexa Rank yang awalnya kecil menjadi membesar.

Hal ini sangat masuk akal alasannya yaitu mengingat Alexa Rank yaitu situs yang bertugas mengukur kualitas sebuah situs web menurut trafik atau kunjungan situs dari situs tersebut.

8. Iklan Google AdSense kembali Muncul


Ketika pertama kali terjadi perubahan Blogspot .Com menjadi Blogspot .Co.ID, hampir semua iklan Google AdSense hilang begitu saja.

Untungnya, SEO Killer Tips tidak mengalami dilema ini. Anehnya, beberapa situs di luar sana mengalami hilangnya tayangan iklan dari AdSense. Saya sendiri tidak tahu apa alasannya dan penyebabnya kenapa.

Well... menyerupai yang teman lihat diberbagai blog, kini iklan AdSense kembali muncul menyerupai sebelumnya.

9. Backlink, Domain & Page Authority, InBound/OutBound Link


Sobat bahagia memakai Tools untuk mengukur atau mengecek banyaknya Backlink, Domain dan Page Authority serta InBound/OutBound Link yang didapatkan?

Masalahnya, pengalihan domain menurut negara ini memperlihatkan imbas buruk, -- yang mana beberapa poin di atas tidak akan terbaca di banyak sekali Tools pengecek Backlink, Authority, dan InBound/OutBound Link.

Ketika situs dialihkan ke Custom Domain, pengecekan sanggup dilakukan. Merasa terganggu? Saya pribadi, IYA.

Setelah membaca klarifikasi efek, dampak atau imbas serta alasan kenapa URL domain Blogspot .Com bermetamorfosis Blogspot .Co.ID; bagaimana pendapat sobat?

Referensi Artikel:

Pengalaman Blogging selama 3 tahun
https://support.google.com/blogger/answer/2402711?hl=en
https://super-sip.blogspot.com//search?q=free-expression-and-controversial
https://support.google.com/blogger/answer/2402711?hl=id

0 Response to "Efek Perubahan Blogspot .Com Menjadi Blogspot .Co.Id"

Total Pageviews