Latest News

Ketahui Keyword Yang Membawa Banyak Pengunjung Ke Blog Anda

Cara Mengetahui Keyword yang Membawa Banyak Pengunjung Ke Blog Anda


Setiap hari dari sekian banyak para peselancar internet, beberapa di antaranya akan mampir ke blog anda. Jumlahnya tentu saja tidak sama setiap hari. Trafik blog dalam rentang waktu seminggu adakala mengalami peningkatan, adakala sanggup juga mengalami penurunan. Tetapi, tahukah anda bagaimana sanggup para peselancar internet yang sedang browsing itu sanggup mampir ke blog anda? Apa kata kunci atau keyword yang telah mereka ketik di mesin pencari macam google sehingga mereka sanggup menemukan blog anda di halaman hasil pencarian (SERPs)?

Jika anda ingin tau keyword apa saja yang telah membawa mereka (para pembaca blog) ini landas di kawasan anda, mungkin ulasan berikut sanggup menjelaskannya. Mari kita simak sama-sama.

Setidaknya ada 2 cara yang sanggup anda lakukan untuk mengetahui keyword apa yang telah membawa pengunjung hingga ke blog anda. Kedua cara itu ialah dengan mengamati data statistik pada Google Webmaster Tools (GWT) dan dashboard blogger. Saya akan lebih dulu mengulas dashboard blogger, alasannya ialah ini ialah data yang lebih praktis dibanding data yang diberikan oleh google webmaster tools.

 Cara Mengetahui Keyword yang Membawa Banyak Pengunjung Ke Blog Anda Ketahui Keyword yang Membawa Banyak Pengunjung Ke Blog Anda
keyword atau kata kunci ialah bab penting SEO

Keyword dari Data Dashboard Blogger

Untuk melihat data keyword apa yang telah menciptakan pengunjung internet menyambangi blog anda sanggup dilihat melalui Blogger Dashboard > Stats (statistik) > Traffic Sources (sumber kemudian lintas) > Search Keywords (kata kunci pencarian).

Data yang ditampilkan di sini tentunya ialah kata-kata kunci pencarian teratas. Pada sisi atas sebelah kanan anda sanggup mengganti opsi rentang waktu statistik yang diberikan: Now (sekarang); Day (Hari); Week (Minggu); Month (Bulan); dan All Time (Seluruh Waktu mulai blog anda dibuat).



Data keyword yang diberikan oleh dashboard blogger memang sangat simpel. Tetapi ini sanggup menciptakan anda dengan cepat memahami kata kunci apa yang telah bekerja dengan baik dikala anda menempatkannya di dalam artikel blog (konten). Lihatlah pola pada gambar di bawah ini, kata kunci pencarian yang sangat ampuh untuk membawa pengunjung mampir ke blog ini adalah: cara menciptakan mainan tradisional; cara menciptakan bintang dari sedotan, dan seterusnya. Pada setiap kata kunci atau keyword yang terkenal untuk blog dimaksud, juga diberikan angka pageviews (tampilan halaman).
 Cara Mengetahui Keyword yang Membawa Banyak Pengunjung Ke Blog Anda Ketahui Keyword yang Membawa Banyak Pengunjung Ke Blog Anda
kata kunci pencarian di dashboard blogger

Keyword dari Data Google Webmaster Tools

Baiklah, google webmaster tools memang sangat manis untuk dijadikan tumpuan data bagi para blogger. Data yang diberikan saya rasa sangat cukup untuk membangun blog biar menjadi lebih SEO friendly, asal sanggup dipakai dengan baik dan efektif. Pokoknya, saya cinta banget deh dengan GWT ini, apalagi ia ialah alat gratis yang diberikan oleh google sang raksasa internet kepada para blogger dan webmaster. Oleh alasannya ialah itu, jikalau anda belum memiliki akun di google webmaster, saya rasa anda harus segera dikala ini juga memulainya. Silakan mendaftar (sign up) dengan menuju mengecek backlink ke blog anda, kemudian mengetahui bermacam-macam error yang terdapat di blog anda dan anjuran untuk memperbaiki semisal 404 crawl error page not found.

Baiklah, kini kita kembali ke pembahasan perihal data keyword. Anda ingin tahu keyword apa yang menciptakan para pengguna internet menemukan blog anda dan meluncur untuk membolak-balik halamannya? Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

  • Masuk (sign in) ke akun Google Webmaster Tools anda.
  • Pilih blog (jika anda punya beberapa blog yang telah diintegrasikan dengan GWT) yang ingin dilihat datanya.
  • Pada sajian sebelah kiri, pilihlah Lalu Lintas Penelusuran > Kueri Penelusuran.

Nah, di sinilah letak data keyword-keyword yang telah mengantarkan pengunjung ke blog anda. Perhatikan bahwa data yang diberikan di sini akan jauh lebih lengkap dibanding yang telah diberikan oleh dashboard blogger, dengan satu kekurangan dibanding dashboard blogger: Anda tidak sanggup menampilkan rentang waktu selama blog dibentuk (All Time). GWT membatasi data yang diberikan hanya hingga 3 bulan saja. Data sebelum 3 bulan yang kemudian tidak sanggup anda tampilkan di GWT.
 Cara Mengetahui Keyword yang Membawa Banyak Pengunjung Ke Blog Anda Ketahui Keyword yang Membawa Banyak Pengunjung Ke Blog Anda
kueri penelusuran menawarkan kata kunci utama pengunjung hingga ke blog anda
 Cara Mengetahui Keyword yang Membawa Banyak Pengunjung Ke Blog Anda Ketahui Keyword yang Membawa Banyak Pengunjung Ke Blog Anda
contoh data kueri penelusuran google

Perhatikan gambar di atas. Ada dua pilihan utama data yang diberikan, yang pertama ialah keyword-keyword yang paling banyak membawa pengunjung dari google search (pencarian google) ke blog anda, dan Laman Teratas, yaitu halaman yang paling banyak dikunjungi pembaca dari arus pencarian google. Karena kali ini kita sedang membahas keyword (kata kunci) maka kita akan memperhatikan bab kueri teratas yang memuat data kata kunci saja.

Pada bab pojok atas sebelah kanan anda sanggup memakai rentang waktu yang anda inginkan dalam selang waktu paling banyak 3 bulan terakhir. Kaprikornus mungkin ada baiknya sesekali secara terencana anda mengunduh data ini alasannya ialah nantinya tidak akan sanggup ditampilkan kembali. Mungkin data-data ini sanggup dimanfaatkan sebagai rekam jejak bagaimana kinerja blog anda di google search engine.

Pilihlah suatu rentang waktu tertentu pada pojok sebelah kanan atas, kemudian perhatikan data keyword yang telah berhasil membawa pengunjung ke blog anda, berapa banyak laman terkait kata kunci tersebut ditayangkan, berapa banyak klik yang diperoleh (dilakukan pengunjung), RKT (Click Through Rate) dalam angka persen, dan posisi rata-rata (ranking) laman terkait pada SERPs ketika pengguna mengetikkan kata kunci tersebut di kolom pencarian google. Data yang menarik bukan untuk dicermati?

Ya, data-data itu sangat bermanfaat untuk anda dalam memilih taktik berikutnya sehingga posisi blog anda semakin besar lengan berkuasa di halaman hasil pencarian google. Bahkan mungkin anda akan mulai sanggup melihat pola ke arah mana sebaiknya artikel-artikel blog (konten) yang akan tiba dibuat. Dari data itu anda sanggup melihat mana halaman (artikel) yang berpotensi menjadi landing page, selain landing page utama yang telah anda miliki (mempunyai ranking atas di halaman pertama SERPs google). Selain itu, tentu saja anda akan sanggup menciptakan keputusan perihal kata kunci apa yang mungkin nantinya dipakai untuk artikel-artikel (konten) yang akan dibentuk dan diterbitkan.

Sekarang, perhatikanlah tombol “Dengan Perubahan” yang terdapat di atas data keywords tersebut. Cobalah klik. Voila! Anda sanggup melihat bagaimana dinamika keyword yang telah anda terapkan pada artikel-artikel tertentu ketika harus bersaing dengan artikel-artikel dari blog kompetitor (pesaing) anda di halaman hasil pencarian google (SERPs). Anda sanggup melihat, bagaimana posisi blog (artikel blog) anda naik atau turun. Warna merah menawarkan bahwa untuk kata kunci yang bersangkutan terjadi penurunan kinerja. Hal ini sanggup terjadi alasannya ialah adanya artikel-artikel gres oleh blog kompetitor anda, atau alasannya ialah artikel yang telah anda suguhkan telah menurun pamornya di mata google. Sementara, untuk warna hijau bermakna bahwa kata kunci yang anda bidik bersama artikel terkait semakin memperbaiki kinerja blog anda di SERPs dan CTR (RKT) oleh pembaca. Berikutnya, dengan mengetahui hal ini anda akan sanggup kembali memilih taktik ke depannya perihal apa yang harus anda lakukan dengan blog anda.

Demikian cara mengetahui keyword yang membawa banyak pengunjung ke blog anda dan memanfaatkannya untuk meningkatkan performa blog anda sehingga traffic sanggup lebih meningkat. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Wassalam.

Baca Juga:

Teknik-Teknik Dasar SEO untuk Bersaing di Google
Tips Link Building Terbaru
Mengapa Blog Harus Mobile Friendly
Cara Membuat Halaman Privacy Policy yang Gratis dan Mudah

0 Response to "Ketahui Keyword Yang Membawa Banyak Pengunjung Ke Blog Anda"

Total Pageviews