Latest News

Prakarya Daun Kering : Kucing Dan Serigala

 Daun kering atau yang dikeringkan memang sanggup dibuat bermacam-macam bentuk yang unik dan artisti Prakarya Daun Kering : Kucing dan Serigala
kalau kucing ketemu serigala, mereka berantem gak ya?

Prakarya Daun Kering : Kucing dan Serigala


Daun kering atau yang dikeringkan memang sanggup dibuat bermacam-macam bentuk yang unik dan artistik. Karena itu, prakarya dari daun akan selalu menarik. Selain itu, bermacam-macam bentuk daun yang tak pernah sama satu dengan lainnya juga akan membuka ruang eksplorasi bagi anak untuk menciptakan karya yang berbeda. Ini tentu cantik untuk memperlihatkan kesempatan berimajinasi yang seluas-luasnya untuk mereka. Nah, pada kesempatan kali ini aku kembali mencoba memperlihatkan betapa uniknya prakarya bentuk binatang berupa kucing dan serigala yang dibuat dari kumpulan daun yang dikeringkan. Lihatlah, keduanya tampak artistik. Sebenarnya, kedua bentuk binatang ini sanggup dibuat dengan mudah. Caranya? Yuk ikuti langkah sederhana berikut.


Cara Membuat Bentuk Binatang (Kucing dan Serigala) dari Daun Kering

  • Siapkan beberapa helai daun yang telah dikeringkan. Eit... daun yang aku gunakan di sini yaitu daun yang dikumpulkan dari sekitar pekarangan. Ada daun cabe, daun sirsak, daun belimbing yang kecil-kecil, sampai daun kecambah labu dan jahe. Tuh kan, daun apa saja boleh dipakai. Daun-daun ini dipetik dikala masih berwarna hijau dari pohon atau tangkainya yang masih hidup, kemudian aku selipkan di antara halaman-halaman majalah bekas, dan ditindih dengan majalah-majalah bekas lainnya. Daun tersebut dibiarkan selama beberapa hari, ya lebih kurang seminggu atau sepuluh hari sampai menjadi lepek dan kering. Tentu posisinya diatur terlebih dahulu biar tidak saling bertumpuk sehingga memudahkan dikala akan mengambilnya dari sela-sela halaman majalah bekas. Teknik mirip ini yaitu teknik yang digunakan oleh para naturalis untuk menciptakan awetan tumbuhan yang disebut herbarium.
  • Berikutnya, siapkan pula  dua lembar kertas. Saya memakai kertas berwarna putih sebagai latar belakang daerah melekat daun untuk menciptakan bentuk binatang yang kita ingin buat dan selembar kertas hijau untuk penghias (sebagai rumput). Sedikit lem dan imajinasi juga akan sangat membantu.
  •  Daun kering atau yang dikeringkan memang sanggup dibuat bermacam-macam bentuk yang unik dan artisti Prakarya Daun Kering : Kucing dan Serigala
    ini polanya, niscaya semua sanggup menggambar contoh mirip ini kan?
  • Kemudian, pada kertas putih yang akan digunakan sebagai latar belakang atau daerah melekat daun kering, kita buatkan contoh binatang yang akan dibentuk. Lihatlah, aku menciptakan gambar denah kucing dan serigala di atasnya dengan memakai pensil. Ini akan menjadi panduan bagi bawah umur dalam menentukan daun sesuai bentuk yang ada pada contoh tubuh binatang tersebut. Pola lingkaran dan besar tentu nanti harus memakai daun yang lingkaran atau mendekati lingkaran dan berukuran besar pula. Sementara bentuk garis atau memanjang harus ditempeli dengan daun berukuran panjang dan ramping. Inilah sebabnya kita memakai bermacam-macam bentuk daun biar nantinya dikala menempelkan daun bawah umur tidak bingung. Bentuk binatang yang dihasilkanpun akan lebih mirip atau ibarat apa yang kita kehendaki.
  • Berikan sedikit lem pada penggalan belakang daun yang akan direkatkan ke contoh yang telah dibuatkan. Mungkin mereka juga memerlukan sedikit saran biar tata letak daun menjadi lebih sesuai. Jika anak meletakkan daun agak miring atau kurang pas, biarkan saja. Yang penting tetap sanggup menghasilkan dampak bentuk yang diinginkan.
  • Tutupi semua penggalan tubuh pada contoh dengan daun kering sampai contoh tersembunyi dari pandangan.
 Daun kering atau yang dikeringkan memang sanggup dibuat bermacam-macam bentuk yang unik dan artisti Prakarya Daun Kering : Kucing dan Serigala
serigala ini licik gak ya? Kan kalau di aneka macam cerita, serigala sering memerankan tokoh yang licik...

Tips Tambahan:

  • Bentuk-bentuk mirip kepala dan tubuh akan terlihat cantik jikalau daun penyusunnya ditempatkan di atas daun lainnya, sementara untuk bagian-bagian yang kecil mirip kaki, telinga, dan ekor, maka daun diletakkan pada penggalan bawah. Oh ya, untuk mata atau hidung, tentunya daun diletakkan di sebelah atas menindih daun lainnya.
  • Agar bagian-bagian ekor, kaki, dan indera pendengaran berada pada penggalan bawah, tentunya ia harus ditempeli daun terlebih dahulu. Baru kemudian penggalan badan, dan lanjut ke kepala, kemudian mata.
  •  Daun kering atau yang dikeringkan memang sanggup dibuat bermacam-macam bentuk yang unik dan artisti Prakarya Daun Kering : Kucing dan Serigala
    daunnya kurang lebar... risikonya tubuh kucing memakai beberapa helai daun
  • Begitu saja aturannya. Praktis bukan?
  • Ajaklah bawah umur mengumpulkan bermacam-macam jenis daun yang mereka suka. Ini cantik untuk mereka dalam mengenal aneka tumbuhan di sekitar mereka. Daun apa saja boleh dikumpulkan yang penting muat untuk disimpan dan dikeringkan di antara halaman-halaman majalah bekas atau tumpukan koran bekas, dan kondusif (tidak gatal atau berduri).
  • Coba juga memakai daun-daun berwarna kuning atau coklat yang telah gugur dan berantakan di bawah pohon. Siapa tahu sanggup menghasilkan dampak yang lain dan lebih baik.
Baca juga:
Prakarya dari Daun Kering: Membuat Bentuk Ikan Gurame

Demikian cara menciptakan prakarya dari daun kering, yaitu menciptakan bentuk kucing dan serigala. Semoga menginspirasi dan bermanfaat. Wassalam.

0 Response to "Prakarya Daun Kering : Kucing Dan Serigala"

Total Pageviews