Latest News

Pengertian Sikap

Pengertian Sikap: Apa itu Sikap? | Apa yang dimaksud sikap? Secara umum, pengertian sikap (attitude) yakni perasaan, pikiran, dan kecenderungan seseorang yang kurang lebih bersifat permanen mengenal aspek-aspek tertentu dalam lingkungannya. Komponen-komponen sikap yakni pengetahuan. perasaan-perasaan, dan kecenderungan untuk bertindak. Dalam pengertian yang lain, sikap yakni kecondongan evaluatif terhadap suatu objek atau subjek yang mempunyai konsekuensi yakni bagaimana seseorang berhadap-hadapan dengan objek sikap. Tekanannya pada kebanyakan penelitian remaja ini yakni perasaan atau emosi. Sikap yang terdapat pada diri individu akan memberi warna atau corak tingkah laris ataupun perbuatan individu yang bersangkutan. Dengan memahami atau mengetahui sikap individu, sanggup diperkirakan respons ataupun sikap yang akan diambil oleh individu yang bersangkutan.

 dan kecenderungan seseorang yang kurang lebih  bersifat permanen mengenal aspek Pengertian Sikap
Ilustrasi


Sikap
sanggup juga diartikan sebagai pikiran dan perasaan yang mendorong kita bertingkah laris saat kita menyukai atau tidak menyukai sesuatu. Sedang sikap sendiri mengandung tiga komponen yaitu : kognisi, emosi dan sikap serta sanggup konsisten dan sanggup juga tidak. Tergantung permasalahan apa yang mereka hadapi. Kraus menemukan beberapa faktor yang memprediksi konsistensi sikap dan sikap seseorang yaitu: stabil sepanjang waktu, dilakukan dengan keyakinan yang tinggi. konsisten dengan reaksi emosi seseorang ke arah perilaku, terbentuk alasannya yakni pengalaman langsung, gampang diingat.


Para jago juga banyak menyumbangkan pengertian sikap. Berikut ini pengertian sikap dari beberapa ahli:

  • Notoatmodjo S. (1997): Sikap yakni reaksi atau respons yang masih tertutup dan seseorang terhadap suatu stimulus atau objek.

  • Bimo Walgito, (2001): Sikap yakni organisasi pendapat, keyakinan seseorang mengenai objek atau situasi yang relatif ajeg, yang disertai adanya perasaan tertentu, dan menawarkan dasar pada orang tersebut untuk menciptakan respons atau berpenilaku dalam cara tertentu yang dipilihnya.
Meski ada begitu banyak pengertian sikap, yang pasti, dalam aneka macam ulasan ihwal sikap selalu ditemui beberapa konstruksi yang relatif tetap, berkaitan dengan jenis, dimensi, dan hierarki sikap. Umumnya, ada tiga jenis sikap manusia:
  • Kognitif, yang berkaitan dengan apa yang dipelajari, ihwal apa yang diketahui ihwal suatu objek;

  • Afektif, atau sering disebut faktor emosional, yang berkaitan dengan perasaan (bagaimana perasaan ihwal objek);

  • Psikomotorik atau konatif, yakni sikap (behavioral) yang terlihat melalui predisposisi suatu tindakan.
Sekian uraian ihwal Pengertian Sikap: Apa itu Sikap? Terimakasih, agar bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Sikap"

Total Pageviews