Latest News

Alat-Alat Untuk Menciptakan Server Pulsa

Alat Server Pulsa - Server Isi Ulang Pulsa yaitu sebuah perangkat komputer  yang didalamnya sudah terinstall sebuah software pulsa yang yang integrasikan/ dihubungkan dengan modem atau handphone (lebih dari satu) yang berisi  chip dari operator komunikasi yang ada , misalkan: M-KIOS, DOMPUL, SEV, MTRONIK, FLEXI dan lain-lain.
Prinsip utamanya, kerja dari seperangkat komputer ini yaitu untuk meringkankan kerja insan dalam praktik penjualan pulsa komunikasi.
Lalu apa saja alat-alat server pulsa yang dibutuhkan?
Alat server pulsa yang dibutuhkan diantaranya:
  1. Komputer/ Laptop
  2. Handphone ( HP Siemens C55, A55 dll)
  3. Modem ( Modem Weavecom Single, Modempool 8, Modempool 16 dll)
  4. USB Hub
  5. PCI USB Hub
  6. Power Supply External ( untuk daya HP)
  7. UPS (Uninterruptible Power Supply)
Untuk lebih jelasnya, akan dibahas secara detail mengenai alat-alat server pulsa.

Alat-alat  Server Pulsa

Alat-alat yang dibutuhkan untuk menciptakan server pulsa diantaranya:
1. Komputer Untuk komputer, sebaiknya minimal mengusung Processor Dual Core atau Quad Core, baik yang INTEL maupun AMD dengan kapasitas minimal RAM 1 GB. Jika memungkinkan, kapastitas RAM tingkatkan menjadi 2 GB supaya kinerja server pulsa sanggup maksimal.

Lalu bagaimana dengan Laptop? Laptop juga sanggup dipakai untuk menjalankan software server pulsa. Hanya saja, disini kita berbicara dilema ketahanan dan kinerja. Sebuah seperangkat komputer server pulsa akan berjalan selama 24 jam non stop 7 hari dalam seminggu. Dan daya tahan tersebut hanya teratasi dengan memakai seperangkat komputer, bukan laptop.
2. Modem
Jika anda seorang pengusaha server pulsa atau gres berencana memulai, maka anda harus tahu perbedaan modem GSM dan HP/Ponsel GSM yang biasa seperti Siemens C55 / M55 yang dulu banyak dipakai pada server pulsa.
Menggunakan HP Siemens sudah usang ditinggalkan ole pelaku bisnis server pulsa alasannya yaitu kurang mudah dan daya tahan yang kurang bagus. Pilihan ketika ini yaitu modem, dimana modem  memiliki banyak kelebihan yang  membantu kelancaran transasi pulsa.
Berikut ini yaitu beberapa kelebihan Modem GSM dibanding HP biasa:
  • Mampu melaksanakan transaksi yang jauh lebih cepat dibanding hp biasa (2x – 5x lebih cepat)
  • Mampu menampung volume transaksi yang besar
  • Mampu merespon  transaksi bertubi-tubi dalam waktu yang singkat
  • Lebih infinit serta  perawatannya lebih mudah
Berikut ini beberapa jenis dan type modem yang banyak dipakai oleh pelaku perjuangan server pulsa.

Modem Pool 32 Posrt USB

Beberapa modem diatas berfungsi sama yaitu untuk mediator transaksi yang berupa Center ( Nomor sentra transkasi), Sender ( Pusat respon transkasi) dan Chip operator. Jika kita memakai Modem single menyerupai gambar paling atas, berarti dibutuhkan lebih dari dua modem tersebut untuk satu server pulsa.
3. Software isi ulang pulsa one chip all operator
Software isi ulang pulsa yaitu sebuah software yang mengatur prose sisi ulang pulsa sehingga semua berjalan secara otomatis tanpa campur tangan insan lagi. Ada banyak software pulsa yang ada dipasaran, namun kami merekomendasikan dengan memakai software ROKET PULSA  dan software tersebut harus diinstal dan disetting pada komputer kita sedemikian rupa. Jadi, software merupakan salah satu alat server pulsa yang berperan vital.

4. UPS / Penyedia Listrik Tersimpan 

Uninterruptible Power Supply atau UPS  adalah alat back up listrik pada PC atau kehilangan energi dari sumber utamanya.
UPS ini  bekerja diantara komputer dan colokan listrik, dari colokan listrik yang dialirkan ke Batatre yang berada pada UPS , kemudian di simpan untuk kestabilan tegangan energi. listrik yang disimpan pada batre tersebut  akan di pakai ketika sumber energi utama listrik terputus. Fungsi Utama UPS yaitu :
  1. Memberikan energi listrik sementara ketika terjadi kegagalan daya pada listrik utama (PLN).
  2. Memberikan kesempatan waktu yang cukup kepada kita biar  segera menghidupkan Genset sebagai pengganti PLN.
  3. Memberikan kesempatan waktu yang cukup kepada kita  agar segera melaksanakan back up data dan mengamankan Operating System (OS) dengan melaksanakan shutdown sesuai mekanisme ketika listrik utama (PLN) padam ( tiak berlaku pada servre pulsa, alasannya yaitu server pulsa harus terus berjalan)
  4. Mengamankan sistem komputer dari gangguan  listrik yang sanggup mengganggu sistem komputer baik berupa kerusakan software,data maupun kerusakan hardware.
  5. UPS secara otomatis sanggup melaksanakan stabilisasi tegangan ketika terjadi perubahan tegangan pada input sehingga tegangan output yang dipakai oleh sistem komputer berupa tegangan yg stabil.
  6. UPS sanggup melaksanakan diagnosa dan management terhadap dirinya sendiri sehingga memudahkan pengguna untuk mengantisipasi jikalau akan terjadi gangguan terhadap sistem.
  7. User friendly dan gampang dalam installasi.
  8. User sanggup melaksanakan kontrol UPS melalui Jaringan LAN dengan menambahkan beberapa accessories yang diperlukan.
  9. Dapat diintegrasikan dengan jaringan Internet.

Cara Kerja Server Pulsa, Rumit atau Mudah?

Seperti apa rumitnya seandainya tidak ada server pulsa?
Sebelum menyiapkan alat-alat server pulsa, perlu anda pahami bagaimana cara kerja server pulsa.
Bayangkan jikalau anda menjual pulsa, menyiapkan banyak HP untuk masing-masing chip operator, contohnya HP 1 untuk chip M-KIOS ( Produk telkomsel), HP 2 untuk chip MTRONIK ( produk Indosat ), HP 3 untuk produk Dompet Pulsa ( produk xl) dan seterusnya. Jika ketika ini tak kurang dari 15 provider komunikasi di Indonesia, artinya anda juga harus menyiapkan lebih dari 15 HP.
Bayangkan, betapa repotnya cek stok, betapa repotnya ketika isi ulang dan berapa biaya operasional untuk menghidupi HP tersebut.

Maka, dengan kehadiran sebuah sistem server isi ulang pulsa all operator, semua menjadi mudah. Cukup  satu nomor HP yang terdaftar pada suatu server pulsa, dengan perintah tertentu maka proses isi ulangpulsa untuk operator selular apapun sanggup terlayani. Berikut sketsa atau citra server pulsa.
Atau untuk lebih mudahnya citra cara kerja server pulsa, lihat gambar ini!
Jadi, dengan satu perintah tertentu yang dikirim via SMS dari HP kita ke server isi ulang pulsa, maka server yang bekerja memberikan perintah ke setiap operator untuk mengisi pulsa. Beres!

Demikian ulasan mengenai alat-alat yang dibutuhkan dalam mendirikan sebuah server isi ulang pulsa elektrik all operator. Semua sanggup diubahsuaikan dengan modal anda.
Selamat memulai usaha, dan kami akan selalu mengiring anda.

0 Response to "Alat-Alat Untuk Menciptakan Server Pulsa"

Total Pageviews