Latest News

Pengertian Sains

Pengertian Sains: Apa itu Sains? | Kata sains berasal dari bahasa Latin scientia yang berarti "pengetahuan" atau "mengetahui". Dari kata ini terbentuk kata science (Inggris). Sains dalam pengertian sesungguhnya ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari banyak sekali fenomena alam sehingga diam-diam yang dikandungnya sanggup diungkap dan dipahami. Dalam perjuangan mengungkap diam-diam alam tersebut, sains melakukannya dengan memakai metode ilmiah. Sains mempunyai ciri-ciri tertentu. Beberapa ciri sains tersebut ialah sebagai berikut:
  • Objek kajiannya sains berupa benda-benda konkret: Benda kasatmata ialah benda-benda yang sanggup ditangkap oleh alat-alat indra, sanggup berupa benda padat, cair, atau gas. Jika benda-benda tersebut tidak sanggup ditangkap oleh indra kita, maka dipakai alat bantu. Contohnya, pengamatan terhadap virus dilakukan dengan memakai mikroskop elektron dan kuman dengan pinjaman mikroskop cahaya.
  • Sains membuatkan pengalaman-pengalaman empiris: Hal berarti pemecahan duduk kasus dilakukan menurut pengalaman-pengalaman yang sanggup dirasakan oleh semua orang (pengalaman nyata).
  sesungguhnya ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari banyak sekali fenomena  alam sehingga rah Pengertian Sains
Pengertian Sains: Apa itu Sains?
  • Sains memakai langkah-langkah sistematis: Artinya, dalam proses pemecahan masalah, sains memakai langkah-langkah yang teratur (sistematis) sesuai dengan aturan-aturan yang sudah dibakukan. Langkah-langkah sistematis tersebut berlaku untuk setiap bidang kajian sains dengan hasil yang sama jikalau dilakukan pada situasi yang sama.
  • Hasil/produk sains bersifat objektif: Artinya, temuan tersebut tidak dipengaruhi oleh subjektivitas pelaku eksperimen atau atas hasil pemesanan dari pihak lain yang sifatnya memihak. Sains hanya memihak kepada kebenaran yang bersifat ilmiah.
  • Sains memakai cara berpikir logis: Cara berpikir yang memakai logika akan mengikuti kontinuitas dalam berpikir.
  • Hukum-hukum yang dihasilkan sains bersifat universal: Artinya dilakukan di mana saja, oleh siapa saja, serta kapan saja, intinya akan mendapat hasil yang sama.
Sekian uraian tentang Pengertian Sains: Apa itu Sains?, supaya bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Sains"

Total Pageviews