Latest News

Manfaat Tanaman Cocor Angsa Untuk Kesehatan Tubuh

 Manfaat Tanaman Cocor Bebek untuk Kesehatan Tubuh Manfaat Tanaman Cocor Bebek untuk Kesehatan Tubuh
cocor belibis untuk baik untuk kesehatan

Manfaat Tanaman Cocor Bebek untuk Kesehatan Tubuh


Jaman aku masih kecil, aku sudah mengenal tumbuhan yang unik ini. Cocor bebek, namanya. Di kalangan ilmuwan dan andal botani, tumbuhan ini mempunyai nama ilmiah Kalanchoe pinnata atau Bryophillum calycinum atau Bryophyllum pinnatum. Tumbuhan yang berwarna hijau renta ini begitu menyolok mata alasannya ialah sanggup tumbuh tegak setinggi 60 cm hingga 70 cm. Kadang-kadang, pada tumbuhan yang sudah tua, muncul bunga-bunga kecil di ketiak daunnya pada batang utama yang berbentuk menyerupai lonceng berwarna ungu. Khas sekali. Dulu, ibu aku memakai daunnya untuk diremas dengan air cuek untuk materi kompres demam. Air remasan cocor belibis terasa sejuk di kulit dahi orang yang sedang menderita demam. Maklumlah, jaman dulu tidak ada materi lain untuk kompress. Sekarang banyak sudah dijual materi kompres instan menyerupai bye-bye-fever. Ibu akan mencelupkan sepotong saputangan ke air remasan cocor bebek, memerasnya dan menempelnya. Suhu panas yang ada pada badan kemudian akan beralih ke saputangan lembap tersebut.


Cocor belibis ialah tumbuhan yang termasuk sukulen, batang dan daunnya menyimpan air. Karena itulah batang dan daunnya berdaging dan lunak. Tanaman hias gotong royong tidak begitu menarik alasannya ialah warnanya. Saya kira eksistensinya tertolong alasannya ialah banyaknya manfaat tumbuhan ini untuk kesehatan badan kita. Tumbuhan yang berasal dari Madagaskar ini tersebar di wilayah Asia-Pasifik. Di kampung aku sendiri kami menyebutnya raja bangun. Ini alasannya ialah kemampuannya tumbuh walaupun telah dipotong (ditebas). Cocor belibis memang mempunyai cara perkembangbiakan yang unik. Dari tepi daunnya yang berbentuk bundar dan beringgit-inggit kecil itu akan tumbuh tubas-tunas kecil tumbuhan baru. Botaniawan menyebutnya sebagai tunas adventif, yaitu tunas yang tumbuh di tempat-tempat tak lazim. Iya lah tak lazim, alasannya ialah biasanya tunas itu kan tumbun di ujung batang atau di ketiak daun, bukannya di tepi daun menyerupai yang dimiliki oleh cocor bebek.

Banyak varietas (ataukah beda spesies?) tumbuhan cocor bebek. Lihatlah gambar di atas, dan bandingkan dengan gambar di bawah ini. Ibu aku juga menyebutnya raja bangun, dan mereka juga mempunyai sifat yang sama, yaitu sanggup menumbuhkan tunas gres dari pinggiran daunnya. Cocor belibis yang populer tentunya menyerupai tumbuhan pada gambar di atas. Daunnya hijau tua, membulat lonjong, dengan tepi beringgit jelas. Tangkai daun panjang ditempeli 5 atau 3 anak daun yang lebar dan berwarna ungu.
 Manfaat Tanaman Cocor Bebek untuk Kesehatan Tubuh Manfaat Tanaman Cocor Bebek untuk Kesehatan Tubuh
seperti bunga, daunnya tersusun roset
 Manfaat Tanaman Cocor Bebek untuk Kesehatan Tubuh Manfaat Tanaman Cocor Bebek untuk Kesehatan Tubuh
tunas adventif tumbuh di tepi daun cocor belibis ini
 Manfaat Tanaman Cocor Bebek untuk Kesehatan Tubuh Manfaat Tanaman Cocor Bebek untuk Kesehatan Tubuh
cocor belibis variegata

Cocor belibis mengandung bermacam-macam materi aktif yang bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa kandungan materi aktif yang bermanfaat antara lain bryophillin A sebagai antikanker, bersaldegenin-3-asetat dan bryophillin C sebagai  anti serangga. Selain itu juga terkandung materi aktif lainnya yang bersifat antioksidan, antimikrobial, dan sitotoksik.
Baca: Daftar Tanaman untuk Obat Herbal Kanker

Meskipun seluruh bab flora mengandung materi aktif, akan tetapi beberapa materi aktif penting terkandung pada daunnya. Karena itulah, bab yang banyak dipakai untuk pengobatan ialah daunnya. Secara umum, penggunaan daun cocor belibis yang telah cukup renta sanggup dengan dikeringkan kemudian dihaluskan untuk dibentuk materi minuman menyerupai teh. Manfaat yang sanggup diperoleh dari tumbuhan cocor belibis untuk kesehatan antara lain untuk pengobatan asma, nyeri lambung, pembunuh sel kanker, sakit kepala, antibakteri yang cocok untuk mengobati luka, ambien atau wasir, pelancar haid, radang indera pendengaran luar, muntah darah, materi kompres untuk demam, amandel, dan bisul.

Catatan penting:

Sebagaimana tumbuhan untuk materi obat tradisional lainnya, cocor belibis yang kaya akan materi aktif ini sebaiknya dipakai dengan takaran yang tepat. Konsultasi dengan andal kesehatan dan herbal mungkin diharapkan untuk mendapat pengaruh yang terbaik dalam pengobatan penyakit. Kesalahan dalam penggunaan takaran bisa saja menciptakan manfaat cocor belibis tidak maksimal untuk pengobatan, bahkan mungkin sebaliknya sanggup membahayakan.

0 Response to "Manfaat Tanaman Cocor Angsa Untuk Kesehatan Tubuh"

Total Pageviews