Latest News

Cara Menciptakan Prakarya Kotak Pensil

prakarya sederhana dari kotak bekas teh celup untuk anak SD Cara Membuat Prakarya Kotak Pensil
prakarya sederhana dari kotak bekas teh celup untuk anak SD

Cara Membuat Prakarya Kotak Pensil

Apa ya namanya? Kotak pensil atau stationery organizer? Ah... tampaknya namanya tidak penting-penting amat. Yang jelas, kali ini kita akan mencoba menciptakan sebuah prakarya dari barang bekas yang banyak ditemukan di kotak sampah di dapur atau di kamarmu sendiri. Kita akan mencoba memanfaatkan kotak-kotak kemasan teh celup, kotak energy drink, dan kotak bekas pulpen. Saya kebetulan menemukannya di kotak sampah yang ada di dapur, kecuali kotak bekas pulpen yang ada di kamar saya. Cara membuatnya sangat mudah, sederhana, dan cepat. Saya membuatnya dalam waktu 30 menit saja kurang lebih. Ayo kita ikuti langkah-langkahnya satu persatu.

Oh ya, anda juga sanggup Membuat Tempat Pensil Cantik dari Botol Plastik Bekas Minuman Ringan

prakarya sederhana dari kotak bekas teh celup untuk anak SD Cara Membuat Prakarya Kotak Pensil
bahan-bahan prakarya untuk menciptakan stationery organizer ini gampang didapat (dari barang bekas)

Alat dan Bahan

Alat dan materi yang harus kau siapkan untuk menciptakan stationery organizer (kotak pensil) ini adalah:
  1. Kotak kertas bekas barang-barang apapun yang ukurannya tidak terlalu besar. Di sini aku memakai 3 buah kotak kertas yaitu kotak teh celup, kotak energy drink sachet-an, dan kotak kemasan pulpen.
  2. Kerta pembungkus (saya memakai kertas sampul bekas-karena aku punya banyak). Kamu boleh menggantinya dengan kertas apapun, tetapi sebaiknya yang warna-warni. Bisa juga memakai kertas pembungkus kado
  3. Mistar
  4. Gunting
  5. Cutter (mungkin diperlukan)
  6. Lem (saya memakai lem PVC putih)
  7. Selotip (mungkin diperlukan)

Langkah-Langkah Membuat

Berikut ini ialah langkah-langkah yang gampang diikuti untuk menciptakan prakarya stationery organizer (kotak pensil) dari kotak bekas .

  1. Siapkan kotak-kotak kertas bekas yang ada di sekitarmu. Boleh 2, 3, atau 4 kotak, sesuai selera. Kamu sanggup membayangkan setiap jenis kotak akan sanggup diisi alat tulis apa nantinya.
  2. Rancanglah kira-kira bagaimana bentuk terbaik kalau semua kotak kertas bekas itu disatukan nantinya. Perhatikanlah faktor keindahan dan akomodasi (fungsi) pemakaiannya sebagai daerah mengatur dan mengorganisasi alat-alat tulismu menyerupai pensil, pulpen, penghapus, penjepit kertas, tip eks, dan sebagainya.
  3. Tekuklah sisi-sisi bab epilog kotak ke arah dalam kotak untuk menciptakan kotak tersebut terbuka. Ini juga berfungsi untuk menguatkan struktur kotak itu sendiri. Makara jangan dibuang (digunting). Lem dengan lem yang besar lengan berkuasa (saya memakai lem PVC putih) untuk ini. Perhatikan misalnya pada gambar berikut.
  4. prakarya sederhana dari kotak bekas teh celup untuk anak SD Cara Membuat Prakarya Kotak Pensil
    lipat epilog kotak bekas untuk menguatkan struktur kotak
  5. Bungkuslah kotak-kotak tersebut dengan kertas sampul yang telah disiapkan. Saya memakai kertas sampul bekas yang banyak aku miliki (bekas sampul makalah yang tidak terpakai), atau sisa kertas pembungkus kado. Bungkuslah bab luar sampai bab dalam kotak yang sekiranya akan tampak dari banyak sekali sudut pandang supaya nantinya prakarya yang kita buat terlihat rapi dan indah.
  6. Terakhir, satukan semua kotak-kotak yang telah dibungkus rapi tadi membentuk sebuah kotak daerah pensil (stationery organizer) yang sanggup kau letakkan di atas meja belajarmu.

Gampang bukan, langkah-langkah cara menciptakan prakarya kotak pensil (stationery organizer) dari kotak-kotak bekas ini. Silakan mencobanya, semoga bermanfaat. Wassalam.

Baca juga:
Cara Menggambar Pohon Cantik dengan Cotton Bud Untuk Anak TK/SD
Cara Membuat Pelangi Di Atas Kertas Tisu
Prakarya Membuat Boneka Cantik dari Kertas Bekas

0 Response to "Cara Menciptakan Prakarya Kotak Pensil"

Total Pageviews