Latest News

Syarat Tumbuh Tanaman Alpukat/ Avokad

Syarat Tumbuh Tanaman Alpukat/ Avokad - . Dalam menanam alpukat supaya tumbuhan sanggup tumbuh dengan baik sebaiknya memperhatikan beberapa hal. Berikut merupakan Syarat Tumbuh Tanaman Alpukat/ Avokad yang perlu diperhatikan tersebut. 


A. Media Tanam
  1. Jenis tanah yang baik untuk pertumbuhan alpukat yaitu jenis tanah lempung berpasir (sandy loam), lempung liat (clay loam) dan lempung endapan.
  2. Tanaman alpukat semoga tumbuh optimal memerlukan tanah gembur, tidak gampang tergenang air, (sistem drainase/pembuangan air yang baik), subur dan banyak mengandung materi organik.
  3. Keasaman tanah yang baik untuk pertumbuhan alpukat berkisar antara pH sedikit asam hingga netral, (5,6-6,4). Bila pH di bawah 5,5 tumbuhan akan  menderita keracunan alasannya yaitu unsur Al, Mg, dan Fe larut dalam jumlah yang cukup banyak. Sebaliknya pada pH di atas 6,5 beberapa unsur fungsional menyerupai Fe, Mg, dan Zn akan berkurang.

B. Iklimnya
  1. Curah hujan minimum untuk pertumbuhan yaitu 750-1000 mm/tahun. Jenis Alpukat Ras Hindia Barat dan persilangannya tumbuh dengan subur pada dataran rendah  beriklim tropis dengan curah hujan 2500 mm/tahun. Untuk tempat dengan curah hujan kurang dari kebutuhan minimal (2-6 bulan kering), tumbuhan alpukat masih sanggup tumbuh asal kedalaman air tanah maksimal 2 m.
  2. Angin diharapkan oleh tumbuhan alpukat, terutama untuk proses penyerbukan. Namun demikian angin dengan kecepatan 62,4-73,6 km/jam sanggup dapat mematahkan ranting dan percabangan tumbuhan alpukat yang tergolong lunak, ringkih dan gampang patah.
  3. Kebutuhan cahaya matahari untuk pertumbuhan alpukat berkisar 40-80 %. Untuk ras Meksiko dan Guatemala lebih tahan terhadap cuaca masbodoh dan iklim  kering, jikalau dibandingkan dengan ras Hindia Barat.
  4. Suhu optimal untuk pertumbuhan alpukat berkisar antara 12,8-28,3 derajat C. Mengingat tumbuhan alpukat sanggup tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi, tumbuhan alpukat sanggup mentolerir suhu udara antara 15-30 derajat C atau lebih. Besarnya suhu kardinal tumbuhan alpukat tergantung ras masing-masing, antara lain ras Meksiko mempunyai daya toleransi hingga –7 derajat C, Guatemala hingga -4,5 derajat C, dan Hindia Barat hingga 2 derajat C.
C. Ketinggian Tempat Tanam
  • Pada umumnya tumbuhan alpukat sanggup tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi, yaitu 5-1500 M dpl. Namun tumbuhan ini akan tumbuh subur dengan hasil yang memuaskan pada ketinggian 200-1000 m dpl. Untuk jenis alpukat Meksiko dan Guatemala lebih cocok ditanam di tempat dengan ketinggian 1000-2000 m dpl., sedangkan ras Hindia Barat pada ketinggian 5-1000 M dpl. [baca juga artikel wacana Budidaya Alpukat, manfaat alpukat untuk kesehatan]
  Demikian artikel wacana Syarat Tumbuh Alpukat, Semoga bermanfaat

0 Response to "Syarat Tumbuh Tanaman Alpukat/ Avokad"

Total Pageviews