Mobile & User Friendly First: Algoritma MobileGeddon Update 2018
Jika anda tidak menyukai perubahan, maka internet bukan untuk anda. Baru-baru ini, Google melaksanakan update algoritma Mobile Friendly mereka yaitu MobileGeddon.
Di rilis pertama kali pada pertengahan 2015 lalu, algoritma MobileGeddon berhasil menciptakan takut para blogger di seluruh dunia.
Mau tidak mau, anda sebagai pemilik situs, harus mengindahkan undangan Google ini. Situs yang tidak Mobile Friendly dan Responsive akan di depak secara bebas di hasil pencarian penelusuran Google.
Kini, algoritma MobileGeddon tersebut diperbaharui dengan kinerja yang lebih efisien dan efektif dalam melaksanakan crawling terhadap banyak sekali web blog, situs dan/atau pun website.
Ada banyak lapisan terbaru yang "membentengi" algoritma MobileGeddon dalam versi terbaru kali ini. Intinya, bukan hanya wacana Responsive (adaptif). Penasaran? Come on!
Google menjelaskan bahwa ada cara terbaru bagaimana Googlebot dalam me-crawling situs anda; tidak ibarat biasanya.
Mobile First artinya tampilan adaptif yang diutamakan dan/atau didahulukan di hasil penelusuran Google.
Sebagus apapun kualitas artikel dari situs tersebut jikalau tampilan situsnya tidak adaptif terhadap banyak sekali smartphone, maka peringkat situsnya akan diturunkan oleh Google.
Yang lebih parahnya, dapat jadi peringkatnya sangat jauh dari Page One.
Selanjutnya, ada beberapa poin penting yang harus anda ketahui, dan poin-poin tersebut terangkum di bawah ini :)
Melalui pembaharuan algoritma MobileGeddon ini; baik artikel singkat, panjang dan/atau detail serta kecepatan loading blog tidak memilih ranking situs (lagi) ibarat biasanya.
Nah, Mobile First ini akan mengutamakan konten yang benar-benar lengkap, meski pun artikelnya singkat.
Yang perlu diketahui ialah bagaimana para pengunjung itu mencari dalam artikel anda.
Posisikan diri anda sebagai para pembaca tersebut, kemudian pikirkan bagaimana para pembaca (situasinya ialah anda sendiri) dalam mengetik kata kunci di SERPs sehingga yang muncul di Page One ialah situs/artikel anda.
Istilah lainnya di kenal dengan sebutan Long Tail Keyword, artinya kata kunci berekor atau kata kunci panjang.
Kata kunci berekor masih menjadi "primadona" dan sering dipakai oleh blogger di seluruh dunia dalam menargetkan kata kunci di dalam artikel.
Kata kunci panjang ini pula yang masih menjadi penggalan inti dan faktor utama Google dalam memilih ranking situs anda di SERP.
Singkatnya, optimalkan sebaik mungkin kata kunci panjang ini di dalam konten anda, -- dan sesuaikan pula dengan apa yang dipikirkan oleh para pembaca (posisikan anda sebagai calon pengunjung dari situs anda sendiri).
Artikel yang dipublikasikan pertama kali (bukan copas/rewrite, -- apapun topiknya) akan diutamakan pada hasil penelusuran oleh Google; dalam kampanye Mobile First yang mereka lakukan.
Singkatnya, sebagus dan sebaik apapun artikel yang anda buat tapi tidak update pada hari itu, artikel copas, ketinggalan update, atau hasil dari rewrite, akan di depak dari SERP.
Pada pagi hari, situs pertama yang muncul ialah situs A. Namun ketika malam hari, situs pertama yang muncul ialah situs B.
Google melalui Mobile First telah melaksanakan perubahan algoritma ini secara sistematis dan fleksibel dalam memahami siapa yang sedang mencari artikel tersebut; dan artikel tersebut harus relevan dengan orang tersebut.
Contohnya ibarat mencari artikel dengan kueri, "cara menciptakan kue" pada pagi hari.
Situs-situs terbaik yang dulunya lebih banyak didominasi dikunjungi oleh ibu-ibu akan ditetapkan dan dinomorsatukan oleh Google untuk menempati halaman pertama Google.
Namun, ketika malam hari, peringkat tersebut berubah. Mengapa? Karena ketika malam hari, yang paling sering mencari artikel tersebut ialah gadis-gadis atau perempuan yang belum menikah.
Itulah bagaimana cara Mobile First bekerja.
Pada faktanya, inilah kasus pertama mengapa trafik situs anda anjlok, berkurang atau jatuh dalam beberapa hari ini, -- dimulai bulan Maret 2018 dan seterusnya.
Kini Google sudah paham dalam menilai konten anda; apakah dapat dipahami oleh para pembaca atau tidak.
Jika situs anda terlalu banyak kata kunci yang berulang-ulang, yang biasanya sering muncul di halaman pertama Google, -- akan di depak dari halaman pertama Google.
User Experience atau Pengalaman Pengguna (UX) akan diutamakan oleh Google.
Pada algoritma Mobile First ini pula, akan ditanamkan lapisan terbaru mereka yang bekerja dengan cara mempelajari, mengumpulkan dan mengeksekusi banyak sekali pola, korelasi dan data secara otomatis.
Jika situs anda dikunjungi melalui Desktop, Notebook, Netbook, komputer (PC), laptop, tab, Android dan iPhone; akan menampilkan peringkat situs atau artikel yang berbeda pada halaman SERP.
Secara Garis Besar...
Apabila di telaah lebih dalam, bekerjsama fungsi/tugas utama dari algoritma MobileGeddon ini masih mengutamakan situs yang masih adaptif (Mobile/Responsive) pada laman SERP.
Yang membedakannya hanyalah usia pengguna, apa yang mereka inginkan, kapan mereka menginginkannya, dan perangkat apa yang mereka gunakan dikala itu.
Singkatnya, algoritma ini hanya merespon bagaimana para pengguna (pencari artikel) tersebut dalam menemukan artikel yang paling cocok buat mereka.
Update ini dikenal dengan istilah Mobile First, hanya berdampak pada situs atau artikel yang ditemukan di SERP apabila yang mencarinya ialah orang yang memakai ponsel (smartphone).
Alasan Google simple, sederhana banget.
Pada jam 8 pagi, orang-orang mungkin akan beraktifitas dalam memakai desktop (komputer/laptop) dan mungkin melaksanakan Googling.
Akan tetapi, ketika sore hari, para pengguna perangkat teknologi ini akan beralih ke smartphone. Begitu di malam hari, penggunanya semakin meningkat tajam.
Maka dari itu, MobileGeddon di update dengan versi "Mobile First".
So, pikirkan kembali wacana kualitas situs anda dimulai dikala ini juga.
Pikirkan dan kembangkan bagaimana cara situs anda cocok dan layak untuk Desktop, komputer, smartphone dan banyak sekali perangkat teknologi lainnya.
Selain itu, kembangkan artikel anda sehingga cocok dan layak untuk dibaca oleh siapa saja tanpa mengenal batasan umur. Good luck!
Jika anda tidak menyukai perubahan, maka internet bukan untuk anda. Baru-baru ini, Google melaksanakan update algoritma Mobile Friendly mereka yaitu MobileGeddon.
Di rilis pertama kali pada pertengahan 2015 lalu, algoritma MobileGeddon berhasil menciptakan takut para blogger di seluruh dunia.
Mau tidak mau, anda sebagai pemilik situs, harus mengindahkan undangan Google ini. Situs yang tidak Mobile Friendly dan Responsive akan di depak secara bebas di hasil pencarian penelusuran Google.
Kini, algoritma MobileGeddon tersebut diperbaharui dengan kinerja yang lebih efisien dan efektif dalam melaksanakan crawling terhadap banyak sekali web blog, situs dan/atau pun website.
Mobile & User Friendly First: Algoritma MobileGeddon Update 2018
Google menjelaskan bahwa ada cara terbaru bagaimana Googlebot dalam me-crawling situs anda; tidak ibarat biasanya.
1. Mobile First
Mobile First artinya tampilan adaptif yang diutamakan dan/atau didahulukan di hasil penelusuran Google.
Sebagus apapun kualitas artikel dari situs tersebut jikalau tampilan situsnya tidak adaptif terhadap banyak sekali smartphone, maka peringkat situsnya akan diturunkan oleh Google.
Yang lebih parahnya, dapat jadi peringkatnya sangat jauh dari Page One.
Selanjutnya, ada beberapa poin penting yang harus anda ketahui, dan poin-poin tersebut terangkum di bawah ini :)
2. Artikel Singkat, Berkualitas, dan Kecepatan Akses Situs untuk Mobile First
Melalui pembaharuan algoritma MobileGeddon ini; baik artikel singkat, panjang dan/atau detail serta kecepatan loading blog tidak memilih ranking situs (lagi) ibarat biasanya.
Nah, Mobile First ini akan mengutamakan konten yang benar-benar lengkap, meski pun artikelnya singkat.
Yang perlu diketahui ialah bagaimana para pengunjung itu mencari dalam artikel anda.
Posisikan diri anda sebagai para pembaca tersebut, kemudian pikirkan bagaimana para pembaca (situasinya ialah anda sendiri) dalam mengetik kata kunci di SERPs sehingga yang muncul di Page One ialah situs/artikel anda.
3. Kata Kunci Panjang masih Diutamakan di Mobile First
Istilah lainnya di kenal dengan sebutan Long Tail Keyword, artinya kata kunci berekor atau kata kunci panjang.
Kata kunci berekor masih menjadi "primadona" dan sering dipakai oleh blogger di seluruh dunia dalam menargetkan kata kunci di dalam artikel.
Kata kunci panjang ini pula yang masih menjadi penggalan inti dan faktor utama Google dalam memilih ranking situs anda di SERP.
Singkatnya, optimalkan sebaik mungkin kata kunci panjang ini di dalam konten anda, -- dan sesuaikan pula dengan apa yang dipikirkan oleh para pembaca (posisikan anda sebagai calon pengunjung dari situs anda sendiri).
4. Artikel Lama akan Diutamakan di Mobile First
Artikel yang dipublikasikan pertama kali (bukan copas/rewrite, -- apapun topiknya) akan diutamakan pada hasil penelusuran oleh Google; dalam kampanye Mobile First yang mereka lakukan.
Singkatnya, sebagus dan sebaik apapun artikel yang anda buat tapi tidak update pada hari itu, artikel copas, ketinggalan update, atau hasil dari rewrite, akan di depak dari SERP.
5. Sinkronisasi: Umur dan Kelayakan Situs Web
Pada pagi hari, situs pertama yang muncul ialah situs A. Namun ketika malam hari, situs pertama yang muncul ialah situs B.
Google melalui Mobile First telah melaksanakan perubahan algoritma ini secara sistematis dan fleksibel dalam memahami siapa yang sedang mencari artikel tersebut; dan artikel tersebut harus relevan dengan orang tersebut.
Contohnya ibarat mencari artikel dengan kueri, "cara menciptakan kue" pada pagi hari.
Situs-situs terbaik yang dulunya lebih banyak didominasi dikunjungi oleh ibu-ibu akan ditetapkan dan dinomorsatukan oleh Google untuk menempati halaman pertama Google.
Namun, ketika malam hari, peringkat tersebut berubah. Mengapa? Karena ketika malam hari, yang paling sering mencari artikel tersebut ialah gadis-gadis atau perempuan yang belum menikah.
Itulah bagaimana cara Mobile First bekerja.
Pada faktanya, inilah kasus pertama mengapa trafik situs anda anjlok, berkurang atau jatuh dalam beberapa hari ini, -- dimulai bulan Maret 2018 dan seterusnya.
6. Google Memahami Konten Anda
Kini Google sudah paham dalam menilai konten anda; apakah dapat dipahami oleh para pembaca atau tidak.
Jika situs anda terlalu banyak kata kunci yang berulang-ulang, yang biasanya sering muncul di halaman pertama Google, -- akan di depak dari halaman pertama Google.
User Experience atau Pengalaman Pengguna (UX) akan diutamakan oleh Google.
Pada algoritma Mobile First ini pula, akan ditanamkan lapisan terbaru mereka yang bekerja dengan cara mempelajari, mengumpulkan dan mengeksekusi banyak sekali pola, korelasi dan data secara otomatis.
7. Perangkat yang Berbeda, Berbeda pula Hasilnya
Jika situs anda dikunjungi melalui Desktop, Notebook, Netbook, komputer (PC), laptop, tab, Android dan iPhone; akan menampilkan peringkat situs atau artikel yang berbeda pada halaman SERP.
Secara Garis Besar...
Apabila di telaah lebih dalam, bekerjsama fungsi/tugas utama dari algoritma MobileGeddon ini masih mengutamakan situs yang masih adaptif (Mobile/Responsive) pada laman SERP.
Yang membedakannya hanyalah usia pengguna, apa yang mereka inginkan, kapan mereka menginginkannya, dan perangkat apa yang mereka gunakan dikala itu.
Singkatnya, algoritma ini hanya merespon bagaimana para pengguna (pencari artikel) tersebut dalam menemukan artikel yang paling cocok buat mereka.
Mengapa Google Melakukan Update Algoritma MobileGeddon?
Update ini dikenal dengan istilah Mobile First, hanya berdampak pada situs atau artikel yang ditemukan di SERP apabila yang mencarinya ialah orang yang memakai ponsel (smartphone).
Alasan Google simple, sederhana banget.
Pada jam 8 pagi, orang-orang mungkin akan beraktifitas dalam memakai desktop (komputer/laptop) dan mungkin melaksanakan Googling.
Akan tetapi, ketika sore hari, para pengguna perangkat teknologi ini akan beralih ke smartphone. Begitu di malam hari, penggunanya semakin meningkat tajam.
Maka dari itu, MobileGeddon di update dengan versi "Mobile First".
"Kami dapat saja tidak menampilkan konten yang tidak ramah seluler (situs yang tidak Mobile Friendly) atau kanal situsnya yang lambat, sebab yang kami utamakan dikala ini ialah konten yang paling relevan untuk ditampilkan." -- Google.
So, pikirkan kembali wacana kualitas situs anda dimulai dikala ini juga.
Pikirkan dan kembangkan bagaimana cara situs anda cocok dan layak untuk Desktop, komputer, smartphone dan banyak sekali perangkat teknologi lainnya.
Selain itu, kembangkan artikel anda sehingga cocok dan layak untuk dibaca oleh siapa saja tanpa mengenal batasan umur. Good luck!
0 Response to "Mobile & User Friendly First: Algoritma Mobilegeddon Update 2018"