Latest News

Bagaimana Cara Meningkatkan Alexa Rank?

Bagaimana Cara Meningkatkan Alexa Rank? - Saat menuliskan artikel ini bantu-membantu Alexa rank saya terancam drop. Soalnya dalam 5 hari terakhir rupanya backlink saya disedot juga oleh sesama penyedot backlink. Kaprikornus dikala ini saya sibuk berbenah dulu di backlink. Selain itu saya juga sekalian melaksanakan restrukturisasi pada kategori blog.

Tapi tidak apa-apa kalau kita membahas sedikit perihal alexa rank ini dan cara meningkatkannya....

Apa itu Alexa.com?

Alexa.com yaitu sebuah situs yang menawarkan sistem peringkat kepada semua website/blog di seluruh dunia. Sistem kerjanya secara sederhana mengandalkan para pengguna alexa toolbar di seluruh dunia dalam memilih peringkat. Semakin kecil peringkat yang diberikan, maka semakin baik jumlah dan kualitas traffic blog tersebut.

Penggunaan alexa toolbar sebagai media vote inilah yang membuatkan rumor bahwa memasang alexa toolbar pada browser sanggup meningkatkan ranking. Apakah benar demikian? Saya baru-baru ini mencoba menghitung beberapa faktor dan hasil hitungannya nanti saya coba jabarkan di bawah.

Bagaimana Perhitungan Ranking Alexa?

Seperti sudah ditulis di atas, Alexa rank itu ditetapkan dengan memakai data yang di sanggup dari para pengguna Alexa toolbar di seluruh dunia. Toolbar ini yang mengirim data ke situs alexa.com untuk kemudian menjadi materi perhitungan penetapan ranking. Data apa saja yang dipakai oleh alexa.com? Alexa.com menyampaikan bahwa mereka memakai data "reach" dan "pageview"

Reach yaitu persentase jumlah pengguna unik alexa toolbar yang mengunjungi sebuah website. Kita beri aksentuasi pada kata "pengguna unik", artinya satu pengguna alexa toolbar hanya akan dipandang sebagai orang yang sama walaupun melaksanakan beberapa kali kunjungan pada hari yang sama.

Pageview yaitu jumlah URL unik yang dilihat dari sebuah website atau blog pada hari yang sama oleh seorang pengguna unik. Artinya kalau URL tersebut dibuka berkali-kali tetap saja akan dihitung sebagai satu pageview pada hari tersebut.

Gabungan kedua faktor ini pada satu sisi menciptakan tips "Gunakanlah toolbar kalau ingin alexa meroket" sanggup jadi berguna, tapi pada batas tertentu tips ini tidak akan mempunyai kegunaan lagi. Kenapa? Karena mustahil sebuah toolbar sanggup melawan vote dari jutaan toolbar di luar sana.

Kaprikornus kalau blog anda berada pada peringkat 1.000.000 ke atas, sanggup jadi trik ini masih akan berpengaruh. Tetapi kalau sudah melewati di bawah 1.000.000, maka ini akan semakin sulit. Mari berharap agar pengunjung blog anda yang sudah mulai bertambah banyak itu juga memakai alexa toolbar pada browsernya. Jika tidak traffic blog anda sanggup terhambat dan lebih parah lagi sanggup terjun bebas kalau anda tiba-tiba tidak sanggup online.

Blog saya sendiri kehilangan traffic sampai 33%. Hanya saja alexa saya masih cenderung di kisaran 400.000-500.000 sebab para pengunjung blog ini membaca cukup banyak artikel.... Sebagai pola kasus sanggup lihat tampilan sikap pengunjung blog ini pada gambar hasil screenshot dari histats.com di bawah ini (yang diberi kotak merah yaitu jumlah pageview)
 Saat menuliskan artikel ini bantu-membantu  Bagaimana Cara Meningkatkan Alexa Rank?

Bagaimana Cara Meningkatkan Alexa Rank?

Saya intinya tidak terlalu peduli dengan alexa rank. Saya lebih memikirkan traffic blog daripada angka yang dirilis oleh alexa.com ini. Tapi bagi anda yang memakai blog untuk mencari uang, maka indikator alexa rank ini sanggup jadi sangat penting.

Solusi pertama, tentu saja dengan meningkatkan traffic blog anda. Jika saudara belum menerima banyak traffic silahkan membaca artikel bagaimana cara meningkatkan traffic blog? Tentunya dari sekian banyak pengunjung yang datang, niscaya ada sekian persen pengguna alexa toolbar.

Kemudian, sadarilah bahwa orang pertama yang harus memberi vote pada blog anda tentu saja anda sendiri. Kaprikornus silahkan memasang alexa toolbar pada browser dan mulailah membuka artikel-artikel anda. Setelah itu mulailah mendorong pengunjung blog anda untuk ikut memakai alexa toolbar ini (alexa sparky pada firefox). Karena semakin kecil alexa rank, maka semakin besar pula dorongan yang dibutuhkannya. "Tangan anda sendiri" tidak akan sanggup mendorong alexa rank menembus 500.000.... anda butuh dukungan pengunjung.

Kaprikornus demikianlah tips bagaimana cara meningkatkan alexa rank. Tips ini bantu-membantu sudah banyak di internet, tapi mudah-mudahan klarifikasi di atas sanggup menciptakan anda lebih memahami latar belakang atau teori dasar dari tips tersebut. Terima kasih sudah berkunjung.

0 Response to "Bagaimana Cara Meningkatkan Alexa Rank?"

Total Pageviews