Latest News

Manfaat Tumbuhan Pacar Air Untuk Kesehatan Tubuh

pacar air mempunyai warna mahkota bunga yang bervariasi Manfaat Tumbuhan Pacar Air untuk Kesehatan Tubuh
pacar air mempunyai warna mahkota bunga yang bervariasi

Manfaat Tumbuhan Pacar Air untuk Kesehatan


Dalam bahasa Inggris tumbuhan ini disebut dengan touch-me-not. Lucu juga ya namanya. Ini niscaya terkait dengan karakterristik buahnya yang berbentuk lonjong dengan ujung runcing itu. Buah tumbuhan pacar air memang unik. Anak-anak suka mengumpulkan buahnya yang telah masak (tua) alasannya bila dipegang akan pecah. Para jago botani menyebut ini gerak higroskopik, yaitu gerakan kulit buah pacar air yang terjadi alasannya berkurangnya kadar air pada kulit buah yang telah masak itu. Pecahnya kulit buah menjadi beberapa helaian menciptakan biji-biji kecilnya yang bundar kecil berhamburan di tanah. Siap untuk tumbuh lagi.



Dalam mata pelajaran biologi tumbuhan pacar air yang mempunyai nama ilmiah Impatiens balsamina, atau Impatiens triflora, atau Balsamina hortensis  ini dipakai sebagai materi praktikum untuk memperlihatkan adanya kapilaritas pada batang tumbuhan. Tetapi, tidak banyak orang yang tahu bahwa pacar air sangat banyak keuntungannya sebagai tumbuhan herbal.

Tanaman pacar air banyak ditanam di pekarangan sebagai tumbuhan hias. Ada varietas pacar air yang menarik alasannya mempunyai bermacam-macam warna mahkota bunga menyerupai putih, pink, merah, oranye, sampai ungu. Varietas yang disukai sebagai tumbuhan hias ialah yang mempunyai mahkota berlapis-lapis (rangkap). Saya sendiri mempunyai tumbuhan pacar air di samping rumah, walaupun belum dimanfaatkan secara optimal sebagai materi herbal.

Pacar air dalam bahasa Cina disebut Ji xing zi. Para jago pengobatan tradisional Cina telah usang memanfaatkan tumbuhan berbatang lembap dan berdaging (sukulen) ini sebagai materi obat-obatan. Banyak sekali kandungan materi aktif bermanfaat pada tumbuhan ini. Pacar air, dalam bahasa Inggris juga disebut balsam atau rose balsam. Tanaman berdaun memanjang dengan tepian bergerigi ini sanggup tumbuh dengan mudahnya dari bijinya yang berhamburan ketika terlepas dari buahnya. Buah terbentuk dari setiap bunga yang telah mekar. Pada satu buku batang yang ditempati dua buah daun yang berhadapan, keluar beberapa kuntum bunga yang mekar hampir bersamaan. Buah ini pada ketika masih muda berwarna hijau renta dan berbulu lembut berwarna putih. Setelah tua, buah akan berwarna hijau kekuning-kuningan.

Di Philipina, tumbuhan ini dikenal dengan sebutan Kamantigi. Tanaman yang berdasarkan para jago botani berasal dari Indian Selatan (sebagian lagi menyampaikan berasal dari Cina) ini telah tersebar luar di wilayah Asia-Pasifik. Seluruh bab tumbuhan pacar air sanggup dimanfaatkan sebagai materi obat-obatan, mulai dari daun, bunga, kulit buah, biji, batang, sampai akarnya.

Bahan aktif yang dikandung tumbuhan pacar air ini bersifat emetik (mengobati mual atau muntah), antipruritik (mengobati gatal), antibakteri dan jamur (antibiotik), diuretik, mucilage atau ekspektoran (pengencer dahak dan mengeluarkan lendir) dan tonik. Bahan aktif yang dimaksud ialah kaempferol, scopoletin, quercitin, fenolik, asam ferulik, asam sinapic, asam caffeic, flavonol, pigmen antosianin, quinon, dan saponin.

Pacar air dikenal sebagai obat ampuh untuk meredakan gatal alasannya poison ivy (getah tumbuhan poison ivy) dengan memakai cairan pada batangnya, meningkatkan aliran darah, untuk pereda sakit ibu yang gres melahirkan, tekanan darah rendah, nyeri sendi, pencahar (melancarkan buang air besar), memar dan bengkak, penangkal keracunan ikan (alergi ikan), rematik, antibakteri untuk luka luar, gastritis, beriberi, mengobati kuku yang patah atau rusak, kanker, tonik untuk pekerja berat, mengobati gigitan ular, pelancar haid, meredakan batuk dengan mengeluarkan dahak. Biji dan teh pacar air dipakai secara tradisional untuk pengobatan infeksi jamur yang sistemik.
Baca: Daftar Tanaman Berkhasiat Sebagai Herbal Obat Kanker

Catatan Penting:

Dari penelusuran beberapa artikel, dikatakan bahwa pacar air tidak mempunyai efek toksik (racun) sehingga kondusif dikonsumsi atau dipakai sebagai obat luar. Walaupun demikian, terdapat beberapa catatan semoga penggunakan pada bayi, anak-anak, perempuan hamil dan menyusui dihindari. Karena kandungan mineral yang sangat tinggi, maka pemakaian secara dalam kuantitas yang besar, rutin dan usang juga perlu dihindari terutama untuk penderita gout, penderita kerikil ginjal, urolihitasis, hiperacidisic, dan arthritis. Konsultasi dengan jago herbal diharapkan untuk mendapat hasil terbaik dari pemanfaatan pacar air sebagai tumbuhan obat.

0 Response to "Manfaat Tumbuhan Pacar Air Untuk Kesehatan Tubuh"

Total Pageviews