jangan abaikan data pada statistik di dashboard blog anda |
Memanfaatkan Statistik Dashboard Blogger untuk Ide Menulis
Saat masuk ke dalam dashboard blogger anda, sajian apa yang sering anda buka? Kalau aku sih statistiknya. Mengapa, alasannya ialah dengan membuka statistik blog, aku sanggup melihat bagaimana kinerja konten-konten atau artikel blog aku untuk pembaca. Saya sanggup memantau artikel mana yang paling banyak dibaca pengunjung sasaran kita. Awalnya aku Cuma peduli pada berapa banyak kunjungan pembaca atau pengguna internet ke blog saya, tetapi sekarang aku mulai berpikir: mengapa blogger di dashboardnya menyediakan sajian statistik ini? A..ha! salah satu manfaat penting yang sanggup kita ambil dari data yang tertera pada statistik blogger di bab dashboard itu ialah untuk sumber wangsit menulis artikel baru.
Pada bab sajian statistik blog ini, kita sanggup menjumpai submenu overview, posts, traffic source, hingga audience. Saya paling suka mencermati submenu traffic source alasannya ialah aku pikir bab ini menggambarkan dari mana asal pengunjung antau pembaca blog kita. Lalu, lebih spesifik lagi, bab pada submenu traffic source ini terdiri dari refrrering URLs, referring sites, dan search keywords.
Nah, yang terakhir itu: search keywords! Itulah bab terpenting dari data statistik blog kita sebagai sumber ide atau wangsit menulis artikel selanjutnya. Melalui kata-kata kunci (keywords) yang muncul pada statistik di dashboard blogger itu kita sanggup menyebarkan artikel baru. Gunakan kata kunci yang sama dengan yang tertera pada statistik blog itu, alasannya ialah itulah kata kunci yang telah dipakai user kita untuk hingga masuk ke halaman blog atau artikel kita.
Secara tidak eksklusif (walaupun memang belum tentu), itulah kata-kata kunci yang cukup kita kuasai dalam perebutan ranking di SERPs (Search Engine Result Pages). Bisa jadi bila kata-kata kunci atau keyword itu kita kembangkan lagi, maka kita akan menjadi nomor satu di SERPs. Itu kan yang kita cari dan inginkan saat kita ingin menulis sebuah konten blog. Kita ingin duduk di peringkat pertama dan menerima traffic yang banyak dengan konten yang bersangkutan.
Kaprikornus apakah kita harus mengulang artikel yang sama dengan artikel di mana kata kunci (keyword) itu digunakan? Tidak. Kata-kata kunci itu ialah sumber wangsit untuk menulis artikel baru. Sekarang aku beri sebuah analogi melalui gambar berikut.
contoh pengembangan ide dari keyword unggulan di statistik dashboard blogger |
Ketika kita memiliki kata kunci yang anggun dan telah membawa pengunjung ke blog kita, contohnya kata kunci itu ialah disiplin siswa, dan kita telah menulis artikel tentang: Beberapa Masalah Disiplin Siswa di Sekolah, maka kita sanggup menyebarkan artikel gres seputar problem disiplin siswa. Misalnya saja, kita sanggup menciptakan tulisan:
- Hubungan Disiplin Siswa dengan Prestasi Belajarnya
- Tips Mengatasi Masalah Disiplin Siswa
- Pentingnya Memperbaiki Disiplin Siswa untuk Pembelajaran
- 10 Disiplin Siswa yang Harus Ditegakkan
- Cara Membuat Siswa Disiplin
- Dan sebagainya.
Menguatkan posisi kita dengan menambahkan artikel-artikel atau konten gres perihal kata kunci yang banyak membawa traffic ke blog kita akan semakin memantapkan posisi kita di SERPs, apalagi bila kata kunci itu hanya ditopang oleh satu atau dua konten (artikel) saja. Dengan berjalannya waktu, blogger-blogger lain mungkin akan menciptakan artikel gres terkait kata-kata kunci atau keyword yang telah kita kuasai itu. Akhirnya, posisi kita di SERPs dengan keyword itu akan diambil alih oleh blogger-blogger tadi. Apalagi bila artikel itu semakin tertimbun oleh artikel-artikel gres kita yang tidak berhubungan. Perlu diketahui bahwa search engine semacam google dan yahoo, atau search engine lainnya lebih menyukai konten-konten yang fresh (baru), bahkan para pembaca juga. Apalagi untuk google yang menyediakan filter pencarian dengan menambahkan atribut waktu artikel tersebut dipublikasikan.
Menggunakan keyword yang banyak membawa traffic ke blog kita itu sangat penting. Selain tadi untuk memantapkan posisi kita di SERPs, juga bermanfaat untuk melatih kita melaksanakan eksplorasi dan klarifikasi terperinci terhadap topik atau keyword tersebut. Nah, siapa tahu anda lagi kehabisan ide untuk menulis, bukalah statistik blog anda, lihatlah keyword apa yang menciptakan mereka tiba kepada blog anda.
Selain memakai statistik dari keyword, kita juga sanggup menemukan ide gres untuk goresan pena kita dari statistik posts. Data statistik posts mengatakan konten mana yang paling dibaca di blog kita, secara berurutan. Anda sanggup memperhatikan urutan itu, atau sanggup pula menciptakan kesimpulan dari posts yang muncul pada statistik tersebut yaitu: tema apa yang menjadi keunggulan blog anda dan telah menjadi sumber traffic atau kunjungan pembaca. Eksplorasi dan klarifikasi terperinci lagi tema atau tersebut untuk menulis konten blog yang gres dan relevan.
Bagaimana berdasarkan anda? Apakah anda juga memanfaatkan statistik blog untuk menemukan ide gres untuk menciptakan artikel atau konten? Semoga menginspirasi dan bermanfaat. Wassalam.
0 Response to "Cara Memanfaatkan Statistik Dashboard Blogger Untuk Pandangan Gres Menulis"