Latest News

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

daun sirsak sangat banyak mempunyai manfaat untuk kesehatan Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan
daun sirsak sangat banyak mempunyai manfaat untuk kesehatan

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan


Daun sirsak ialah materi herbal yang sangat banyak manfaatnya. Daun sirsak diambil dari pohon sirsak biasanya dalam keadaan segar. Daun sirsak berwarna hijau renta ketika daun sudah tumbuh dengan sempurna. Ketika masih muda, daun berwarna hijau pupus dengan permukaan yang mengkilat licin. Bentuk daun oval memanjang dengan ujung meruncing. Tumbuh sebagai daun tunggal pada batang atau ranting dengan duduk daun pada batang berselang-seling. Pucuk tumbuh banyak ketika batang atau cabang dipangkas pada potongan bekas ketiak daun yang ada pada batang atau cabang.


Apa Bahan Aktif yang Dikandung Daun Sirsak?

Daun sirsak ternyata mengandung materi aktif yang cantik untuk membunuh sel kanker. Bahan aktif itu antara lain annohexocin, acetogenins, annocatatin, annonol, annomurine dan telah usang dikenal sebagai materi aktif antitumor dan kanker. Nama materi aktif ini tampaknya diambil dari nama ilmiah sirsak sendiri, yaitu Annona muricata. Tumbuhan sirsak ini sendiri masih berkerabat bersahabat dengan cempaka (bunga cempaka) dan bunga kenanga.

Apa Saja Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan?

Sewaktu saya masih kecil dan masuk angin, masih segar dalam ingatan saya, ibu akan mengambil beberapa pucuk daun sirsak yang masih muda dan lembut. Ia akan menggosok pucuk itu di atas telapak tangannya dengan menambahkan sedikit (secuil) kapur sirih. Pucuk yang digosok dan dicampur dengan kapur akan membentuk krim yang sangat ampuh untuk mengusir sakit perut sebab masuk angin.

Sekarang daun sirsak banyak dipakai untuk terapi tradisional untuk mengobati kanker. Menurut banyak sekali sumber, daun sirsak yang telah cukup renta sebanyak 7 atau 8 lembar direbus dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih dan air rebusan tinggal 1 gelas. Air rebusan ini tinggal diminum. Rasanya tawar jadi tidak terlalu menyulitkan untuk diminum, kecuali sedikit amis khasnya yang akan tercium di hidung.
Baca: Daftar Tumbuhan Herbal Pengobatan Kanker

Selain mengobati kanker atau tumor, daun sirsak ternyata juga sanggup mengobati sakit pinggang, menguatkan sistem imun atau kekebalan tubuh, rematik, wasir, menurunkan kolesterol, dan mengurangi asam urat.

Daun yang ditumbuk hingga halus sanggup pula dioleskan pada bisul, jerawat atau eksim. Kandungan antibakteri yang dimiliki daun sirsak sanggup membantu meringankan penyakit-penyakit kulit tersebut ketika dipakai sebagai obat luar.

Terlepas dari apa imbas semut rangrang terhadap kandungan daun sirsak, beberapa situs menyebutkan bahwa daun sirsak yang dipakai oleh semut rangrang untuk menciptakan sarang ternyata mempunyai khasiat untuk pengobatan asma. Cara pengolahannya juga ibarat dengan pengolahan daun ini untuk kanker, yaitu dengan merebusnya dengan terlebih dahulu meremasnya. Secara logika, daun bekas sarang semut rangrang tentu tidak ada bedanya dengan daun lainnya. Jadi, apakah informasi perihal manfaat daun sirsak bekas sarang semut rangrang ini mempunyai kelebihan sanggup dipercaya? Wallahualam.

Karena banyaknya manfaat daun sirsak bagi kesehatan, kamipun menanam pohon sirsak di pekarangan sekitar rumah. Apalagi saya memang juga cukup menyukai buahnya yang manis asam segar itu, apalagi jikalau sudah dibentuk menjadi jus. Untuk mendapat bibit tumbuhan sirsak ini sangat mudah. Seperti yang saya lakukan, biji sirsak cukup dilemparkan ke dalam pot. Beberapa ahad kemudian akan flora tumbuhan gres sirsak ini. Jika sudah agak besar dan kuat, sanggup dipindahkan ke pekarangan. Oh ya, untuk mendapat manfaatnya, kita tentu tak perlu menunggu hingga pohon sirsak berbuah, sebab daunnyapun sangat banyak khasiatnya ibarat yang telah diulas di atas.

Catatan:

Penggunaan daun sirsak dengan bermacam-macam kandungan materi aktif di dalamnya tentu mempunyai imbas yang berbeda-beda pada setiap orang. Oleh sebab penentuan takaran dan pemantauan imbas samping bagi penderita sangat diperlukan. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan andal herbal untuk mendapat informasi yang terbaik perihal daun sirsak ini.

Demikian goresan pena mengenai manfaat daun sirsak untuk kesehatan. Jika anda mempunyai pengetahuan lainnya perihal manfaat daun sirsak, tentu sanggup menambahkannya pada kolom komentar di bawah goresan pena ini. Semoga bermanfaat. Wassalam.
Baca juga:
Sirsak dan Penelitian perihal Pengobatan Kanker
Waspadai Gejala dan Faktor Resiko Colorectal Cancer

0 Response to "Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan"

Total Pageviews