Latest News

2 Cara Mengaktifkan Https Di Blogspot Dan Blog Custom Domain

Cara Migrasi HTTP ke HTTPS dengan Benar di Blogspot dan Blogger Custom Domain

Jika anda member dari Indonesian AdSense Publisher Discussion (IAPD), niscaya akhir-akhir ini anda sering membaca goresan pena saya bahwa HTTPS itu sangat elok dibandingkan HTTP biasa.

Kenapa... alasannya ialah protokol jaringan HTTPS akan diutamakan dan/atau diunggulkan pada halaman SERP; tergantung kata kunci (keyword) apa yang anda targetkan di dalam artikel.

Seandainya pun jikalau ada yang bertanya, "Bagus mana, apakah HTTP atau HTTPS?" maka jawabannya ialah protokol HTTPS alasannya ialah protokol jaringan HTTPS jauh lebih SEO dibandingkan protokol HTTP biasa.

Cek Juga: Cara Mengatasi Iklan AdSense hilang sesudah Redirect ke HTTPS

2 Cara Mengaktifkan HTTPS di Blogspot dan Blog Custom Domain


Sedikit info bahwa tutorial ini hanya untuk platform blogging yang memakai Blogger, -- untuk WordPress saya kurang tahu.

Cara Migrasi HTTP ke HTTPS dengan Benar di Blogspot dan Blogger Custom Domain 2 Cara Mengaktifkan HTTPS di Blogspot dan Blog Custom Domain

1. Mengaktifkan HTTPS untk Blog Domain Kustom


Untuk anda yang memakai Blogger sebagai platform blogging; dan kebetulan situsnya sudah di Custom Domain ibarat .com, .net, .org dan lain-lainnya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Login to Blogger
  2. Ketuk sajian Setting atau Setelan > kemudian ketuk sajian Basic atau Dasar
  3. Pada HTTPS dan Ketersediaan HTTPS, aktifkan Ya

Jika suatu waktu anda tidak memakai domain kustom untuk blog, HTTPS akan otomatis diaktifkan untuk blog anda, dan sesudah HTTPS akan disembunyikan.

2. Cara Mengaktifkan HTTPS di Blogspot


Jika anda pengguna Blogspot atau platform Blogger tapi blognya belum di Top Level Domain-kan, maka gunakan cara berikut.

  1. Login to Blogger
  2. Pilih salah satu blog yang akan di update
  3. Ketuk sajian Setting > kemudian ketuk lagi Dasar
  4. Pada bilah kanan, aktifkan Pengalilhan HTTPS menjadi Ya

Sudah? Belum, Guys! Karena ada beberapa hal pelengkap yang harus anda terapkan di dalam template blogger dan situs anda sekaligus.

Memahami Internal, Eksternal, Inbound dan Outbound Link


Sebelum membahas inti permasalahannya, anda harus mengerti terlebih dahulu pengertian dan perbedaan antara Internal Link, Eksternal Link, Inbound Link dan Outbound Link.

  1. Internal Link: Tautan link atau Anchor Text antara satu artikel dengan artikel lainnya, misalnya ibarat label-label di Navigasi Menu, Related Posts, Popular Posts, Recent Post, atau Tautan Link di dalam artikel (cek juga: atau baca juga:)
  2. Eksternal Link: Sama halnya ibarat Outbound Link, yaitu menanamkan URL dari situs lain di dalam artikel maupun dengan cara lainnya; istilah lainnya yaitu menawarkan backlink ke website lain
  3. Inbound Link: Inbound itu artinya situs anda mendapat backlink dari situs lain; di luar situs anda. Seperti dari Gov, Edu, Wikipedia, Instagarm, Facebook, Google+ dan lainnya
  4. Outbound Link: Sama ibarat Eksternal Link, menawarkan backlink ke blog lain

Daftar Ulang Situs ke Google, Bing, dan Yandex


Jika situs anda sudah terdaftar di Search Console Google dengan alamat HTTP, maka hapus properti HTTP tersebut dan daftarkan kembali situs anda dengan awalan HTTPS.

Contoh: Yang awalnya http://tipsseokiller.blogspot.com, harus dihapus dan diganti dengan https://super-sip.blogspot.com/.

Mengapa? Karena Google menilai HTTP ialah protokol jaringan yang berbeda dengan HTTPS. Maka dari itu, anda harus menghapus dan menggantinya dengan protokol jaringan HTTPS.

Lebih tepatnya bukan Google sih yang menilai, alasannya ialah memang fatwa dalam penggunaan HTTP dan HTTPS itu memang sudah di atur demikian oleh perusahaan internet, -- silakan baca sejarahnya: HTTP Secure.

Apakah hal ini harus dilakukan? Ya, harus. Kalau tidak, niscaya tidak berkesinambungan; tidak cocok, tidak elok pokoknya buat Search Engine Result Page (SERP).

Submit Sitemap dan Fetch as Google


Selanjutnya, jangan lupa submit sitemap.xml situs dan lakukan Fetch as Google ulang artikel yang ada di blog anda.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Guys... HTTP dan HTTPS itu berbeda.

Ketika situs yang didaftarkan ulang dengan URL berawalan HTTPS, maka semua bab propertinya harus diperbaharui pula.

Mengubah Internal Link di Artikel dan Blog


Selanjutnya, hal yang harus anda lakukan ialah mengubah tautan link (anchor text) atau Internal Link yang ada di dalam artikel.

Edit satu per satu artikel, ubah semua URL yang awalnya memakai HTTP atau tanpa protokol jaringan; menjadi URL yang berawalan HTTPS.

Disini, ada pengecualian untuk URL dari pihak ketiga, -- atau Outbound Link (memberikan backlink ke situs lain). Contohnya ibarat URL dari website yang memakai HTTP atau tidak memakai HTTPS.

Google menyampaikan bahwa hal ini dimaafkan, dan tidak perlu diperbaiki.

Memperbaiki Konten Campuran di Blog


Dalam beberapa kasus, para publisher AdSense seringkali bermasalah dengan tayangan iklan Google AdSense yang tidak mau muncul (menghilang) di blog yang telah di redirect ke HTTPS.

Untuk permasalahan iklan AdSense, artikelnya sudah saya bikin kemarin hari dengan judul, Cara Mengatasi Iklan AdSense Hilang di Blog sesudah Redirect ke HTTPS.

Blogroll atau Link Exchange


Jika situs anda mengikuti jadwal Blogroll, Link Exchange atau saling tukar link di situs sobat anda, maka suruh sobat anda untuk mengubah yang awalnya Non-HTTP menjadi HTTPS.

Oh iya, Link Exchange sangat berbahaya bagi blog. Blog anda sanggup di hapus oleh Google.

Selamat! Kini anda berhasil menerapkan dan/atau mengaktifkan fitur HTTPS di blogspot dan blog Custom Domain sebagaimana mestinya dan telah sesuai dengan usulan Google.

What is HTTPS?


HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) is an internet communication protocol that protects the integrity and confidentiality of data between the user's computer and the site. Users expect a secure and private online experience when using a website. We encourage you to adopt HTTPS in order to protect your users' connections to your website, regardless of the content on the site.

Setidaknya ada 3 manfaat utama yang anda dapatkan apabila mengaktifkan atau redirect situs yang awalnya Http menjadi Https yaitu:

  1. Membantu menyidik bahwa pengunjung Anda membuka situs yang benar dan tidak dialihkan ke situs berbahaya;
  2. Membantu mendeteksi jikalau ada penyerang yang mencoba mengubah data yang dikirim oleh Blogger ke pengunjung;
  3. Menambahkan langkah pengamanan yang akan mempersulit orang lain untuk mendengarkan percakapan pengunjung, melacak acara mereka, atau mencuri informasinya.

Oh iya. Jika anda ragu dengan goresan pena saya dan/materi yang saya terbitkan ini, silakan merujuk ke beberapa acuan dibawah ini:

  • https://support.google.com/blogger/answer/6284029
  • https://support.google.com/blogger/answer/6286127
  • https://support.google.com/webmasters/answer/6073543

Selain itu, acuan artikel ini juga menurut observasi yang saya lakukan secara pribadi.
Percaya atau tidak, semua hal di atas itu benar adanya, fakta! bukan mitos, bukan pula copas-copas-club. Good luck!

0 Response to "2 Cara Mengaktifkan Https Di Blogspot Dan Blog Custom Domain"

Total Pageviews