Latest News

Cara Pemijahan Ikan Lele Dumbo Dengan Alami

Teknik pemijahan ikan lele dumbo dengan cara alami dapat dilakukan pada lahan sempit memakai sarana prasarana sederhana. Mengingat semakin berkembang perjuangan budidaya lele maka kebutuhan benih makin meningkat.

Menyiapkan Media Pemijahan Lele

1. Menyiapkan kolam pemijahan, kolam ukuran 2x3m dengan kedalaman 1 m. Bak dicuci dengan larutan permanganat takaran 1 sendok teh dicampur dengan 3 liter air atau 5 gr/m3 air.
2. Siapkan kakaban, terbuat dari ijuk bingkai dengan bambu.
3. Bak pemijahan diisi dengan air setinggi 40 cm mengunakan air bersih

Merawat Induk Lele

Teknik pemijahan ikan lele dumbo dengan cara alami Cara Pemijahan Ikan Lele Dumbo Dengan Alami
Induk lele yang akan dipijah harus diberi pakan yang baik biar sanggup menghasilkan benih yang baik. Induk lele setiap hari diberi pakan daging bekicot atau ikan rucah. Pemberian pakan pagi dan sore takaran 10% dari berat badan. Bak penampungan induk bersahabat dengan kolam pemijahan biar gampang menangkapnya. Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, perawatan induk-induk dilakukan secara terpisah.

Memilih Induk Lele Siap Dipijah

Ciri-ciri induk betina siap pijah yaitu :
1. Bagian perut membesar dan lunak jikalau diraba,
2. Dubur terlihat merah dan lubang pengeluaran telur lunak melebar,
3. Membuat gerakan mondar-mandir,
4. Bagian dubur merah dan lunak dan jikalau diurut dari arah perut akan keluar cairan putih atau sperma.

Cara Pemicahan Lele Dumbo


1. Isi kolam pemijahan dengan air setinggi 40 cm.
2. Pasang kakaban hingga menutupi 80% permukaan air. Lepaskan induk lele yang sudah dipilih dengan perbandingan 1 betina dan 2 jantan.
3. Proses pemijahan akan terjadi pada malam hari ditandai dengan adanya kejar-kejaran antara induk betina dan jantan mengitari kakaban.
4. Amati pada pagi hari, telur-telur sudah dilepas dan melekat pada seluruh permukaan kakaban.

Menetaskan Telur

1. Menyiapkan kolam penetasan telur, bersihkan terlebih dahulu bak-bak dengan permangkanat.
2. Isi air penetasan setinggi 40 cm, pindahkan / angkat kakaban masukan kedalam kolam yang sudah disiapkan.
3. Amati telur-telur tersebut sesudah 24 jam dan telur-telur tersebut mulai menetas. Telur yang baik akan menetas hingga 35 jam. Anak ikan yang keluar dari telur masih sangat kecil dan lemah. Badan transparan dan jikalau dilihat dengan microskop akan terlihat masih mengandung kuning telur. Telur-telur yang tidak dibuahi warna kuning susu dan tidak akan menetas serta akan membusuk. Telur-telur yang dibuahi terlihat kuning transparan dan akan menetas sesudah 34 jam hingga 48 jam dikeluarkan oleh induk.

Pemeliharaan Larva

1. Menyiapkan kolam untuk budidaya pakan alami berupa dapnia atau cacing rambut. Cacing rambut banyak dijual di kios-kios pedagang ikan hias.
2. Setelah telur lebih dari 48 jam dan sudah terlihat banyak yang menetas maka kakaban diangkat secara hati- hati.
3. Merawat larva, larva yang gres beberapa hari menetas kondisinya masih sangat lemah. Larva ini tidak memerlukan pakan komplemen hingga menunggu kandungan kuning telur habis. Kandungan kuning telur akan habis sesudah menetas 7 hari. Untuk menjaga mortalitas tinggi perlu dipasang aerasi.
4. Memberi pakan larva. Setelah kandungan 7 hari, kandungan kuning telur sudah habis dan harus segera diberi pakan tambahan. Pakan pertama sanggup diberi kuning telur diblender setiap pagi dan sore sebanyak satu butir per 5000 ekor benih. Cacing rambut sanggup diberikan sesudah 11 hari dan dapnia.

Panen Benih Ikan Lele

Panen benih lele bukan acara simpulan dari budidaya lele. Pemungutan hasil pertama dilakukan sesudah benih berumur 17 hingga 21 hari (panjang t 2,5 cm). Pada ukuran tersebut benih lele sudah sanggup ditebar pada petak pembesaran secara eksklusif atau ditebar pada daerah penampungan sambil menunggu pembeli.

Alat Panen Benih Lele berupa seser, ember, waring, kantong plastik, tali karet, tabung udara, mangkok kecil. Perhitungan hasil  dilakukan secara manual. Untuk menentukan benih biar seragam gunakan baskom plastik berlubang-lubang. sumber:Warta Jaladri No. 03/01/05>gemawirausaha.blogspot.com/2010/12/pemijahan-lele-dumbo-secara-alami.html

0 Response to "Cara Pemijahan Ikan Lele Dumbo Dengan Alami"

Total Pageviews