Latest News

Hama Dan Penyakit Flora Jambu Air

Hama dan Penyakit Tanaman Jambu Air - . Hama Penyakit yang menyerang Budidaya Jambu Air banyak jenisnya. Berikut ini yaitu Jenis Hama dan Penyakit pada jambu air.

A. Hama Tanaman Jambu Air

1) Ulat kupu-kupu gajah
Ciri: panjang 12 cm, warna hijau muda kebiru-biruan, bertubuh gemuk & lunak, tertutup lapisan lilin keputih-putihan. Telur-telurnya ditaruh di tepi daun, 2-3 butir bersama-sama, warna merah muda. Kepompong berada di antara beberapa daun atau di sebelah bawah daun. Ulat-ulat tersebut sangat rakus memakan daun.
Pengendalian: dgn cara mengumpulkan telur, ulat, & kepompong utk dimusnahkan.

2) Kutu perisai hijau
Ciri: panjang kutu 3-5 mm, warna hijau (kadang agak kemerahan). Melekat pada bagian-bagian pohon yg hijau & di penggalan bawah daun. Menyebabkan terjadinya cendawan hitam menyerupai jelaga. Pengendalian: cara alami dimakan oleh beberapa macam kepik (merah tua, panjang 5 mm & biru panjang 6 mm) & ulat (warna merah muda, panjang 13 mm). Kutu ini di demam isu penghujan dapat musnah oleh serangan beberapa macam cendawan.

3) Keluang & codot
Pengendalian: buah-buahan yg hampir renta dibungkus kantong kertas/kain-kain bekas.

4) Pasilan atau parasit
Pengendalian: dibuang & dibersihkan.

5) Lalat buah (dacus pedestris)
Buah & daun yg terjangkit oleh ulat ini. Lalat ini meletakkan telurnya pada daging buah, sehingga sesudah menetas larvanya memakan buah jambu air.
Pengendalian: dgn insektisida Diazinon atau Bayrusil yg disemprotkan ke pohonBudidaya Jambu Air Lengkap

0 Response to "Hama Dan Penyakit Flora Jambu Air"

Total Pageviews