Memisahkan trafik Game Online dan Browsing memakai Firewall Mangle pada Mikrotik RouterOS yang dikutip dari website Resmi Mikrotik Indonesia - mikrotik.co.id
Traffic browsing dan game online sanggup dibedakan menurut protocol dan port yang digunakan. Fitur yang sanggup dipakai untuk kebutuhan tersebut yaitu mangle, dimana mangle sanggup dipakai untuk menandai (marking) paket data menurut port, protocol, src dan dst address, serta paramater lain yang dibutuhkan.
Untuk kasus ini, berarti kita harus mengetahui protocol dan port berapa yang dipakai oleh game online untuk menjalankan fungsi nya. Ada 2 cara untuk mendapat isu tersebut.
Pertama, dengan melaksanakan Torch pada dikala client menjalankan game tersebut. Sehingga akan didapat port dan protocol yang digunakan, atau kita sanggup mencari acuan dari internet untuk jenis port dan protokol yang dipakai pada game-game yang dimainkan.
Mangle Game Online
Untuk pembuatan mangle game, alasannya cukup banyak game-game yang akan di-mangle, akan lebih gampang jikalau dibentuk mark-connection semua game terlebih dahulu dengan marking yang sama.
Mangle Selain Game Online
Pada langkah sebelumnya telah dibentuk mangle untuk game. Selanjutnya tinggal dibentuk mangle untuk traffic selain game online. Di dalam nya sanggup terdapat traffic browsing,chating,dsb.
Sama dengan langkah marking pada traffic game, buat mark-packet sesudah langkah mark-connection selesai.
Manajemen bandwidth
Pada artikel ini akan dipakai Queue tree untuk melaksanakan administrasi bandwidth menurut mangle mark-packet yang sudah dibentuk sebelumnya. Sebagai asumsi, bandwidth total yang dimiliki dedicated 1Mbps
Langkah pertama, definisikan terlebih dahulu total bandwidth yang ada, baik untuk upload maupun download.
Test
Dengan memakai model HTB, antar traffic browsing dengan game sudah mempunyai bandwidth garansi masing-masing, sehingga jikalau keduanya berjalan bersamaan tidak akan saling mengganggu.
Traffic browsing dan game online sanggup dibedakan menurut protocol dan port yang digunakan. Fitur yang sanggup dipakai untuk kebutuhan tersebut yaitu mangle, dimana mangle sanggup dipakai untuk menandai (marking) paket data menurut port, protocol, src dan dst address, serta paramater lain yang dibutuhkan.
Untuk kasus ini, berarti kita harus mengetahui protocol dan port berapa yang dipakai oleh game online untuk menjalankan fungsi nya. Ada 2 cara untuk mendapat isu tersebut.
Pertama, dengan melaksanakan Torch pada dikala client menjalankan game tersebut. Sehingga akan didapat port dan protocol yang digunakan, atau kita sanggup mencari acuan dari internet untuk jenis port dan protokol yang dipakai pada game-game yang dimainkan.
Mangle Game Online
Untuk pembuatan mangle game, alasannya cukup banyak game-game yang akan di-mangle, akan lebih gampang jikalau dibentuk mark-connection semua game terlebih dahulu dengan marking yang sama.
Langkah di atas merupakan salah satu pola melaksanakan mar-connection dengan game yang memakai protocol tcp port 36567,8001 . Untuk game lakukan dengan langkah yang sama, sesuaikan protocol dan port yang digunakan.
Setelah langkah mark-connection selesai, barulah dibentuk mark-packet berdasar mark-connection=Koneksi-Game yang sebelumnya telah dibuatMangle Selain Game Online
Pada langkah sebelumnya telah dibentuk mangle untuk game. Selanjutnya tinggal dibentuk mangle untuk traffic selain game online. Di dalam nya sanggup terdapat traffic browsing,chating,dsb.
Sama dengan langkah marking pada traffic game, buat mark-packet sesudah langkah mark-connection selesai.
Hasil selesai dari konfigurasi mangle menyerupai berikut
Pada artikel ini akan dipakai Queue tree untuk melaksanakan administrasi bandwidth menurut mangle mark-packet yang sudah dibentuk sebelumnya. Sebagai asumsi, bandwidth total yang dimiliki dedicated 1Mbps
Langkah pertama, definisikan terlebih dahulu total bandwidth yang ada, baik untuk upload maupun download.
Selanjutnya, buat queue untuk traffic browsing dan game menurut mark-packet yang sudah dibentuk sebelumnya. Pada pola ini memakai model HTB dengan bandwidth minimal (limit-at)=512k dan max-limit=1Mbps.
Lakukan juga untuk traffic browsing upload dan game upload
Dengan memakai model HTB, antar traffic browsing dengan game sudah mempunyai bandwidth garansi masing-masing, sehingga jikalau keduanya berjalan bersamaan tidak akan saling mengganggu.
Sumber : mikrotik.co.id
0 Response to "Memisahkan Traffic Game Online Dan Browsing"