Latest News

Bibit Tanaman Kedondong

Bibit Tanaman Kedondong - . Hal-hal yang perlu diperhatikan mengenai bibit kedondong yaitu sebagai berikut.

A. Benih harus memenuhi syarat-syarat pertumbuhan, yaitu:
  • Berasal dari tumbuhan induk yang sehat.
  • Benih yang dibeli di toko harus memiliki persen kecambah sekitar 80% dan persen kemurniannya juga perlu diperhatikan.
  • Benih dari pembiakan vegetatif dari bab tumbuhan yang sehat dan dewasa.
  • Benih sanggup disemaikan terlebih dahulu sebelum ditanam supaya benih sanggup tahan terhadap keadaan lingkungan.
B. Penyiapan Benih Kedondong
  • Benih kedondong sanggup dilakukan secara generatif atau secara vegetatif. Secara generatif yaitu dengan memakai biji. Benih yang berasal dari biji, sesudah tumbuh cukup umur sifat-sifat dari induknya akan berbeda. Sehingga kebanyakan orang memakai pembiakan vegetatif untuk memperbanyak tumbuhan kedondong. Pembiakan vegetatif sanggup dilakukan dengan cara cangkok, stek batang/dengan okulasi sambungan.
C. Teknik Penyemaian Benih Kedondong
  • Benih sanggup disemai terlebih dahulu pada daerah pesemaian yang biasanya dibentuk dengan naungan dan pinggirnya ditutup dengan jaring kawat untuk melindungi benih dari gangguan hewan. Penyemaian dilakukan dengan memakai tanah humus atau tanah dicampur dengan kotoran hewan, sesudah tumbuh 4-5 daun sanggup dipindahkan ke dalam polybag. Pemindahannya dilakukan dengan hati-hati alasannya yaitu akar tumbuhan sanggup rusak. Benih disemai pada waktu 2-3 ahad sebelum tanam.
D. Pemeliharaan Pembibitan/ Penyemaian Tanaman Kedondong
  • Penyiraman diakukan setiap pagi dan sore hari. Penyiraman memakai gembor yang lubang-lubangnya kecil sehingga kucuran air tidak merusak tanah pesemaian. Apabila biji yang tumbuh terlalu banyak dan rapat maka perlu dijarangi. Jika benih terkena serangan hama maka penyemprotan pestisida sanggup dilakukan dengan takaran yang rendah.
E. Pemindahan Bibit Kedondong
  • Setelah bibit kedondong sudah mencapai pertumbuhan yang baik dengan pertumbuhan daun antara 10-15 helai maka bibit siap ditanam/ dibudidayakan dilapangan. Waktu pemindahan bibit dilakukan pada pagi hari atau sore hari dikala udara masih sejuk. Setelah bibit dipindahkan sanggup dilakukan penyiraman. 
Demikian artikel wacana Bibit Tanaman Kedondong  semoga bermanfaat
baca juga artikel kami yang lain yang berjudul  
Budidaya Kedondong
Syarat Tumbuh Tanaman Kedondong

0 Response to "Bibit Tanaman Kedondong"

Total Pageviews