Latest News

Cara Menciptakan Kincir Angin Mini

 Di penjual mainan anak keliling seringkali ditawarkan kincir angin berbahan plastik Cara Membuat Kincir Angin Mini
kecil, tapi elok kan kincir angin mininya..

Cara Membuat Kincir Angin Mini

Di penjual mainan anak keliling seringkali ditawarkan kincir angin berbahan plastik. Anak-anak niscaya suka dan bahagia hati membelinya. Harganyapun cukup murah. Tetapi, ketika saya masih kecil mainan sesederhana itu tidak ada yang jual. Mungkin alasannya yaitu saya tinggal di desa. Jadi, pada waktu dulu, ayah saya mengajari saya menciptakan kincir angin dari kertas. Kali ini, sekedar mengenang memori masa kecil dulu, saya akan menawarkan cara menciptakan kincir angin juga, tetapi berukuran kecil saja. Benda mungil ini kelihatan lebih unik alasannya yaitu ukurannya. Cara membuatnya sangat mudah sekali. Ayo kita ikuti.

Alat dan Bahan untuk Membuat Kincir Angin Mini

Berikut beberapa alat dan materi yang dibutuhkan untuk menciptakan kincir angin mini dari kertas bekas.
  1. Kertas sampul bekas. Sebenarnya anda sanggup memakai kertas apa saja. Tetapi saya mencoba memanfaatkan kertas bekas yang banyak saya miliki.
  2. Lem kertas dengan daya rekat yang kuat. Lem dengan daya rekat besar lengan berkuasa diharapkan supaya ketika kertas yang agak tebal ditekuk untuk dilem tidak gampang lepas. Saya memakai lem fox putih.
  3. Mistar untuk mengukur dan menggaris.
  4. Tusuk sate atau sedotan minuman, untuk batang pemegang kincir angin.
  5. Jarum pentul, sebagai poros kincir angin.
  6. Gunting untuk memotong kertas, atau cutter.
  7. Pulpen atau pensil untuk menciptakan tanda garis.
  8. Sepotong kecil styrofoam bekas pengganjal kemasan barang elektronik.

 Di penjual mainan anak keliling seringkali ditawarkan kincir angin berbahan plastik Cara Membuat Kincir Angin Mini
sebagian alat dan materi untuk menciptakan kincir angin mini

Langkah-Langkah Membuat Kincir Angin Mini

Berikut langkah-langkah untuk menciptakan kincir angin mini dari kertas bekas.
  1. Ukur kertas bekas anda dengan bentuk bujursangkar ukuran 9 cm x 9 cm. Jika ingin lebih kecil, anda sanggup membuatnya hingga ukuran 7 cm x 7 cm. Semakin kecil ukuran bujursangkar yang anda buat, semakin tinggi tingkat kesulitannya, juga kemungkinan kincir angin tidak sanggup berputar. Bereksperimenlah dengan ukuran jikalau anda ingin menciptakan dalam ukuran sangat mini.
  2. Buatlah garis diagonal pada keempat sudut bujursangkar sehingga membentuk abjad X padanya.
  3. Gunting bujursangkar tersebut pada tepinya. Inilah bab yang akan kita buat menjadi kincir angin mini.
  4. Pada garis diagonal yang berbentuk X tadi, guntinglah mengikuti alur diagonal dari sudut bujursangkar menuju titik sentra (perpotongan diagonal). Sisakan sekitar 1,5 cm dari titik pusat. Lakukan ini pada keempat titik sudut. Sekarang kertas anda sudah siap dibuat menjadi kincir.
  5. Ambil lem kertas yang daya rekatnya kuat, lekatkan ujung-ujung guntingan dari susut-sudut bujur sangkar. Satu ujung untuk satu sudut. Caranya, tekuk ujung-ujung guntingan itu ke arah tengah-tengah bujursangkar secara bertumpuk.
  6. Tahan beberapa ketika hingga lem menjadi cukup kering dan cukup besar lengan berkuasa untuk dilepas tanpa terlepas. Kini kincir anda sudah siap dipasang ke pegangannya.
  7. Potong sehelai kecil kertas karton sisa guntingan dengan ukuran 1,5 cm x 1, cm.
  8. Siapkan pula tusuk sate atau sedotan minuman (yang agak tebal sehingga cukup besar lengan berkuasa menopang kincir angin mini).
  9. Ambil jarum pentul yang telah disiapkan. Tusuk tengah-tengah tumpukan ujung kertas yang gres dilem tadi hingga tembus. Lalu teruskan hingga ke sisi belakang kincir, sempurna pada perpotongan diagonal bujursangkar yang sebelumnya kita buat garisnya.
  10. Cabut jarum pentul, besarkan lubang kecil itu dengan gunting berujung runcing atau ditusuk-tusuk dengan tusuk sate berulang kali sambil diputar-putar.
  11. Cabut tusuk sate jikalau lubang cukup besar telah terbentuk, ganti kembali dengan jarum pentul.
  12. Di bab belakang kincir, tambahkan lapisan kertas 1,5 cm x 1,5 cm sebagai penyangga kincir.
  13. Terakhir, tusukkan jarum pentul ke tusuk sate atau sedotan minuman pada salah satu ujungnya. Amankan bab ujung yang tajam yang mungkin tembus dengan memakai styrofoam sisa pengganjal kemasan barang elektronik.
  14. Nah, kincir angin mini anda siapkan dimainkan. Bawa ke tanah lapang untuk dibawa berlari anak-anak, atau kalau tak ingin capek, pasang di depan kipas angin. Wusss......... kincir angin mini berputar kencang. 
Baca Juga:
Cara Membuat Kupu-Kupu Kertas
Cara Membuat Kelinci Kertas
Cara Membuat Prakarya Kotak Pensil dari Barang Bekas

Demikian cara menciptakan kincir angin mini, semoga bermanfaat dan menambah kreatif bawah umur kita. Jika ada komentar atau saran, silakan tulis pada kotak yang tersedia di bawah goresan pena ini. Wassalam.

0 Response to "Cara Menciptakan Kincir Angin Mini"

Total Pageviews