Latest News

Cara Memelihara Tanaman Jambu Mete

Cara Memelihara Tanaman Jambu Mete - Pemeliharaan Tanaman Jambu Mete antara lain:

Penyiraman Tanaman Jambu Mete
Bibit yang gres ditanam memerlukan banyak air. Oleh alasannya itu tumbuhan perlu disiram pada pagi dan sore hari. Penyiraman dilakukan secukupnya dan air siraman jangan hingga menggenangi tanaman.
Penyulaman
Penyulaman dilakukan setalah tumbuhan berumur 2-3 tahun. Apabila tumbuhan berumur =3 tahun maka pertumbuhan tumbuhan sulaman umumnya kurang baik atau akan terhambat.
Penyiangan dan Penggemburan
Bibit jambu mete mulai berdaun dan bertunas sesudah 2-3 bulan ditanam. Pembasmian gulma sebaiknya dilakukan sekali dalam 45 hari. Tanah yang disiram setiap hari tentu semakin padat dan udara di dalamnya semakin sedikit. Akibatnya, akar tumbuhan tidak leluasa menyerap unsur hara. Untuk itu tanah di sekitar tumbuhan perlu digemburkan.

Cara Memelihara Tanaman Jambu Mete

 Bibit yang gres ditanam memerlukan banyak air Cara Memelihara Tanaman Jambu Mete
Cara Memelihara Tanaman Jambu Mete

Pemupukan
Tanaman jambu mete dipupuk dengan pupuk kandang, kompos, atau pupuk buatan. Pemberian pupuk kandang/ kompos dilakukan dengan cara menggali parit melingkar, di luar tajuk sebanyak ± 2 blek minyak tanah (.... 20 kg). Pupuk dituangkan ke dalam parit dan ditutup dengan tanah. 
Pemangkasan 
Cara pemangkasan tumbuhan jambu mete dilakukan sebagai berikut:
  • Tunas-tunas samping pada bibit terus-menerus dipangkas hingga tinggi cabang mencapai 1 - 1,5 m dari tanah.
  • Pilih 3 - 5 cabang sehat dan baik posisinya terhadap batang pokok .
  • Pemangkasan ini dilakukan sebelum tumbuhan berbunga. Pemangkasan untuk pemeliharaan dilakukan sesudah tumbuhan berbuah.
Penjarangan
Penjarangan dilakukan sedikit demi sedikit pada ketika tajuk tumbuhan saling menutupi. Apabila jarak tumbuhan 6 x 6 m dan ditanam secara monokultur maka tajuk tumbuhan diperkirakan sudah bersentuhan pada tahun 6 - 10 tahun. Pada ketika itu penjarangan mulai dilakukan. 
Demikian artikel ttg Cara Memelihara Tanaman Jambu Mete, supaya memberi manfaat.
Baca juga:

0 Response to "Cara Memelihara Tanaman Jambu Mete"

Total Pageviews