Latest News

Manfaat Flora Pengecap Buaya Untuk Kesehatan

 Manfaat Tanaman Lidah Buaya untuk Kesehatan Manfaat Tanaman Lidah Buaya untuk Kesehatan
lidah buaya (Aloe vera) ialah tumbuhan mempunyai kegunaan obat

Manfaat Tanaman Lidah Buaya untuk Kesehatan


Aloe vera, tampaknya nama ilmiah tumbuhan ini tak absurd di telinga. Beragam kosmetik diproduksi dengan materi dasar tumbuhan ini mulai dari pelembab hingga shampo. Aloe vera, ialah flora yang dalam kehidupan sehari-hari kita kenal sebagai pengecap buaya. Beberapa orang sering menanamnya di dalam pot sebagai tumbuhan hias. Bentuknya yang unik, dengan daun tebal berdaging berisi lendir dan tepi daun berduri lunak tidak tajam (kecuali pada ujung daun) dan berwarna hijau muda berbercak-bercak keputihan ini cukup menarik kalau dirawat dengan baik. Di beberapa kawasan menyerupai Kalimantan Timur, justru pengecap buaya dibudidayakan. Jika anda mempunyai banyak flora ini, maka mungkin anda sanggup mengolahnya menjadi materi minuman ringan.


Lidah buaya unik lantaran ia sesungguhnya ialah tumbuhan sukulen, yang bahagia hidup di tempat kering. Daunnya yang tebal berdaging itu ialah tempat penyimpanan atau gudang makanan untuk bertahan hidup. Tetapi, lantaran banyaknya manfaat dan keindahannya, ia banyak di tanam oleh masyarakat kita. Sewaktu aku masih kecil, aku telah tahu bahwa lendir yang ada dalam daging daun pengecap buaya itu sangat baik untuk perawatan rambut. Secara tradisional, daun pengecap buaya di ambil, disasap pecahan tepi daun yang berduri. Nah, potongan-potongan daun tebal pengecap buaya sepanjang 5 – 7 cm sanggup dibelah dan diusapkan ke kulit kepala dan rambut dengan perlahan. Lendir dan getah yang ada pada daun ini anggun untuk menghilangkan ketombe dan melembabkan kulit kepala yang rambutnya mengalami kerontokan. Setelah seluruh pecahan kulit kepala dan rambut diusap dengan pengecap buaya, diamkan lebih kurang 30 menit untuk dibilas hingga bersih.

Jika anda cukup tahan dengan rasanya, makanya pengecap buaya sanggup dibuat jus. Jus daun pengecap buaya ini kabarnya sangat anggun untuk mengeluarkan atau menetralkan racun (detoksifikasi). Selain itu kandungan seratnya sanggup membantu melancarkan pencernaan. Rasanya pengecap buaya sesungguhnya tidak terlalu masalah. Kebanyakan orang justru tidak menyukai baunya jikalau dibuat jus. Karena itu, itu menetralisir amis ini, kita sanggup menambahkan perasaan air jeruk atau aroma pandan. Sesekali, anda juga sanggup mencoba memvariasi pengecap buaya dengan buah-buahan yang mempunyai cita rasa sedikit asam lainnya menyerupai nenas.

Kandungan Asam Amino dan Vitamin dalam Daun Lidah Buaya

Siapa yang menyangka ternyata daun pengecap buaya sangat kaya akan bermacam-macam asam amino. Sebagaimana kita ketahui, senyawa protein dibuat dari asam-asam amino. Ada 22 jenis asam amino penyusun senyawa protein dan daun pengecap buaya itu mengandung 20 jenis asam amino. Luar biasa bukan? Ketika badan kita kekurangan suatu jenis asam amino, maka penyusunan enzim atau hormon penting untuk metabolisme badan sanggup terganggu atau bahkan terhambat. Jadi, mengkonsumsi daun pengecap buaya tentu sanggup mengatasi hal ini. Perlu diketahui bahwa metabolisme (rekasi-reaksi kimia di dalam badan kita) itu membutuhkan bermacam-macam enzim atau hormon. Ada berbagai vitamin yang dikandung pengecap buaya. Menurut beberapa sumber, hanya vitamin D saja yang tidak terdapat di dalam pengecap buaya. Ini artinya semua vitamin lainnya lengkap ada dalam daun tumbuhan eksotik ini. Mungkin inilah pula yang mengakibatkan daun pengecap buaya sangat baik untuk meningkatkan ketahanan badan terhadap penyakit dan daya tahan terhadap stress. Metabolisme yang lancar ialah kunci kesehatan.

Kandungan zat antiradang di dalam pengecap buaya sering dimanfaatkan orang untuk mengobati bermacam-macam luka untuk pecahan luar (kulit). Anda mungkin telah usang mendengar bahwa getah daun pengecap buaya sanggup mengobati luka bakar. Rasanya yang sejuk dan cuek di kulit juga membantu meredam rasa nyeri. Vitamin E yang banyak dimilikinya membantu peremajaan kulit bekas luka bakar dan melembutkannya. Kandungan belerang, urea, dan nitrogen di dalam lendir pengecap buaya ialah antimikroba yang ampuh. Karena itu, ia sanggup dimanfaatkan untukmengatasi penyakit-penyakit yang disebabkan oleh basil dan mikroba lainnya. Beberapa artikel bahkan menyampaikan bahwa pengecap buaya mempunyai kemampuan virucidal atau pembasmi virus, yaitu pada virus herpes zoster.

Catatan penting:

Pada pecahan bawah daun pengecap buaya, erat pecahan yang hijau, terdapat terusan getah yang menghasilkan getah. Kandungan materi aktif dalam getah ini ialah senyawa kimia yang disebut sebagai antikuinon. Senyawa kimia ini mempunyai imbas pencahar (mengatasi sembelit). Akan tetapi, berdasarkan penelitian, pemakaian terus-menerus pada zat ini justru sanggup menimbulkan sembelit apabila dosisnya tidak ditingkatkan. Karena itu, sebaiknya jus pengecap buaya tidak dikonsumsi dalam jangka waktu panjang. Antikuinon juga sanggup berefek samping menyerupai kram pada perut, dehidrasi, dan kencing berwarna merah. Penggunaan pengecap buaya sebagai materi herbal (obat-obatan) tentunya juga memerlukan pengawasan andal herbal lantaran diharapkan takaran yang sesuai untuk setiap jenis keluhan, penyakit, dan individu yang bersangkutan.

Demikian goresan pena mengenai manfaat pengecap buaya bagi kesehatan. Jika anda mempunyai pengetahuan lain wacana manfaat pengecap buaya, tentunya komentar anda sangat diharapkan. Semoga bermanfaat, wassalam.

0 Response to "Manfaat Flora Pengecap Buaya Untuk Kesehatan"

Total Pageviews