Latest News

Prakarya Dari Daun Kering Untuk Siswa Sd

prakarya kolase ikan gurame dari daun kering Prakarya Dari Daun Kering untuk Siswa SD
prakarya kolase ikan gurame ini dibuat dari daun kering

Prakarya Dari Daun Kering untuk Siswa SD


Kali ini aku akan mengembangkan mengenai cara menciptakan prakarya dari daun kering. Prakarya yang akan kita buat ini cocok sekali untuk anak SD dan bagus untuk mengembangkan imajinasi mereka. Bahan utama pembuatan prakarya ini sangat gampang diperoleh, hanya daun kering. Selain itu bawah umur akan membutuhkan lem (yang kuat, misal lem pvc putih/lem fox putih), kertas bekas sampul makalah, dan gunting. Sisanya, kreativtitas dan daya imajinasi. Kita akan menciptakan kolase berbentuk ikan. Kolase dari daun kering berbentuk ikan sangat gampang dibuat alasannya bentuk tubuh ikan dan daun-daunan itu mirip: oval. Baiklah, kini mari kita ikuti langkahnya satu per satu.


Langkah-langkah menciptakan prakarya kolase ikan dari daun kering

Berikut ini ialah langkah-langkah menciptakan kolase ikan ibarat gambar di atas, dari materi daun-daun dan ranting kering yang ada di sekitar kita.
  1. Dalam kolase ikan ini, aku memakai daun rambutan, daun sirsak, daun asoka (kembang jarum), dan beberapa ranting kering belimbing wuluh. Pada prinsipnya, daun apapun boleh digunakan. Sama sekali tidak ada batasan.
  2. Kumpulkan daun-daun yang masih hijau, atau daun kering, atau yang gres menguning. Perhatikan dalam menentukan daun, biar selalu menentukan yang tidak robek atau berlubang-lubang alasannya dimakan ulat.
  3. Setelah daun dikumpulkan, daun mungkin perlu diratakan dengan memakai setrika, biar gampang ditempel pada kertas dasar kolase. Gunakan beberapa helai kertas sebagai bantalan dan pelapis daun biar tidak bersentuhan eksklusif dengan setrika.
  4. Aturlah letak daun-daun tersebut.
  5. Pertama-tama letakkan daun rambutan yang berukuran cukup besar di tengah kertas dasar kolase. Ini akan berfungsi sebagai tubuh ikan.
  6. Letakkan sekitar 5 atau 6 helai daun asoka (bunga soka) pada sisi atas dan sisi bawah tubuh ikan untuk menciptakan sirip.
  7. Gunting sehelai daun sirsak untuk membentuk kepala dan bab ekor. Sesuaikan ukurannya dengan ukuran daun rambutan.
  8. Buat mata ikan dengan menggunting daun lain, dengan warna yang berbeda untuk mata. Kita juga sanggup memakai kertas atau kapas untuk ini.
  9. Tambahkan sungut ikan yang dibuat dari tangkai daun kering belimbing wuluh sebanyak dua buah pada sisi perut ikan.
  10. Nah, prakarya kolase ikan dari daun kering kita sudah selesai. Ikan apa itu ya? Seperti ikan gurame kan? He..he...
  11. Untuk mempercantik, kita sanggup menyusun beberapa helai atau beberapa robekan daun kering lainnya untuk menciptakan bentuk tumbuhan air.
  12. Jadilah sudah prakarya dari daun kering berbentuk kolase ikan gurame, lengkap dengan flora airnya. Bagus bukan?

Demikian cara menciptakan prakarya dari daun kering berupa kolase ikan yang cocok sekali untuk siswa SD. Semoga bermanfaat. Wassalam.

Baca juga:
Prakarya Membuat Boneka dari Kertas Bekas
Prakarya Membuat Burung dari Kertas Bekas
Ayo, Membuat Ular dari Kertas Bekas. Cocok untuk Anak Taman Kanak-kanak dan SD

0 Response to "Prakarya Dari Daun Kering Untuk Siswa Sd"

Total Pageviews