Latest News

Hama Dan Penyakit Tanaman Anggur

Hama Dan Penyakit Tanaman Anggur. Ada beberapa jenis hama dan jenis penyakit tumbuhan anggur. Sama halnya dengan tumbuhan atau pohon – pohon lainnya terutama tumbuhan yang dibudidayakan, pohon anggur juga terjangkit hama dan penyakit. Di bawah ini ialah hama dan penyakit tumbuhan anggur di blog ini.

Hama Tanaman Anggur

Phylloxera Vitifolia
  • Hama ini menyerang tumbuhan anggur di semua umur baik tumbuhan yang masih bibit maupun yang sudah tua, dan akhir yang ditimbulkannya ialah kering dan mati. Bagian tumbuhan yang diserang ialah daun dan akar tumbuhan secara langsung. Gejala umum yaitu daun terbentuk bisul-bisul kecil sedangkan akar tanamannya membengkak ibarat kutil. Letak hama Phylloxera Vitifolia menetap di bawah kulit batang yang terkelupas dan dalam jaringan akar.
Kumbang Apogonia destructor
  • Kumbang Apogonia destructor berbentuk kumbang kecil dan warnanya hitam mengkilat. Bagian yang diserang ialah daun anggur ketika waktu malam hari dan karakteristik kumbang Apogonia destructor adalah gampang tertarik oleh sinar lampu.
Wereng Daun
  • Akibat yang ditimbulkan dari serangan wereng ini ialah mengakibatkan daun anggur berbintik putih, kemudian menjadi kuning coklat kemudian gugur.
Kutu Putih
  • Akibat yang terlihat dari serangan kutu putih ini ialah sanggup mengakibatkan pucuk/tunas menjadi kerdil.
Ulat Daun
  • Sesuai dengan namanya kepingan yang diserang ialah kepingan daun yang menimbulkan daun anggur sebagai makanannya.
Rayap
  • Akibat yang terlihat kalau serangan rayap tiba ketika menggerogoti akar tumbuhan yang masih muda sehingga menciptakan jadi layu yang kesudahannya akhirnya mati.
Burung, Kalong, Tupai dan Musang
  • Menyerang buah yang mulai masak untuk dijadikan makanannya.
Cara memberantas hama anggur yang sempurna ialah dengan menyemprotkan insektisida pada kepingan yang terkena hama yang dilakukan secara rutin dan dilarang menjelang masa petik. Khusus hama Phyloxera vitifolia dilakukan dengan menyiramkan insektisida di sekeliling tanaman. Penyiraman sanggup dilakukan sebelum tanam, setelah tanam/setelah panen. Sedangkan untuk mmemberantas hama berupa binatang hewan ialah dengan menggunakan jebakan.

Penyakit

Downy Mildew (Jamur)
  • Gejalanya fisik yang kelihatan ialah daun kelihatan kuning, di kepingan bawah terlihat ada tepung warna putih-kuning. Daun, bunga maupun tandan muda sanggup mati bila terkena penyakit ini terutama ketika animo penghujan atau kelembaban yang tinggi.
Powdery Mildew
  • Gejala fisik yang terlihat ialah pada permukaan daun terdapat bedak tipis putih kelabu. Bagian yang diserang pada tumbuhan anggur ialah kepingan pucuk, bunga dan buah muda bahkan sanggup merusak ranting sehingga jadi kerdil dan rusak.
Penyakit bacin hitam
  • Akibat yang ditimbulkan dari penyakit bacin hitam ini ialah buah anggur menjadi keriput, bacin dan gugur.
Phakospora Vitis
  • Ciri fisik yang terlihat ialah daun kepingan bawah tertutup tepung berwarna orange (massa sporanya).
Peronospora
  • Bagian yang diserang ialah kepingan daun anggur. Jika keadaan udara terlalu lembab, maka jamur ini menyerang daun anggur dan sanggup dikenali alasannya spora berwarna kuning di bawah daun. 

Dalam rangka pemberantasan penyakit anggur dilakukan dengan menyemprotkan fungisida dengan waktu sebelum masa berbunga, setelah berbunga dan 8-12 hari setelah penyemprotan kedua setelah berbunga. Sedang untuk penyakit bacin hitam penyemprotan dilakukan sebelum masa berbunga, ketika berbunga dan 2 ahad sebelum masa petik. [baca juga artikel kami yang lain berjudul Cara Memelihara dan Merawat Tanaman Anggur dan  Budidaya Anggur]

Demikian artikel tentang  Hama Dan Penyakit Tanaman Anggur  di blog . Semoga sanggup memberi manfaat.

0 Response to "Hama Dan Penyakit Tanaman Anggur"

Total Pageviews