Latest News

Cara Santunan Pakan Ikan Lele

Cara Pemberian Pakan Ikan Lele – . Jika kita sebagai orang yang membudidayakan lele, maka harus mengetahui cara dukungan pakan ikan lele yang benar, sebab akan kuat besar dlm kesuksesan produk yang dihasilkan dari  budidaya ternak ikan lele. Sebaliknya, kesalahan mengenai tata cara dukungan pakan ikan lele dpt  berakibat buruk, dr benih atau bibit lele yang gampang terjangkit penyakit hingga dgn kondisi yang paling fatal yaitu matinya ikan lele yang dibudidayakan.

Cara dukungan pakan ikan lele ketika pembenihan dan pembesaran intinya tdk terlalu berbeda, namun ada perbedaan paling fundamental yaitu hanya pada pakan alami dan pakan tambahan. Pada ketika pembenihan ada dukungan pakan alami berupa cacing sutera pada ketika larva berumur lima hari, sementara pada segmen pembesaran jarang sekali adanya dukungan cacing sutera, sementara pada ketika pembesaran, dukungan pakan pelengkap berupa ayam tiren dan lainnya yang sejenis. Tata cara dukungan pakan ikan lele mencakup 3 hal :

1. Waktu Pemberian Pakan Ikan Lelel
  • Aturan/ cara dukungan pakan ikan lele yang pertama yaitu tahu kapan waktu dukungan pakan, ini merupakan hal yang sangat penting, selain harus mengatur waktu dukungan pakan lele sesuai dgn jadwal yang tlah ditentukan, baik yang memakai tiga kali sehari atau lima hingga dgn enam kali sehari (setiap 3 jam). Pemberian pakan lele tdk boleh dimulai terlalu pagi atau lebih tepatnya sebelum jam sembilan pagi, hal ini bekerjasama dengan pencemaran. Jika sebelum jam sembilan pagi permukaan air kolam masih terkotori oleh zat-zat yang merugikan yang dibawa oleh udara, sehingga kalau dukungan pakan ikan lele terlalu pagi maka pakan akan tercampur dgn zat-zat tersebut sanggup meracuni dan berbahaya bagi kesehatan ikan lele. Penyakit yang sanggup ditimbulkan dr kebiasaan memperlihatkan pakan yang terlalu pagi adl radang insang, yang diakibatkan oleh parasit.
2. Persiapan Pemberian Pakan Ikan Lele
  • Persiapan dukungan pakan untuk pelet, sebaiknya para peternak ikan lele harus membiasakan membibis (membasahi pelet dgn air, sebaiknya air hangat) pakan pelet yang akan diberikan, kecuali peletnya jenis yang tenggelam. Dengan membibis, ikan lele yang memiliki sifat rakus tsb tdk akan memakan pelet secara berlebihan. Jika dukungan pelet dlm kondisi kering, maka ikan lele akan terus saja memakan pelet dgn rakus dan hiperbola padahal pelet tersebut nantinya akan mengembang di perut ikan, kondisi ini akan berakibat jelek pada kesehatan ikan lele bahkan dpt mengakibatkan kematian.
Aturan/ cara dukungan pakan ikan lele dr pakan pelengkap persiapannya adl dgn cara membersihkan pakan tersebut dgn baik, contohnya sebelum dukungan cacing sutera, cacing tsb dicuci dahulu sebelum disebar ke kolam. Bila memakai ayam tiren pada ketika pembesaran, maka sebaiknya ayam tersebut direbus saja, jangan dibakar, sebab kalau direbus akan lebih matang secara keseluruhan dan kondusif untuk dikonsumsi oleh lele.

3. Cara Memberikan Pakan

Tata Cara Pemberian pakan ikan lele jg perlu diperhatikan biar sempurna guna.
  • Tata Cara Pemberian pakan ikan lele yang berbentuk pelet apung harus dilakukan dgn cara menyebar pelet menjadi tiga bagian, contohnya kolam ujung kanan, tengah dan ujung kiri, langkah pertama adl sebar pelet secukupnya di sisi ujung kanan kolam, setlah pelet habis, sebar lagi secukupnya pada sisi tengah kolam, setlah habis sebar lagi pada sisi ujung kiri kolam, lakukan proses tersebut hingga ikan lele kenyang. Ikan lele yang sudah kenyang akan terlihat adanya butir pelet yang tersisa pada ketika ditebar di permukaan kolam. Metode dukungan pakan menyerupai ini dilakukan biar ikan lebih aktif bergerak.
  • Untuk pelet karam cara memberikannya berbeda, pelet karam tdk disebar, melainkan hanya ditebarkan pada satu titik, namun menebarnya sedikit-sedikit, sebab lele termasuk ikan yang suka mengejar pakan yang bergerak, jadi dikhawatirkan pelet yang terlanjur karam tdk dimakan lele, kalau pada titik dukungan pakan pelet karam respon ikan sudah nampak menurun, sebaiknya dukungan pakan dihentikan.
  • Di tahap pembenihan, pakan alami menyerupai halnya cacing sutera diberikan dgn cara disebar di sudut, di sisi dan di penggalan tengah kolam, cacing sutera yang tlah dibersihkan kemudian diambil seujung tangan kemudian diletakkan pada titik yang berbeda, teknik ini sangat efektif sebab larva lele yang berjumlah ribuan akan rata mendapat makanan. Sementara pada tahap pembesaran, dukungan pakan pelengkap menyerupai ayam tiren sebaiknya digantung, hal ini dilakukan biar sisa tulang yang berantakan pada dasar kolam tidak terlalu banyak dan dpt  segera dibuang, sisa tulang yang berantakan sanggup sangat berbahaya bagi peternak lele pada ketika panen atau menguras kolam, sebab sanggup saja terinjak dan melukai kaki.
 Demikian Cara Pemberian Pakan Ikan Lele , semoga bermanfaat.
Kata Kunci: Cara Pemberian Pakan Ikan Lele, Pakan Ikan Lele, Tips Pemberian Pakan Ikan Lele.

 Artikel Lainnya:
 Kandang Ayam Petelur Yang Ideal

0 Response to "Cara Santunan Pakan Ikan Lele"

Total Pageviews