Latest News

Virus Zika Asal Mula Tanda-Tanda Ancaman Dan Pencegahan

Berbagai macam virus telah ditemukan di dunia ini. Ada yang sudah beusia puluhan bahkan ratusan tahun, ada pula benar benar gres ditemukan. Beberapa dari virus tersebut sudah ada yang ditemukan obatnya dan ada pula yang belum ditemukan cara mengobatinya. Sifat sifat dari virus inipun beragam, ada yang jinak dan ada yang ganas. Masih tak lepas dari ingatan kita bagaimana virus Ebola menyerang insan dan masih belum ditemukan obatnya, sekarang muncul lagi di masyarakat virus yang dikatakan ganas alasannya sanggup menyerang bayi dalam kandungan. Virus yang berjulukan Zika ini dikatakan akan menjadi epidemi kalau tidak segera ditanggulangi. Untuk mengetahui lebih lanjut dari penyakit ini, kami rangkum dalam virus zika asal mula, gejala, ancaman dan pencegahan yang kami dapatkan dari beberapa sumber.

Sejarah Asal Mula Virus Zika


Sahabat anehdidunia.com virus ini pertama kali ditemui pada tahun 1947 dan berasal dari Monyet Rhesus di Hutan Zika, Uganda, Afrika. Virus ini diberi nama Zika dimana kata zika diambil dari nama hutan zika yang merupakan hutan dimana kera yang terserang virus zika ini untuk pertama kalinya ditemukan. Virus zika sendiri diketahui mulai menjangkit serta menginfeksi badan insan di tahun 1950 terutama di daerah Afrika serta Asia yang merupakan tempat khatulistiwa, sedangkan infeksi virus ini banyak terjadi pada tahun 1968 tepatnya di daerah Nigeria.

Virus zika sendiri merupakan salah satu jenis virus yang berasal dari genus flavivirus dengan family flaviviridae. Zika kemudian diketahui mulai menyebar ke daerah timur pada tahun 2014 melintasi samudera pasifik menuju polinesia Perancis. Tahun 2015, zika mulai menyebar sampai pulau paskah sampai amerika tengah, Karibia, sampai Amerika selatan. Seiring dengan perkembangannya, virus zika berkembang dan menyebar serta menginfeksi ke dalam badan insan sampai lebih dari 20 negara yang berada di benua Amerika khususnya pada daerah-daerah tropis.

Penyebaran Virus Zika

Penyebaran virus zika via bbc.co.uk
Seperti yang sedang santer diberitakan oleh beberapa media, ternyata penyebaran virus ini dilakukan oleh nyamuk. Sahabat anehdidunia.com nyamuk Aedes aegypti ialah pembawa yang paling umum dari penyakit ini dan Aedes albopictus ialah nyamuk lain yang juga berpotensi. Mereka berasal dari Afrika dan Asia. Aedes albopictus, yang juga dikenal sebagai nyamuk macan Asia dengan ciri garis-garis putih, dianggap spesies nyamuk yang paling agresif. Kedua spesies biasanya menggigit pada siang hari dan pada sore hari, sehingga kelambu untuk tidur malam dianggap tidak begitu mempunyai kegunaan untuk mecegah Zika. Setiap spesies juga sanggup menginfeksi orang dengan demam berdarah, chikungunya, dan demam kuning. Jika ada hal lain yang sanggup menularkan virus ini dan ditemukan oleh peneliti, akan kami update secepatnya.

Gejala Terkena Virus Zika


Beberapa pakar melihat adanya banyak kesamaan tanda-tanda antara demam berdarah dengan demam Zika. Keduanya sama-sama diawali dengan demam yang naik turun serta rasa linu jago pada persendian dan tulang. Kadang juga disertai mual, pusing, rasa tidak nyaman di perut dan disertai rasa lemah dan lesu yang hebat. Beberapa kesamaan sebagai tanda-tanda awal menciptakan penyakit ini diidentifikasi secara keliru dengan penyakit demam berdarah. Namun gotong royong terdapat beberapa tanda-tanda khas yang sanggup membedakan keluhan infeksi Zika Virus dengan penyakit demam berdarah, beberapa tanda khusus tersebut antara lain:

Demam cenderung tidak terlalu tinggi, kadang maksimal hanya pada suhu 38 derajat celcius. Cenderung naik turun sebagaimana tanda-tanda demam berdarah, tetapi tidak terlalu tinggi. Muncul beberapa ruam pada kulit yang berbentuk makulapapular atau ruam melebar dengan benjolan tipis yang timbul. Sahabat anehdidunia.com terkadang ruam meluas dan membentuk semacam ruam merah renta dan kecoklatan yang mendatar dan menonjol. Muncul rasa nyeri pada sendi dan otot, kadang disertai lebam dan bisul pada sendi dan otot mirip terbentur dan keseleo ringan. Kerap muncul keluhan infeksi mata mirip konjungtivitas dengan mata kemerahan. Kadang warna sangat berpengaruh pada bab dalam kelopak sebagai tanda munculnya ruam pada bab dalam kelopak mata.

Bahaya Virus Zika


Zika menjadi permasalahan luas bukan hanya di Brasil tetapi di belahan dunia lainnya semenjak pertengahan 2015. Hal itu terjadi sesudah sekitar 500.000 penduduk tertular virus ini. Lalu menjelma 1,5 juta penduduk yang tertular. Penyebaran Zika bertepatan dengan peningkatan tajam jumlah bayi yang menderita microcephaly, yaitu suatu kondisi di mana otak janin tidak tumbuh ke ukuran penuh dan menyebabkan bayi lahir dengan kepala absurd berukuran kecil.

Berdasarkan laporan The Wall Street Journal, antara 2010 dan 2014, Brasil mempunyai rata-rata 156 bayi yang lahir dengan microcephaly setiap tahun. Tapi pada tahun 2015, lebih dari 3.000 bayi lahir dengan kondisi tersebut. Virus Zika sebuah virus gres yang menghebohkan dunia telah menyebabkan cacat lahir yang serius pada ribuan bayi di Brasil. Sebenarnya Zika telah dikenali sebagai penyakit yang umumnya tidak berbahaya. Zika ditandai dengan tanda-tanda mirip ruam, demam, rasa sakit pada sendi, dan mata merah. Bahkan, sekitar satu dari empat orang yang terinfeksi virus ini sanggup jadi tak menyadarinya.

Pencegahan Virus Zika

Pencegahan Virus Zika via lifestyle.bisnis.com
Mencegah dari gigitan nyamuk yang di dalam tubuhnya mengandung virus Zika ialah cara menghindari infeksi virus ini. Salah satu langkahnya dengan mengurangi sumber kembang biak nyamuk serta mengurangi kontak dengan binatang ini. Bisa dengan memakai obat nyamuk, pakaian yang melindungi sebagian besar badan dan sebaiknya berwarna terang, tidur memakai kelambu. Membersihkan ember, pot bunga, bak, serta tempat-tempat lain yang berpotensi jadi tempat hidup nyamuk berperan besar mengurangi risiko terinfeksi. Bagi mereka yang belum sanggup menjaga dirinya sendiri, mirip anak-anak, orang sakit dan lansia berikan perhatian khusus.

Dalam kaitannya memberantas zika ini, kami mencoba mengulas virus ini yang belum ditemukan penawarnya. Semoga dengan artikel asal mula serta gejala, ancaman dan pencegahan virus zika ini menambah pengetahuan anda. Mari kita sama sama untuk menghindari keluarga tercinta kita dari serangan virus ini dengan tetap menjaga kebersihan dan waspada akan keberadaan nyamuk. TEtap kami berdoa biar semua kondusif dan jauh dari kebringasan virus zika ini.


referensil:
/search?q=negara-yang-royal-pada-warganya
http://health.ijomuda.com/fakta-tentang-sejarah-penemuan-virus-zika/
https://www.deherba.com/apa-itu-zika-virus.html
http://klinikanakonline.com/2016/01/26/kenali-bahaya-virus-zika-dan-permasalahannya

0 Response to "Virus Zika Asal Mula Tanda-Tanda Ancaman Dan Pencegahan"

Total Pageviews