Latest News

Soal Dan Kunci Tanggapan Teknik Sepeda Motor Kelas Xi -Lulusujiansemua.Blogspot.Com - Soal Dan Pembahasan Un | Uambn Uasbn Unbk

Soal Otomotif  Teknik Sepeta Motor Lengkap Beserta Kunci Jawaban
1. Apabila katup hisap dan katup buang tertutup , dan piston bergerak dari TMA ke TMB maka langkah ini disebut . . . .
a. Kompresi
b. Buang
c. Hisap
d. Expansion
e. Usaha

2. Apabila katup hisap dan katup buang tertutup , dan piston bergerak dari TMB ke TMA maka langkah ini disebut . . . .
a. Kompresi
b. Buang
c. Hisap
d. Expansion
e. Usaha

3. Dalam proses pembakaran bakal terjadi bila terdapat komponen-komponen , kecuali . . . .
a. Api
b. Bensin
c. Udara
d. Bahan bakar
e. Diafragma

4. Alat yang berfungsi untuk mengontrol jumlah adonan yang masuk kedalam silinder guna
    mengontrol tenaga dan kecepatan sepeda motor yaitu . . . .
a. Filter udara
b. Tangki materi bakar
c. Konduktor
d. Isolator
e. Karburator

5. Agar sanggup bekerja sesuai dengan kondisi kerja mesin , maka karburator dibagi menjadi
    beberapa sistem , dan sistem tersebut antara lain , kecuali . . .
a. Sistem cuk
b. Sistem Pelampung
c. Sistem Kecepatan rendah
d. Sistem kecepatan tinggi
e. Sistem Pengisian

6. Berapakah sudut yang diharapkan poros engkol untuk menghasilkan satu tenaga pada motor
    4 tak . . . .
a. 700°
b. 540°
c. 180°
d. 360°
e. 720°

7. Berapakah sudut yang diharapkan poros engkol untuk menghasilkan satu tenaga pada motor
    2 tak . . . .
a. 700°
b. 540°
c. 180°
d. 360°
e. 720°

8. Dibawah ini yang bukan merupakan laba motor 4 langkah yaitu . . . .
a. Efisien dalam penggunaan materi bakar
b. Konstruksi rumit
c. Motor bekerja lebih halus pada putaran rendah
d. Perolehan tenaga lebih maksimum
e. Sistem pelumasan relatif lebih sempurna

9. Mesin yang langkah toraknya sama dengan diameter silinder yaitu . . . .
a. Small engine
b. Short engine
c. Long stroke engine
d. Square engine
e. Over square engine

10. Brosur motor Suzuki Smash memuat data diameter silindernya 53 ,5 mm dengan langkah
      piston 48 ,8 mm , tentukan volume langkahnya . . . .
a. 109 ,7 cc
b. 105 ,5 cc
c. 85 ,9 cc
d. 101 ,7 cc
e. 100 ,7 cc

11. Dalam memilih volume langkah sanggup dihitung dengan rumus :
 a. D² x L x
p x ½
 b. 4 x D² x L x 
p.
 c. D² x L x 
p.
d. 4 x D² x N x 
p.
 e.
p/4 x D² x L x N

12. Dalam memilih volume kompresi sanggup dihitung dengan rumus :
      a. Vc = π/4.D².S
      b. Vc = 4.D².S
      c. Vc = Vs – Vl
     d. Vc = Vs + Vl
     e. Vc = Vs : (CR-1)

13. Dalam memilih perbandingan kompresi sanggup dihitung dengan rumus :
    a. CR = (Vs + Vc) : Vc
    b. CR = Vs : Vc
    c. CR = (Vs + Vc) : Vs
    d. CR = Vc : Vs
    e. CR = Vs + Vc

14. Sebuah mesin dikatakan mesin dengan siklus 4 langkah yaitu . . . .
      a. Satu siklus terdapat 2 kali langkah piston , 2 ke atas dan 2 ke bawah. Sehingga dalam satu 
          siklusnya tercapai dalam 2 putaran poros engkol.
      b. Satu siklus terdapat 4 kali langkah piston , 3 ke atas dan 1 ke bawah. Sehingga dalam satu
          siklusnya tercapai dalam 2 putaran poros engkol.
      c. Satu siklus terdapat 4 kali langkah piston , 2 ke atas dan 2 ke bawah. Sehingga dalam 
satu
          siklusnya tercapai dalam 2 putaran poros engkol.
      d. Satu siklus terdapat 2 kali langkah piston , 1 ke atas dan 1 ke bawah. Sehingga dalam satu
          siklusnya tercapai dalam 2 putaran poros engkol.
      e. Satu siklus terdapat 2 kali langkah piston , 1 ke atas dan 1 ke bawah , dicapai dalam
         1 putaran poros engkol

15. Sebuah mesin dikatakan mesin dengan siklus 2 langkah yaitu . . . .
      a. Satu siklus terdapat 2 kali langkah piston , 2 ke atas dan 2 ke bawah. Sehingga dalam satu
          siklusnya tercapai dalam 2 putaran poros engkol.
      b. Satu siklus terdapat 4 kali langkah piston , 3 ke atas dan 1 ke bawah. Sehingga dalam satu
          siklusnya tercapai dalam 2 putaran poros engkol.
      c. Satu siklus terdapat 4 kali langkah piston , 2 ke atas dan 2 ke bawah. Sehingga dalam satu
          siklusnya tercapai dalam 2 putaran poros engkol.
      d. Satu siklus terdapat 2 kali langkah piston , 1 ke atas dan 1 ke bawah. Sehingga dalam satu
          siklusnya tercapai dalam 2 putaran poros engkol.
      e. Satu siklus terdapat 2 kali langkah piston , 1 ke atas dan 1 ke bawah , dicapai dalam 1
          putaran poros engkol
 
16. Sistem yang berfungsi untuk mengontrol anutan materi bakar sistem putaran menengah dan
      tinggi yaitu . . . .
      a. Main Jet
      b. Slow Jet
      c. Piston Valve Screw
      d. Pompa akselerasi
      e. ACV

17. Sistem yang berfungsi untuk mengontrol anutan materi bakar sistem putaran rendah dan
      menengah yaitu . . . .
     a. Main Jet
     b. Slow Jet
     c. Piston Valve Screw
     d. Pompa akselerasi
     e. ACV

18.  Bagian karburator yang terletak pada kanal stasioner dan kecepatan lambat , berfungsi untuk mempercepat anutan materi bakar yaitu :
     a. Economicer jet
     b. Dashpot
     c. Barrel
     d. Anti dieseling
     e. Anti Knocking

19. Dalam penyetelan adonan materi bakar pada karburator , bila pilot screw diputar ke kanan
      maka . . . .
      a. Campuran materi bakar menjadi kurus
      b. Jumlah adonan menjadi terlalu banyak udara
      c. Jumlah adonan menjadi kaya
     d.  Jumlah adonan tetap saja
     e.  Jumlah adonan berkurang

20. Pada dikala melaksanakan engine Tune up , dalam melaksanakan penyetelan celah katup yang
      diijinkan yaitu pada dikala mesin langkah . . . .
      a. Akhir Langkah isap
      b. Akhir Langkah buang
      c. Akhir Langkah usaha
      d. Akhir Langkah kompresi
      e. Semua langkah sanggup disetel

21. Dalam pengecekan sepeda motor , ternyata hasil jarak renggang katup masuknya yaitu
      tidak ada renggangnya , maka balasannya yaitu . . . .
      a. Motor sanggup lari kencang
      b. Motor berbunyi gemeritik
      c. Motor tidak ada perubahan
      d. Motor bakal suara eksklusif mati
      e. Motor kompresinya bakal hilang sebab terjadi kebocoran

22. Sepeda motor Honda Supra memiliki diameter silinder 50 mm dan panjang langkahnya
      = 49 ,5 mm , hitunglah volume silindernya . . . .
      a. 100 cc
      b. 100 cc
      c. 97 ,1 cc
      d. 98 ,1 cc
      e. 99 ,5 cc

23. Perbandingan Kompresi Sepeda Motor Honda Supra = 8 ,8 : 1. Isi silinder 97 ,1 cc.
      Isi ruang bakarnya sanggup dihitung . . . .
      a. 12 ,6 cc
      b. 12 ,4 cc
      c. 13 ,1 cc
      d. 13 ,1 cc
      e. 12 ,7 cc

24. Dalam kerjanya karburator harus sanggup mempertahankan komposisi adonan tersebut baik
      pada putaran mesin idle , menengah , tinggi dan beban maksimum.
      Berapakah adonan yang   ideal antara materi bakar dan udara pada kendaraan bermotor ?
      a. 1 : 5
      b. 1 : 10
      c. 1 : 15
      d. 1 : 20
      e. 1 : 25

25. 
Yang berfungsi untuk menampung sementara uap bensin yang berasal dari ruang pelampung
      pada karburator yaitu:
      a. Tangki materi bakar
      b. Filter.      
      c. Charcoal canister
      d. Karburator
      e. Fuel Pump
26. Tekanan kompresi di dalam ruang bakar sangat dipengaruhi oleh penyetelan celah katup.
      Celah katup terlalu renggang ataupun terlalu rapat bakal mengakibatkan tenaga motorpun
       juga terjadi perubahan. Maka dalam melaksanakan perawatan sepeda motor rata-rata celah
       katup yang benar untuk type cub yaitu . . . .
       a. 0 ,2 – 0 ,5 mm
       b. 0 ,02 – 0 ,05 mm
       c. 0 ,3 – 0 ,7 mm
       d. 0 ,03 – 0 ,09 mm
       e. 0 ,5 mm

27. Penyetelan celah katup sepeda motor perlu menepatkan posisi katup , untuk memastikan
      posisi tersebut langkah anda sebagai mekanik yaitu . . .
      a. Memutar rotor magnet dan menepatkan tanda T rotor dengan tanda pada body
          sepeda motor
      b. Memutar rotor magnet dan menepatkan tanda F rotor dengan tanda pada body
          sepeda motor
      c. Memutar rotor magnet dan menepatkan piston posisi teratas.
      d. Membuka tutup timing gear dan menepatkan tanda nol tepat di belakang
      e. Memutar rotor magnet sambil melihat katup IN turun dan naik lagi kemudian tepatkan
         tanda T dan tanda pada body sepeda motor.

28. Dalam penyetelan adonan materi bakar dan udara pada karburator , nama komponen untuk
      menyetel adonan tersebut yaitu . . . .
      a. Pilot screw
      b. Pilot air screw
      c. Pilot air bleed
      d. Pilot outlet
      e. Main screw

29. Dibawah ini yang bukan merupakan prosedur katup yaitu ....
      a. SV (Single Valve)
      b. OHV (Over Head Valve)
      c. OHC (Over Head Camshaft)
      d. BOHC (Bubble Over Head Camshaft)
      e. DOHC (Double Over Head Camshaft)

30. Salah satu fungsi sistem pelumas pada mesin sepeda motor yaitu , kecuali . . . .
      a. Pendingin
      b. Perapat
      c. Peredam
      d. Penggesek
      e. Pembersih

31. Sistem pelumas motor 2 tak dengan trik mencampur eksklusif minyak pelumas/oli pada
      tangki bensin pada perbandingan tertentu. Jika diketahui perbandingan antara bensin dengan
      minyak pelumas/oli yaitu 24 : 1 , artinya bila kita memiliki 6 liter bensin maka dicampur
      dengan berapa minyak pelumas . . . .
      a. 250 ml
      b. 200 ml
      c. 500 ml
      d. 350 ml
      e. 400 ml

32. Komponen pada sistem pengapian yang berfungsi untuk mengubah sumber tegangan rendah
      12 v menjadi sumber tegangan tinggi ± 10.000 V yaitu . . . .
       a. Alternator
       b. Ignition Coil
       c. Generator
       d. Kapasitor
       e. Kondensor

33. Komponen pada sistem pengapian yang berfungsi untuk mencegah terjadinya loncatan bunga
      api pada platina menyerupai percikan apa pada busi yaitu . . . .
      a. Alternator
      b. Ignition Coil
      c. Generator
      d. Kapasitor
      e. Kondensor

34. Pada sistem pengapian Arus listrik AC (Alternating Current) , dari manakah didapatkan
      sumber arus listriknya . . . .
      a. Alternator
      b. Ignition Coil
      c. Transistor
      d. Kapasitor
      e. Kondensor

35. Komponen pada sistem pemindah tenaga yang berfungsi untuk meneruskan dan memutuskan
      putaran dari poros engkol ke transmisi/persneling yaitu . . . .
      a. Balancer shaft
      b. Crank case
      c. Cam Shaft
      d. Clutch
      e. Connecting rod
36. Menurut trik kerjanya , tipe kopling yang dipakai pada sepeda motor ada dua jenis yaitu . .
      a. Kopling tunggal dan kopling ganda
      b. Kopling berair dan kopling kering
      c. Kopling otomatis dan kopling manual
      d. Kopling manual dan kopling V belt
      e. Kopling hidrolik dan kopling pneumatic

37. Kopling yang penempatannya berada di luar ruang oli dan selalu terbuka dengan udara luar
      untuk menyalurkan panas yang dihasilkan dikala kopling bekerja yaitu . . . .
      a. Kopling tunggal
      b. Kopling basah
      c. Kopling manual
      d. Kopling kering
      e. Kopling otomatis
38. Apa balasannya bila kita menyetel pelampung terlalu ekstrem tinggi :
a. Bensin tidak sanggup masuk ke karburator
b. Bensin eksklusif mengalir dari nosel utama
c. Bensin tidak sanggup terisap karburator
d. Bensin masuk ke dalam pelampung
e. Bensin masuk dengan ideal

39. Jumlah anutan bensin dan udara pada dikala idle sanggup diatur melalui…
a. Sekrup penyetel gas
b. Sekrup penyetel jet utama
c. Sekrup penyetel campuran
d. Sekrup penyetel jet udara
e. Pelampung dan Jarum Pelampung

40. Salah satu Keuntungan karburator yang memiliki diameter venturi kecil adalah…
a. Pengabutan bensin baik dikala anutan udara lambat
b. Pengabutan bensin buruk dikala anutan udara lambat
c. Daya motor tinggi sebab anutan gas tidak terhambat
d. Daya motor tinggi sebab pengabutan baik
e. Pengabutan adonan materi bakar dan udara ideal

II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat !
     1. Jelaskan proses kerja motor 4 tak dan 2 tak ! (disertai dengan gambar)
     2. Sebutkan dan jelaskan pembagian terstruktur mengenai prosedur katup berdasarkan tata letaknya !
     3. Sebutkan komponen-komponen sistem pengapian , dan jelaskan fungsinya !
     4. Sebuah mesin dengan D = 50 mm dan L = 45 mm , dan perbandingan kompresinya 8 ,8 : 1.
         Hitunglah volume langkahnya dan volume kompresi !
     5. Jelaskan dan gambarkan trik kerja kopling manual dan otomatis !

Demikianlah Soal UAS Teknik Sepeda Motor Kelas XI Lengkap Beserta Kunci Jawaban , supaya bermanfaat.

Berbagai Sumber

0 Response to "Soal Dan Kunci Tanggapan Teknik Sepeda Motor Kelas Xi -Lulusujiansemua.Blogspot.Com - Soal Dan Pembahasan Un | Uambn Uasbn Unbk"

Total Pageviews