Latest News

Cara Menghapus Widget Komentar Bawaan Blogger Secara Permanen

Cara Menghapus widget Komentar bawaan Blogger secara Permanen Cara Menghapus widget Komentar bawaan Blogger secara Permanen
Salah satu alasan kenapa orang ingin menghapus widget komentar orisinil bawaan blogger yaitu ingin menggantinya dengan widget komentar Disqus.

Ya memang Disqus lebih baik ketimbang komentar bawaan orisinil blogspot, alasannya yaitu dengan memakai Disqus, para pembaca dapat mengomentari sebuah artikel lebih leluasa.

Mereka dapat Login dengan akun sosial medianya, tidak serta merta dengan akun Google Plus. Disinilah menangnya komentar Disqus.

Namun sulitnya memakai Disqus berdasarkan saya yaitu kita harus mengecek setiap komentar yang masuk melalui laman resmi Disqus.

Lagi pula, komentar spam dapat sembarangan masuk tanpa dimoderasi lebih lanjut oleh kita. Hanya saja kita dapat memblokir kata-kata yang berdasarkan kita tidak pantas. Saya rasa pun itu belum cukup dan masih rentan masuknya komentar spam.

Tapi apa pun alasannya, yang penting Disqus kan? Ok dibawah ini yaitu tutorial menghapus widget komentar blogger bawaan default. Untungnya, ini dilakukan secara permanen.

Cara Menghapus widget Komentar bawaan Blogger


Seperti biasa, Login to Blogger. Langsung masuk ke Template dan cari semua arahan dibawah ini:

<b:includable id='comment-form' var='post'>...</b:includable>
<b:includable id='commentDeleteIcon' var='comment'>...</b:includable>
<b:includable id='comment_count_picker' var='post'>...</b:includable>
<b:includable id='comment_picker' var='post'>...</b:includable>
<b:includable id='threaded-comment-form' var='post'>...</b:includable>
<b:includable id='threaded_comment_js' var='post'>...</b:includable>
<b:includable id='threaded_comments' var='post'>...</b:includable>

Setiap daftar atau list dari kode-kode diatas punya kepanjangannya lagi, artinya tanda 3 titik tersebut merupakan arahan yang disingkat. Kalau di klik, niscaya menampilkan arahan yang panjang.

Kalau agan menemukan arahan yang cukup panjang, ciutkan saja menjadi singkat menyerupai arahan yang saya tampilkan diatas. Atau pribadi sanksi saja di daerah :)

Hapus semua arahan tersebut, semua arahan yang terpasang di dalam template blogger agan sesuai kode-kode yang saya sertakan diatas. Selanjutnya ya simpan perubahan template.

Nggak ada error sama sekali kok, hanya saja komentar blogger bakal menghilang selamanya.

Oh ya... sebelum benar-benar menghapusnya, pastikan agan impor dulu semua komentar yang ada di widget blogger comments ke Disqus. Baru deh menghapus widget komentar bawaan orisinil bloggernya. Gudlak.*

0 Response to "Cara Menghapus Widget Komentar Bawaan Blogger Secara Permanen"

Total Pageviews