Latest News

Niche Blog Versus Various Blog

 Ketika memulai acara blogging setahun yang kemudian Niche Blog Versus Various Blog
blog kau yang mana?

Niche Blog Versus Various Blog


Blog kau topiknya wacana apa? Ketika memulai acara blogging setahun yang lalu, aku telah membaca banyak nasehat wacana menentukan niche blog. Blog yang baik seharusnya memiliki topik khusus untuk dibahas. Dan aku yakin sepenuhnya bahwa nasehat itu baik dan benar, apalagi jikalau nantinya kita punya niat untuk sekedar menambah uang jajan dengan memonetisasi blog tersebut. Sebutlah acara terkenal PPC (Pay Per Click) milik google, adsense, sebelum anda sanggup diterima sebagai penayang adsense, para reviewer yang bertugas menyeleksi apakah blog anda sanggup diberi hak tayang iklan google ini mengharuskan blog punya niche atau topik tertentu. Alasan mereka tentu saja terkait dengan kualitas pengunjung blog dalam relasi dengan iklan yang ditayangkan. Para advertiser tentu tak mau rugi jikalau yang mengklik iklan mereka bukanlah orang yang akan membeli produk atau jasa mereka. Itu juga sebabnya mengapa performa various blog (blog gado-gado) kabarnya tak sebaik niche blog dalam hal pendapat adsense. Advertiser sanggup memperlihatkan harga yang berbeda pada setiap blog, apalagi mereka sanggup memfilter pada blog-blog dengan topik tertentu saja iklan akan tayang (kontekstual).


Tapi aku nekat saja. Karena itulah blog ini aku beri URL novehasanah.blogspot.com. aku akan menulis blog dengan topik yang sangat bervariasi. Saya punya alasan sendiri untuk ini. Kaprikornus aku tidak punya niche khusus. Lalu apa alasan aku untuk menciptakan blog aku ini sehingga menjadi various blog?

Sebagai pemula (baik dalam hal blogging maupun kepenulisan), aku sudah merasa bahwa aku akan terkendala jikalau aku menulis sebuah niche blog apalagi dengan lingkup topik bahasan yang sempit. Saya tidak akan punya banyak modal untuk menciptakan artikel yang bagus. Itulah alasan aku mengapa aku menentukan menciptakan various blog ketimbang menciptakan sebuah niche blog. Sebagai penulis pemula, aku ketika ini masih cukup sering menemui hambatan berupa: writter’s block. Saya bisa kehabisan ide menulis jikalau berkutat pada sebuah topik sempit.

Lalu bagaimana aku bisa mendapat hak tayang hosted account untuk adsense. Simple saja, aku berusaha menyatukan semua ide goresan pena dengan topik yang bermacam-macam mulai dari blogging, kesehatan, karier, pendidikan, sampai kisah (mungkin aku akan tambah kategori lainnya nanti), dengan dua buah kata “tips dan tutorial”. Lumayan, jadinya ide-ide menulis aku sanggup mengalir dan memuluskan langkah aku dalam menulis. Ke depannya, aku tentu berharap akan sanggup menulis sebuah atau dua blog lainnya terkait kemampuan dan kapabilitas aku sebagai guru ipa (sains). Saya akan buat itu suatu hari nanti.

Soal mendapat hak tayang hosted account untuk adsense (beberapa blogger mengeluhkan sulit untuk mendapatkannya), aku memulai blog ini dengan disiplin menciptakan salah satu kategori sebagai kategori utama, adalah kategori pendidikan. Lumayan juga, sesudah 100-an goresan pena barulah aku diterima sebagai penayang. Kini, tentu aku telah mulai lebih leluasa menulis topik yang aku sukai.



Tips:

Jika anda ingin punya hak tayang adsense, sebaiknya mulailah menulis dengan topik yang agak sempit, sesekali bolehlah keluar topik, tapi usahakan ada sedikit pengikat antar tulisan-tulisan di artikel itu sehingga reviewer dari google adsense sanggup melihat topik atau tema utama blog anda.

Nah, bagaimana dengan blog anda? Various blog atau niche blog? Semoga menginspirasi, wassalam.

0 Response to "Niche Blog Versus Various Blog"

Total Pageviews