Latest News

Rangkuman Bahan Un/Unbk Bahasa Inggris Sma/Smk/Ma/Mak: Pola Soal Danpembahasan Per Sklpart-4 - Foldersoal.Com - Soal Dan Pembahasan Un | Uambn Uasbn Unbk

Tulisan Rangkuman Materi UN/UNBK Bahasa Inggris SMA/SMK/MA/MAK: Contoh Soal dan Pembahasan Per SKL Part-4 ialah lanjutan ringkasan materi ujian nasional b. Inggris kelas 12 belahan ke-3 , dan belahan ke-4 berisikan materi yang berbeda dengan sebelumnya , yaitu perihal Menentukan Gambaran Umum/ Informasi Tertentu/ Informasi Rinci/ Informasi Tersirat dari Teks Monolog yang Diperdengarkan.

Berikut dibawah ini , ringkasan materi ujian nasional berbasis komputer bahasa Inggris untuk siswa SMA/MA/Sederajat di tahun pemikiran 2019.

4# Menentukan Gambaran Umum/ Informasi Tertentu/ Informasi Rinci/ Informasi Tersirat dari Teks Monolog yang Diperdengarkan.


1. Menentukan Gambaran Umum dalam Monolog

Setrik garis besar , trik memilih citra umum dalam menolong sama dengan trik memilih citra umum pada sebuah percakapan. Gambaran citra umum dalam sebuah monolog menggambarkan isi keseluruhan teks monolog. Untuk mendapat citra umum dari sebuah monolog. Carilah kata-kata yang berulang kali disebutkan atau kata yang memiliki relasi satu  dengan lainnya.
Contoh:
- What is the most suitable title for the monolog?
- What is the monolog about?

Latihan Soal Tipe UN/UNBK B. Inggris 

1. Narrator : There was once a poor woman who wished very much to have a little child. She want to a fairy godmother who lived near the green meadow in a valley. The woman received a barleycorn seed from the fairy. She went home and planted it in a flowerpot. Several days later , the seed grew up into a large beautiful flower. Surprisingly , the woman saw a little girl inside the flower. The sweet little girl was as long as a thumb. The woman gave her the name Thumbeline because she was so small.
Question: What is the story about?
a. A fairy godmother
b. The barleycorn
c. The beautifull flower
d. Thumbeline , a tiny little girl
e. A poor man who lived in the forest
Jawaban: D

Pembahasan:
Pembahasan pokok dari teks monolog ini ialah mengenai Thumbeline.

2. Narrator : There’s a new restaurant near the park. The restaurant is outside in a garden. There are some trees and plants in the garden. Some tables are ckelewat / overed with umbrellas and some others are under a big tree. The waitresses are beautifull , friendly and polite. They wear uniform. The restaurant’s special hidangan is seafood and chinese food. It is said that the restaurant has skilled male cooks. No wonder that the restaurant is always crowded with customers.
Question: What is the text about?
a. A new restaurant
b. A new restaurant near a park
c. The new restaurant’s skilled cooks
d. The new restaurant’s special menu
e. The restaurant’s beautifull waitresses
Jawaban: B

Pembahasan:
Pilihan balasan A , masih terlalu umum. Sedangkan untuk pilihan C , D , dan E sudah terlalu spesifik. Oleh alasannya ialah itu , balasan yang sempurna ialah “A new restaurant near a park”.

2. Menentukan Informasi Tertentu dalam Monolog

Setrik garis besar , trik memilih isu tertentu dalam monolog sama dengan trik memilih isu tertentu pada sebuah percakapan.informasi yang ditanyakan disebutkan terang dalam monolog dan gampang dipahami.
Contoh:
- What is the woman suggesting?
- What dose the woman want to buy?

Latihan Soal Tipe UN/UNBK B. Inggris 

1. Narrator : On Friday , we went to the Blue Mountains. We stayed at David and Della’s House. It has a big garden with lots of colorful flowers and a tennis court. On Saturday , we saw The Three Sisters. There , we went on the scenic railway. It was scary. Then , mommy and I went shopping with Della. We went to some antique shops , and I tried on some old hats. On Sunday , we went on the scenic skyway. We saw cockkatoos having a shower. In the afternoon , we went home.
Question: Where did they go shopping?
a. To the mall
b. To the market
c. To the boutique
d. To some antique shops
e. To the department store
Jawaban: D

Pembahasan:
Dalam teks monolog ini diperdengarkan kalimat “We went to some antique shops . . . “

2. Narrator : Don took us for dinner at ‘Bambu Kuning’ restaurant as a special treat. For the first course , we had Onion Soup. For the main course , Don ordered Deep Fried Shrimp , Crab Stuffing , Yakiniku , Arataki , Cap Cay and Don’s favorite food , Roest Duckling with Apple Sauce. We all were satisfied and enjoyed the meal.
Question: What is Don’s favorite food?
a. Arataki
b. Cap Cay
c. Yakiniku
d. Onion Soup
e. Roest Duckling with Apple Sauce
Jawaban: E

Pembahasan:
Dalam monolog ini terdapat kalimat “ . . . Don’s favorite food , Roast Duckling with apple Sauce.”

3. Menentukan Informasi Rinci/ Informasi Tersirat dalam Monolog.

Setrik garis besar , trik memilih isu rinci/ isu tersirat dalam monolog sama dengan trik memilih isu rinci/informasi tersirat pada sebuah percakapan.

Latihan Soal Tipe UN/UNBK B. Inggris 

Narrator : Italy enjoyed a highly developed and specialized civilization from about 264 B.C. until the fall of the Roman Empire in 476 A.D. Important contributions were made in art , science , education , religion , and architecture. Remains of Roman-aqueducts and amphitheaters can still be seen in various parts of Africa and Europe today. Probably , the most lasting of the Roman heritage to the world can be found in laws based on Roman legal principles as found in England , Latin America and the United States , as well as the Roman alphabet which forms the basis of many languages among which are English , Spanish and German.
Question : Where can we still find evidence of Roman architecture today
a. Asia
b. Africa
c. Russia
d. United States
e. Latin America
Jawaban: B

Pembahasan:
Dalam monolog ini , terdapat kalimat “Remains of Roman-aqueducts and amphitheaters can still be seen in various parts of Africa and Europe today.

Keterangan Tambahan:

1. Informasi Tertentu dalam Sebuah Teks

Informasi tertentu merupakan isu yang paling gampang ditemukan dalam sebuah teks alasannya ialah tertera jelas. Pertanyaannya biasa menggunkan WH question words dan bersama-sama hanya terdapat dalam teks tertentum , contohnya ‘a train schedule’ , ‘a telephone book.’ Dan sebagainya.

2. Gambaran Umum dalam Sebuah Teks

Gambaran Umum dalam sebuah teks ialah isu yang menggambarkan perihal isi sebuah paragraf atau teks setrik keseluruhan. Untuk mendapat sebuah topik dalam paragraf atau teks , carilah kata-kata yang paling sering dipakai dalam paragraf atau teks tersebut.

3. Informasi Rinci dalam Sebuah Teks

Informasi Rinci dalam sebuah teks ialah informsi perihal suatu hal. Informasi ini harus ada di dalam teks. Untuk menemukan isu rinci , teks harus dibaca dengan cermat dan teliti.

4. Pikiran Utama Paragraf

Pikiran Utama suatu Paragraf ialah suatu wangsit dari penulis perihal topic dari paragraf yang bersangkutan. Makara , pikiran utama dalam paragraf merupakan topic yang lengkap. Oleh alasannya ialah itu , pikiran utama suatu paragraf dinyatakan dalam bentuk kalimat. Untuk memudahkan mendapat pikiran utama suatu paragraf , lebih baik mencari topik dari paragraf tersebut.

5. Informasi Tersirat dalam Sebuah Teks

Informasi Tersirat ialah isu yang tidak tertera terang dalam sebuah teks. Informasi tersebut merupakan makna/kesimpulan dari yang tertulis dalam teks. Untuk menemukan isu tersirat , bacaah teks dengan teliti , dan cari kata yang merupakan petunjuk untuk memahami teks atau kalimat tersebut.

6. Rujukan Kata dalam Sebuah Teks

Dalam buku-buku berbahasa inggris , pengulangan kata sedapat mungkin dihindari. Untuk menghindari adanya pengulangan kata , maka dipakai ‘pronouns’ sebagai kata pengganti (substitusi words). Letak kata pengganti tidak jauh dari kata yang dirujuk (reference word)

Baca juga:
- 45 Soal Latihan UN/UNBK Bahasa Inggris Kelas XII Beserta Jawaban
Contoh Soal UTS Bahasa Inggris Kelas XII Semester 2 Beserta Jawaban

7. Makna Kata dalam Sebuah Teks

Pertanyaan yang biasa muncul dalam soal yang menanyakan makna kata menanyakan baik makna maupun persamaan dan juga lawan kata dari kata yang ditanyakan dalam soal.

Lanjut ke ringksan ujian nasional belahan ke-5 => Rangkuman Materi UN/UNBK Bahasa Inggris SMA/SMK/MA/MAK: Contoh Soal dan Pembahasan Per SKL Part-5
Berbagai Sumber

0 Response to "Rangkuman Bahan Un/Unbk Bahasa Inggris Sma/Smk/Ma/Mak: Pola Soal Danpembahasan Per Sklpart-4 - Foldersoal.Com - Soal Dan Pembahasan Un | Uambn Uasbn Unbk"

Total Pageviews