Latest News

Cara Perawatan Rambut Rontok Sesudah Melahirkan (Telogen Effluvium)

Apakah anda memiliki keluhan kerontokan rambut? Ada bermacam-macam lantaran mengapa rambut sanggup mengalami kerontokan. Rambut yang rontok dari kulit kepala yakni hal yang wajar, asalkan jumlahnya tidak hiperbola alias dalam jumlah banyak. Jika anda mengalami kerontokan rambut yang berdasarkan anda sudah di atas kondisi normal, maka mungkin sebaiknya anda melaksanakan perawatan rambut rontok.


Rambut Anda Rontok Setelah Melahirkan dan Menyusui?

Para perempuan sering mengalami kerontokan rambut sehabis melahirkan. Istilahnya postpartum hair loss. Diperkirakan satu dari dua perempuan yang gres melahirkan dan masih dalam masa menyusui mengalami kerontokan rambut jenis ini (telogen effluvium alias pospartum hair loss. Mengapa kerontokan rambut dalam jumlah besar ini terjadi pada perempuan atau ibu yang gres melahirkan dan sedang menyusui? Jawabannya yakni lantaran terjadinya penurunan yang drastis dari hormon-hormon kewanitaan yang ada padanya. Hormon yang dimaksud yakni hormon estrogen, dan progesteron. Pada masa kehamilan, saat kadar hormon-hormon tersebut dalam badan tinggi, maka rambut akan terlihat lebat dan subur. Tetapi, saat akhir melahirkan, penurunan hormon kemudian menyebabkan rambut menjadi rontok. Meskipun ini yakni hal yang alamiah dan tentu terjadi pada semua perempuan yang gres melahirkan atau sedang menyusui, pada beberapa orang kerontokan rambut terasa sedemikian parah sampai menciptakan khawatir dan terasa mengganggu.

Klinik atau Salon Perawatan Rambut Rontok

Jika memang kerontokan rambut sudah terasa cukup mengkhawatirkan, maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan pakar kesehatan rambut yang ada di kota anda. Biasanya, ada klinik-klinik atau salon yang menunjukkan perawatan rambut rontok sehabis melahirkan. Tetapi, bagaimana jikalau anda terlalu repot untuk pergi ke klinik atau salon untuk melaksanakan perawatan rambut? Anda masih sanggup melaksanakan perawatan rambut rontok sendiri dengan bahan-bahan alami yang gampang diperoleh di sekitar anda, dan sedikit tips kecil berikut mungkin akan bermanfaat untuk merawat rambut rontok anda.

Melakukan Perawatan Rambut Rontok Sendiri di Rumah

Kandungan Gizi Makanan

Makanlah masakan yang bergizi. Penuhi kebutuhan nutrisi anda dan bayi anda melalui air susu. Selain itu anda juga akan mendapat benefit dengan makan masakan bergizi, yaitu menutrisi rambut anda. Cukupi kebutuhan vitamin E, B, dan C anda lantaran penting untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut. Melalui cara ini, ada melaksanakan dua hal sekaligus, mengatakan yang terbaik untuk bayi anda dan juga melaksanakan perawatan rambut rontok secara alami. Bahan masakan menyerupai kacang-kacangan, daun yang berwarna hijau, serta daging yang berwarna merah menyerupai ikan tongkol, daging sapi, dan sebagainya sangat bagus untuk anda. Jangan lupakan buah-buahan juga sebagai perhiasan vitamin. Jikapun merasa kurang, anda sanggup memakai suplemen vitamin.

Gunakan Produk Perawatan Rambut Rontok

Beragam produk perawatan rambut rontok banyak tersedia di toko-toko kosmetik. Anda sanggup bertanya dan meminta saran kepada kenalan atau sahabat anda, atau meminta rekomendasi jago kecantikan dan kesehatan rambut yang mungkin ada di klinik atau salon langganan anda. Biasanya produk perawatan rambut rontok yang dianjurkan yakni produk-produk yang mengandung biotin, zinc, dan silika.

Gunakan Bahan Herbal dan Bahan Alami dari Dapur

Banyak sekali tumbuhan yang berguna sebagai herbal untuk perawatan rambut rontok. Anda mungkin sudah sering mendengar bagaimana keampuhan lendir dari daging daun pengecap buaya, sari remasan daun dan batang urang-aring, daun seledri, sampai santan kelapa.
Baca juga:
Manfaat Tanaman Lidah Buaya untuk Kesehatan

Hindari Tekanan Berat Pada Rambut dan Kulit Kepala

Beragam alat-alat yang biasa dipakai untuk rambut sanggup mengatakan tekanan lebih berat dan menambah kerontokan. Karena itu, hindari penggunaan hair dryer, mengikat rambut terlalu kencang, catokan, serta sisir yang terlalu rapat. 
Baca juga: 
Manfaat Kenanga untuk Kesehatan

Nikmati Saja

Nikmati saja jikalau rambut anda rontok. Ini yakni harga yang harus dibayar untuk kebahagiaan menjadi ibu gres dan menikmati korelasi indah dengan bayi anda. Melalui cara menyerupai ini anda akan mengurangi stres dan menganggap bahwa kerontokan rambut anda yakni hal yang wajar, lantaran ini memang benar-benar masuk akal dan alamiah. Anda sanggup memotong rambut dan merapikannya. Pilihlah gaya rambut yang pendek dan mudah sehingga anda tidak perlu mengikat dan menyisir rambut terlalu sering, apalagi anda memang sedang menyusui bayi. Rambut yang panjang justru akan menyulitkan anda untuk menyusui kecuali harus mengikatnya.

Baca juga:
Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan
Manfaat Tanaman Okra untuk Kesehatan
Khasiat dan Manfaat Tumbuhan Andong

0 Response to "Cara Perawatan Rambut Rontok Sesudah Melahirkan (Telogen Effluvium)"

Total Pageviews